Obat Antibiotik Spiramycin Untuk Mengatasi Infeksi

Share dan Tag Temanmu di :

Spiramycin biasanya dipakai untuk mengobati toksoplasmosis pada perempuan hamil karena bisa menurunkan risiko penyebaran infeksi pada bayi yang belum lahir. Obat yang tergolong antibiotik mikrolid ini tidak berfungsi apabila bayi yang belum lahir sudah terinfeksi parasit toksoplasmosis. Perlu Anda ketahui, toksoplasmosis merupakan infeksi yang disebabkan parasit toxoplasma gondii atau T. gondii yang sering ditemukan pada kotoran kucing yang terinfeksi. Parasit ini biasanya menginfeksi hewan berdarah panas seperti anjing, domba, dan sapi, dan bisa menginfeksi manusia.


Obat yang hanya bisa dipakai sesuai dengan resep dari dokter ini bermanfaat untuk mengobati berbagai infeksi. Tidak hanya toksoplasmosis pada ibu hamil, tetapi juga konjungtivitis, infeksi kulit, infeksi telinga, dan lain-lain. Bisa dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak, spiramycin berbentuk kapsul dan tablet.

Ada yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi spiramycin. Terutama untuk wanita menyusui dan orang yang memiliki gangguan fungsi organ hati. Sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Dosis spiramycin untuk remaja dan orang dewasa adalah 500 miligram sampai 2 gram yang dikonsumsi sebanyak dua kali per hari. Dosis maksimal harian obat ini adalah 2,5 gram. Khusus untuk anak-anak, dokter biasanya akan memberikan dosis sesuai dengan berat badannya.

Pastikan untuk mengonsumsi spiramycin dengan benar. Baca petunjuk pada kemasan obat serta ikuti anjuran dokter dalam mengonsumsinya. Tidak diperbolehkan untuk mengurangi atau menambahkan dosis tanpa sepengetahuan dokter. Spiramycin akan lebih efektif bekerja jika dikonsumsi ketika perut dalam keadaan kosong. Habiskan obat yang sudah diresepkan dokter meski Anda merasa sudah lebih baik. Hal ini untuk mencegah kemungkinan infeksi datang lagi. Konsumsi obat ini pada waktu yang sama setiap harinya. Perlu Anda ketahui, obat ini berfungsi dengan baik saat kadar obat dalam darah selalu terjaga. Pasien yang lupa mengonsumsi spiramycin disarankan untuk segera mengonsumsinya begitu teringat dengan catatan jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Dilarang menggandakan dosis spiramycin untuk menggantikan dosis yang terlewat.

Ketahui efek samping dan bahaya penggunaan spiramycin agar Anda bisa mengantisipasi jika efek samping tersebut terjadi. Setiap orang mungkin akan mengalami efek samping yang berbeda. Namun sebaiknya langsung hubungi dokter jika terjadi mual dan muntah, diare, dan sakit perut berkepanjangan usai mengonsumsi spiramycin. Begitu juga jika mengalami gangguan dan sakit pada otot. 

By Rizka Ardiana - Obat Kimia Jum'at, 26 Agustus 2016 15:26:40

Related Post :
Kesehatan
Jenis Makanan Untuk Mengobati…

Jenis makanan untuk mengobati…

Kesehatan
Jenis-jenis Terapi Penyembuhan Stroke…

Terapi stroke ringan adalah…

Ibu Dan Anak
Gejala Dan Diagnosis Autisme…

Memiliki anak dengan autisme…

Daun
Manfaat Luar Biasa Daun…

Informasi tentang kandungan daun…

Manfaat
Manfaat dan Efek Samping…

Mengenal manfaat dan efek…

Kesehatan
Buah Dan Sayur Untuk…

Tak hanya air. Sayur,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Clozapine Untuk Menangani Gejala Psikosis

Psikosis merupakan sekumpulan gejala gangguan…

Obat Kimia
Benzoyl Peroxide Obat Untuk Mengatasi Jerawat

Benzoyl Peroxide Obat Untuk Mengatasi…

Obat Kimia
Ramipril Obat Penghambat Enzim Pengubah Angiotensin

Ramipril Obat Penghambat Enzim Pengubah…

Kirim Pertanyaan
Top