Tak Ingin Berat Badan Naik? Hindari Kesalahan saat Sarapan Ini

Share dan Tag Temanmu di :

Sarapan merupakan kebiasaan sehat yang bermanfaat untuk menjaga agar metabolisme tubuh tetap normal sepanjang hari dan perupakan hal yang paling penting untuk memulai hari. Tidak hanya itu, sarapan juga merupakan kunci diet yang sehat dan seimbang. Jika tidak sarapan, maka Anda akan lebih mudah merasa lapar dan akhirnya makan lebih banyak saat makan siang. 

Mengingat pentingnya sarapan, maka sarapan harus dilakukan dengan benar dengan pilihan porsi yang tepat dan jumlah yang benar. Namun sayangnya, tidak sedikit orang yang sering melakukan kesalahan saat sarapan. Niat untuk melakukan diet sehat justru menjadi kacau, dan berat badan semakin bertambah. 


Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara sarapan yang tepat, serta hindari berbagai kesalahan saat sarapan yang bikin berat badan naik, seperti diantaranya :

  • Melewatkan sarapan

Tidak sedikit orang yang sedang berdiet sering melewatkan sarapan sebagai jalan pintas untuk menurunkan berat badan. Namun faktanya, tidak sama sekali. 

Peneliti di Imperial College London menemukan, orang yang melewatkan sarapan, di dalam otak mereka yang mengatur bagian reward menjadi aktif. Inilah yang menyebabkan otak menjadi membayangkan makanan manis dan sarat karbohidrat.

Untuk memperbaikinya, usahakan untuk tidak melewatkan sarapan. Jika yang jadi masalah adalah waktu, maka cobalah untuk membekali diri dengan snack bar rendah gula dan kalori serta buah seperti pisang dan apel. 

  • Memilih makanan yang tinggi karbohidrat saja

Hanya mengonsumsi karbohidrat saja saat sarapan tentu akan menyebabkan asupan karbohidrat tubuh menjadi berlebihan. Karbohidrat yang berlebihan disimpan tubuh dalam bentuk lemak, sehingga akan meningkatkan risiko  peningkatan berat badan. 

Selalu lengkapi sarapan dengan makanan berprotein serta sayur dan buah saat sarapan. Selain itu, pilih makanan karbohidrat tinggi serat, seperti whole grain, roti gandum, atau beras tinggi serat. 

  • Memilih makanan yang terlalu manis

Roti, wafel, pancake atau seral dengan tambahan isi atau toping coklat serta muffin atau donat dengan tambahan gula yang cukup banyak, tentu akan menyebabkan gula darah dalam tubuh meningkat drastis. 

Selain itu, hal ini juga bisa menyebabkan tubuh bisa dari craving makanan manisng sepanjang hari. Kondisi inilah yang bisa menyebabkan tubuh mengalami kenaikan berat badan. 

  • Sarapan dengan metode buffet atau prasmanan

Sarapan di restoran atau rumah makan dengan metode buffet akan meningkatkan risiko kita mengonsumsi kalori terlalu banyak. Hal ini disebabkan karena perut masih kosong dan ada berbagai jensi makanan yang disajikan sehingga risiko 'lapar mata' akan semakin besar. Maka dari itu, tetap pilih makanan berkarbohidrat, protein, sayur dan buah serta ambil porsi sesuai kebutuhan. 

Nah, itulah beberapa kaesalahan yang biasa dilakukan saat sarapan. Jika Anda tidak ingin berat badan bertambah, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut dan mulailah kebiasaan sarapan sehat dari sekarang. 

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 07 Mei 2018 11:14:04

Related Post :
Kesehatan
Wajib Tahu! Ini Pantangan…

Berikut adalah berbagai pantangan…

Penyakit
Faktor Penyebab Sakit Telinga…

Berbagai faktor penyebab sakit…

Obat Kimia
Obat Yang Digunakan Untuk…

Sampai saat ini pengobatan…

Manfaat
Ini Manfaat Sehat Dari…

Beragam manfaat kacang arab…

Tips
Tips Ampuh Mengobati Muntaber…

Tips ampuh mengobati muntaber…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Luar biasa! inilah khasiat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Alasan Mengapa Seseorang Harus Melakukan Cuci Darah

Cuci darah merupakan salah satu…

Kesehatan
Mengenal Sindrom Tourette yang Dialami Tora Sudiro

Beberapa waktu lalu Tora Sodiro…

Kesehatan
Buah Dan Sayur Untuk Mengatasi Dehidrasi

Tak hanya air. Sayur, buah,…

Kirim Pertanyaan
Top