Amankah Mengatasi Rematik dengan Ramuan Racun Kalajengking?

Share dan Tag Temanmu di :

Rematik atau rheumatoid arthritis adalah penyakit yang menyebabkan radang, dan kemudian menyebabkan rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan autoimun. Bagian tubuh yang paling sering terkena yaitu tangan, pergelangan tangan, kaki, dan lutut. Dan yang lebih jarang terkena yaitu bagian tubuh lain, seperti paru-paru, mata, jantung, pembuluh darah, kulit, dan saraf. 

Rematik yang terus berkembang bisa menyebabkan kerusakan dan perubahan  bentuk permanen pada sendi. Akibatnya, pergerakan sendi mulai terbatas dan fungsi sendi bisa hilang sepenuhnya. 

Pada umumnya, penyakit ini tidak bisa disembuhkan sepenuhnya, tapi dengan pengobatan yang tepat, maka gejala serta perkembangannya bisa membantu penderita tetap hidup produktif.


Namun, menurut sebuah penelitian menyebutkan bahwa komponen yang terkandung pada racun kalajengking mungkin bisa membantu mengobati rematik. Amankah mengatasi rematik dengan ramuan racun kalajengking ?

Selama ini racun kalajengking dikenal sangat mematikan. Namun, sebuah studi mengatakan bahwa pengobatan dengan menggunakan ramuan racun kalajengking ini kemungkinan dapat meningkatkan kehidupan hampir 1,3 juta penderita rematik suatu hari nanti. 

Studi tersebut dipimpin oleh seorang ahli imunologi di Baylor College of Medicine, Cristine Beeton, PhD,. dan dipublikasikan dalam Journal of Farmacology and Experimental Therapeutics. Seperti dilansir dari Science Daily, Beeton dan rekannya mengamati kandungan racun kalajengking dan hasilnya menunjukkan bahwa racun tersebut mengobati rematik pada tikus. 

Beeton menjelaskan bahwa rheumatoid arthritis (rematik) adalah penyakit autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindugi tubuh justru menyerang tubuh dan memengaruhi sendi. Sela yang disebut dengan fibroblast-like synoviocytes (FLS) adalah penyebab utama dari penyakit ini. 

Ketika sel tubuh tersebut tumbuh dan bergerak dari sendi ke sendi, akan ada zat perusak sendi yang diproduksi. Ini merangsang sel-sel tubuh yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Jika kerusakan terus berlanjut, maka sendi akan membengkak dan menyebabkan rasa nyeri dan kaku. 

Peneliti kemudian menyimpulkan bahwa mengobati rematik berarti menghentikan pergerakan dan perkembangkan FLS yang merusak sendi. Caranya dengan memblokir saluran kalium pada FLS, yaitu tempat keluar masuknya ion kalium dari sel. Saat saluran kalium terhalangi, maka ion kalium tidak mengalir dan sel tidak akan memproduksi zat yang membuat sendi meradang. 

Komponen yang dapat memblokir saluran adalah iberiotoxin, yaitu salah satu komponen yang terdapat pada racun kalajengking. Iberiotoxin terbukti dapat mengurangi keparahan rematik pada tikus dengan memblokir saluran kalium FLS, tanpa memberikan pengaruh yang sama pada sel lain, seperti sistem saraf. 

Selain itu, pengobatan iberiotoxin juga tidak menimbulkan efek samping seperti pengobatan paxilline, yaitu tidak menimbulkan tremor ataupun keulitan mengendalikan desakan untuk buang air kecil. 

Jadi, apakah ramuan racun kalajengking aman digunakan untuk mengobati rematik ?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, racun kalajengking memang memiliki komponen yang berpotensi untuk menyembuhkan penyakit rematik. Namun, penelitian tersebut baru dilakukan pada tikus dan bukan pada manusia sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut. 

Jadi, kesimpulannya, racun kalajengking saat ini belum bisa digunakan sebagai obat rematik. Terlebih lagi efek racunnya bisa menyebabkan kematian. Namun, hasil penelitian ini bisa menjadi dasar untuk mengembangkan pengobatan rematik di masa depan. 

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 03 Mei 2018 10:54:37

Related Post :
Kesehatan
Pertolongan Pertama Pada Penderita…

Pertolongan pertama pada penderita…

Penyakit
Gejala Penyebab Ejakulasi Dini…

Gejala penyebab ejakulasi dini…

Manfaat
Manfaat Telur Puyuh Bagi…

Selain telur bebek dan…

Manfaat
Sering Memakai Kacamata Hitam?…

Manfaat kacamata hitam untuk…

Penyakit
Waspada! Ini Jenis-Jenis Penyakit…

Waspada! Inilah jenis-jenis penyakit…

Ibu Dan Anak
Bedanya Mastitis, Saluran Air…

Ada beberapa hal yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Bahu Tinggi Sebelah? Hati-hati Bisa Jadi Tanda Skoliosis

Bahu Tinggi Sebelah? Hati-hati Bisa…

Kesehatan
Berbagai Makanan Sehat Untuk Sendi dan Tulang Lebih Kuat

Berbagai makanan sehat untuk sendi…

Kirim Pertanyaan
Top