Awas! Penyakit Ini Timbul Akibat Penggunaan Ponsel Berlebihan

Share dan Tag Temanmu di :

Penggunaan ponsel pada saat ini telah menjangkau berbagai sektor dan juga elemen masyarakat secara luas. Bahkan tak sedikit yang beranggapan bahwasannya ponsel merupakan barang yang wajib dimiliki. Bahkan kini ponsel, menjadi benda yang wajib dibawa kemanapun. Dengan kecanggihan ponsel saat ini memberi banyak kemudahan.


Bahkan selain menjadi alat komunikasi, ponsel juga memiliki banyak fitur yang dapat dinikmati penggunaannya. Mulai dari kamera, permainan hingga koneksi internet. Namun tahukah anda? Belakangan ini peneliti menemukan suatu penelitian yang menunjukkan bahwasannya penggunaan ponsel secara berlebihan bisa membawa dampak negatif bagi kesehatan seseorang.

Adapun resiko gangguan kesehatan sebagai dampak kecanduan ponsel sendiri, tegantung dari pada intensitas penggunaan. Semakin tinggi tingkat penggunaan, maka semakin tinggi pula resiko gangguan kesehatan yang kemungkinan akan di timbulkan. Misal, terlalu banyak paparan cahaya dimalam hari sebelum tidur bisa mempengaruhi kualitas tidur.

Sedangkan kualitas tidur di malam hari yang buruk bisa memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan. Mulai dari diabetes, obesitas hingga penyakit jantung.

Penyakit ini timbul akibat penggunaan ponsel berlebihan

Selain dari pada beberapa gangguan kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, berikut adalah berbagai p[enyakit yang bisa terjadi akibat penggunaan ponsel secara berlebihan. Diantaranya adalah

1. Trigger thumb (jempol menekuk)

Pada kondisi ini, biasanya ibu jari akan tetap dalam keadaan bengkok meski sedang tidak menggunakan ponsel. Ibu jari yang kaku ini juga bisa enimbulkan sensasi gemeretak juga rasa sakit pada sendi pada saat dipaksauntuk kembali pada posisi lurus. Trigger thumb ini umumnya terjadi akibat terjadinya penebalan pada pembungkus tendon ibun jari, sehingga jari menjadi sulit untuk bergerak secara bebas.

2. Cubbital tunnel syndrome

Saat anda memainkan handphone, mungkin kamu sering menekuk dan menyandarkan bagian siku, baik hanya untuk memegang ponsel, bermain dengan ponsel, ataupun saat menelepon.  Apabila hal tersebut sering dilakukan, maka ada resiko saraf ulnaris dibagian sikut akan terganggu. Dan sebagai akibatnya, anda akan mengalami mati rasa, kesemutan hingga nyeri dibagian siku atau lengan bawah yang menjalar hingga kelingking dan jari manis.

3. Text neck syndrome

Menggunakan ponsel secara berlebih juga ccemnderung membuat anda terlalu menengok ke bawah. Hal ini lama kelamaan dapat menyebabkan ketegangan pada otot-otot lehrsehingga terasa kaku, bahkan menimbulkan nyeri yang menjalar hingga bahu dan juga lengan.

4. Merusak penglihatan

Sinar biru atau bluelight yang dihasilkan pada layar ponsel juga bisa menyebabkan mata lelah dan kemudian dapat menimbulkan rasa sakit pada mata. Apabila terjadi dalam jangka pajangan, maka gelombang ini dapat merusak kornea dan juga membahayakan fungsi penglihatan.

5. Kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwasannya radiasi ponsel juga bersifat karsiogenik atau dapat menyebabkan kanker. Meski begitu, belum ada bukti klinis yang cukup kuat untuk mendukung pendapat ini. Sehingga masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Adapun selain dari pada berbagai masalah ksehatan diatas, yag tak kalah penting untuk di perhatikan adalah dapat meningkatkan resiko kecelakaan lalu lintas akibat penggunaan ponsel saat mengemudi. Resiko kecelakaan lalu lintas bahkan meningkat hingga 3-4 kali lebih besar, ketika menggunakan ponsel sambil menyetir, baik di pegang maupun menggunakan hands-free.

Mungkin ponsel secara nyata bisa menimbulkan dampak negatif apabila di pergunakan secara berlebihan. Namun tidak dapat dipungkiri, bahwasannya ponsel turut memegang peranan besar dalam keseharian orang banyak. Untuk itu, berikut kami berbagi tips untuk meminimalkan dampak negatif yang di timbulkan oleh ponsel.

  • Cobalah untuk mematikan ponsel sat malam hari menjelang tidur
  • Hindari penggunaan ponsel saar sedang berkendara, baik motor maupun mobil.
  • Saat menggunakan ponsel, cobalah untuk tidak menunduk.
  • Lakukan latihan yoga atau pilateas untuk membantu mengurangi kekakuan otot akibat terlalu banyak menggunakan ponsel.
  • Tidak menggunakan ponsel saat berjalan.
  • Batasi pemakaian ponsel jika anda khawatir terhadap resiko kanker.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait dampak buruk penggunaan ponsel berlebihan bagi kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi anda.

By Nida Saripah - Kesehatan Kamis, 03 Mei 2018 16:11:15

Related Post :
Penyakit
Gejala Kanker Kandung Kemih…

Kanker kandung kemih merupakan…

Penyakit
Penyebab Gejala Dan Cara…

Beberapa anggapan umum yang…

Kesehatan
Diagnosis Dan Pengobatan Sakit…

Informasi tentang diagnosis dan…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Yogurt…

Berikut adalah khasiat dan…

Alami
Ramuan Tradisional Untuk Bantu…

Informasi tentang ramuan tradisional…

Kesehatan
Jenis-jenis Terapi Penyembuhan Stroke…

Terapi stroke ringan adalah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Haid 2 Kali Dalam Sebulan? Ketahui Penyebabnya

Beragam penyebab haid 2 kali…

Kesehatan
Jenis-Jenis Bekas Jerawat yang Perlu Diketahui

Sbelum menentukan langkah pengobatan, alangkah…

Kesehatan
Bahaya Bekerja Seharian Tanpa Istirahat Bagi Tubuh

Menghabiskan waktu untuk bekerja seharian…

Kirim Pertanyaan
Top