Mudah Lelah Saat Hamil? Ini Penyebab Dan Tips Untuk Mengatasinya

Share dan Tag Temanmu di :

Mudah lelah saat hamil adalah salah satu keluhan umum yang dimiliki ibu hamil, terlebih di awal-awal masa kehamilan juga beberapa bulan menjelang persalinan. Rasa lelah yang dirasakan tentunya lebih berat jika dibandingkan dari kondisi sebelum hamil. Bahkan rasa lelah ini semakin parah lantaran mual dan muntah yang kerap dialami saat hamil.


Sejatinya, penyebab tubuh mudah lelah pada ibu hamil ialah lantaran meningkatkanya hormon progesteron dalam tubuh serta perubahan bentuk fisik yang dialami. Tak hanya mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan saat tidur pun ibu hamil kerap terganggu akan kondisi ini. Adapun untuk mengetahui penyebab sekaligus cara untuk mengantisipasi kondisi ini, anda bisa menyimak penjelasan berikut ya!

Penyebab dan tips mengatasi mudah lelah  saat hamil

Perlu anda ketahui, bahwasannya di awal masa kehamilan, tingkat hormon juga metabolisme tubuh akan berubah dengan cepat. Dan sementara itu, kadar gula di dalam darah juga menurun dan tekanan darah menjadi sangat rendah. Hal inilah yang pada akhirnya memicu rasa lelah. Dan seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, rasa lelah juga bisa diakibatkan oleh hormon kehamilan, yang tengah bekerja untuk membantu perkembangan janin.

Adapun selain dari pada itu, terdapat beberapa alasan lainnya yang membuat ibu hamil mudah merasa lelah. Seperti halnya kurang tidur, morning sicknes, jantung memompa darah lebih keras untuik meningkatkan volume darah, pembagian nutrisi ke janin, peruibahan fisik, terutama pada trimester ke tiga dan lainnya.

Namun dibandingkan pada awal kehamilan, pada trimester kedua, keluhan lelah biasanya sudah jauh berkurang, lantaran tubuh sudah mulai beradaptasi dengan pengaruh hormon kehamilan. Namun pada trimester ketiga kehamilan, tepatnya beberapa bulan minggu menjelang persalinan, jangan heran apabila anda merasakannya kembali. Pada masa tersebut, mungkin rasa lelah  akan jauh lebih berat lantaran ukuran dan berat bayi dalam kandungan juga lebih besar.

Meski kondisi tersebut cukup normal terjadi, namun rasa lelah yang berlarut-larut bisa membuat aktivitas ibu hamil menjadi terganggu. Adapun agar kegiatan selama hamil tetap berjalan dengan normal, berikut terdapat beberapa cara juga tips untuk mengurangi rasa lelah yang Anda alami:

  • Mengurangi aktivitas. Jika anda kini mulai merasa mudah lelah, sebaiknya, mulai mengurangi aktivitas yang tidak perlu dan utamakan yang penting saja. Apabila anda bekerja, sebaiknya tidak ada lagi kegiatan setelahnya. Apabila kamu merasa lelah, sebaiknya kamu mengambil cuti atau izin dengan surat dokter. Dan apabila anda telah memiliki anak sebelumnya, maka usahakan ada orang lain yang menjaganya.
  • Mengonsumsi banyak makanan sehat. Pada awal kehamilan, tak sedikit ibu hamil yang hanya sedikit makan lantaran nafsu makan berkurang. Padahal, pada saat hamil muda wanita membutuhkan kalori ekstra untuk mengurangi rasa lelah. Nutrisi dari makanan juga penting untuk kehamilan anda. Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi menu makanan sehat seperti sayuran, biji-bijian, susu, yogurt dan juga daging tanpa lemak.
  • Memperbanyak minum air putih. Ibu hamil juga perlu memastikan tubuh tidak kekurangan cairan, dengan mengonsumsi banyak air putih. Selain dapat mencegah dehidarasi saat kehamilan, Hal ini sekaligus mampu mengurangi rasa lelah. Akan tetapi jika hal ini malah dapat menyebabakan sering buang air kecil di malam hari, sebaiknya perbanyak minum di siang hari dan sedikit minum ketika malam.
  • Berolahraga secara teratur. Ibu hamil juga perlu melakukan olah fisik, sesuai dengan kemampuan tubuh. Anda bisa meluangkan waktu luang, untuk sekedar berjalan-jalan sbentar agar aliran darah anda tetap mengalit lancar. Namun, apabila anda sangat lelah, maka tak perlu memakasakan diri untuk melakukannya. Beristirahatlah, dan olahraga di lain waktu saat tenaga anda telah terkumpul lagi.
  • Mengonsumsi suplemen sesuai rekomendasi dokter. Hal ini bisa mengoptimalkan kesehatan kehamilan, melengkapi kebutuhan nutrisi agar tetap aktif juga mencegah rasa lelah berlebihan. Salah satunya adalah suplemen zat besi, lantara kebutuhan zat besi selama kehamilan meningkat 2 kali lipat dibandingkan dengan sebelum hamil. Konsultasikan juga dengan dokter mengenai suplemen lainnya yang dibutuhkan.

Apabaila kehamilan membuat Anda sangat lelah, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter,. Karena selain apa yang telah disebutkan diatas, sering kali lelah saat hamil juga bisa di picu oleh adanya suatu penyakit, mulai dari penyakit ringan seperti infeksi flu, hingga hal yang lebih serius, seperti anemia pada ibu hamil hingga hipotiroid.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar penyebab dan tips mengatasi mudah lelah saat hamil. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat khususnya anda yang tengah mengalami keluhan ini. Salam sehat!

By Nida Saripah - Tips Jum'at, 04 Mei 2018 09:15:10

Related Post :
Kesehatan
Pilihan Makanan untuk Bantu…

Kopi tidak sepenuhnya membuat…

Daun
Manfaat Daun Kemuning Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Penyakit
Faktor-Faktor Risiko yang Bisa…

Ada beberapa faktor resiko…

Alami
Manfaat Luar Biasa Dari…

Manfaat luar biasa jeruk…

Manfaat
Ternyata Ini Manfaat Rutin…

Tempe merupakan makanan yang…

Penyakit
Waspadai Penyebab Kanker Serviks…

Waspadai dan ketahui berbagai…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips
Begini Cara Menjaga Agar Otak Tetap Sehat

Beragam cara untuk menjaga kesehatan…

Kirim Pertanyaan
Top