Menguak Penyebab Telinga Panas Jika Ditinjau Dari Sisi Medis

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab telinga panas sering kali dikaitkan dengan mitos-mitos yang banyak beredar di masyarakat. Namun jika ditinjau dari segi medis, kondisi ini bisa di sebabkan oleh hal sepele hingga kondisi yang membutuhkan pengobatan medis secepatnya. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa menyimak ulasan singkat berikut ini.


Apakah anda pernah mendengar, bahwa jika telinga panas artinya ada yang sedang membicarakan kita? Akan tetapi itu ternyata hanya sebatas mitos ataupun omongan orang tua zaman dahulu. Jika kondisi ini ditilik dari sisi ilmu kedokteran, terdapat banyak hal yang bisa membuat telinga kita panas.

Berbagai penyebab telinga panas jika di tinjau dari segi medis

Pada dasarnya telinga panas bisa di alami oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Dan berikut adalah berbagai penyebab telinga panas yang patutu anda ketahui lebih lanjut. Diantaranya adalah:

  • Emosi

Telinga panas pada umumnya bisa terjadi pada saat kita sedang meresa marah, malu ataupun cemas.

  • Perubahan suhu

Apabila kita berada di tempat dengan suhu yang sangat dingin, maka tak jarang piopi, telinga dan juga hidung bisa mersa panas. Hl tersebut di sebabkan oleh mekanisme dalam tubuh yang menyesuaikan diri dengan suhui sekitar. Caranya sendiri adalah dengan mempersempit pembuluh darah agar aliran darah ke permukaan tubuh berkurang atau melambat (vasokontruksi). Telinga panas lantaran perubahan suhu, bisa dikurangi dengan menutup telinga.

  • Perikondritis

Kondisi ini merupakan peradangan yang terjadi pada tulang rawan telinga. Perikondristis umumnya bisa menimbulkan gejala daun telinga terasa nyeri, merah, bengkak dan juga terasa panas. Luka pada telinga, gigitan serangga atau riwayat tindakan pembedahan pada daun telinga juga bisa menyebabkan terjadinya gangguan ini.

  • Terbakar sinar matahari

Telinga panas juga umumnya bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari. Selain terasa panas, telinga yang terkena sinar matahari juga akan berubah warna menjadi merah dan juga terkelupas kulitnya. Untuk mengatasinya, kita cukup menaruh es atau mengoleskan lidah buaya pada telinga yang panas untuk mendinginkannya.

  • Perubahan hormon

Penggunaan obat tertentu, kemoterapi hingga menopause adalah berbagai hal yang bisa menyebabkan perubahan hormonal. Kondisi ini juga bisa membuat telinga menjadi panas. Untuk itu, disarankan untuk menghindari makanan pedas, alkohol dan juga kafein untuk mengatasinya.

  • Infeksi telinga

Semua orang dari segala usia memiliki resiko yang sama terhadap infeksi telinga. Bedanya, apada pada gejala yang ditimbulkan. Infeksi telinga pada anak kecil biasanya disertai dengan demam, sakit kepala, dan penurunan nafsu makan. Sedangkan infeksi telingan pada orang dewasa umumnya akan terasa sakit, menimbulkan gangguan pendengaran hingga keluhan telinga berair. Infeksi telinga sendiri membutuhkan pengobatan medis secepatnya.

  • Sindrom telinga merah

Terdapat kondisi langka yang bisa menyebabkan rasa perih didalah satu atau kedua telinga, yakni sindrom telinga merah atau red ear syndrome (RES). Gangguan yang terkadang menumbulkan migrain ini bisa di sebabkan oleh berbagai aktivitas normal sehari-hari seperti mencuci atau menyisir rambut, menggerakan leher, atau stres.

RES ini sejatinya tergolong sulit untuk diobati. Gejalanya bisa saja muncul beberapa kali dalam satu hari, busa juga muncul beberapa hari sekali. Sekali muncul, gejala bisa bertahan lama selama beberapa menit. hingga berjam-jam. Apabila Anda segera mengalaminya, segera periksakan diri anda ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

  • Eritermalgia

Ada pula kondisi langka lainnya yang membuat telinga terasa panas, kemerahan dan sakit seperti terbakar yakni eritermalgia. Sakitnya bahkan bisa menjadi sangat parah hingga mengganggu aktifitas. Kondisi ini memerlukan penangan medis dari dokter.

Pada dasarnya penyebab telinga panas bisa di sebabkan oleh banyak hal. Pengobatan yang dilakukan untuk mengatasinya perlu disesuaikan dengan penybabnya. Ada yang mudah di pahami dan biasa terjadi, namun ada pula yang tidak. Apabila kondisi ini disertai dengan gejala lain hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, maka disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter agar segera diberikan penanganan yang sesuai.

By Nida Saripah - Kesehatan Selasa, 08 Mei 2018 09:21:14

Related Post :
Penyakit
Gejala Infeksi Saluran Pernafasan…

Gejala Infeksi Saluran Pernafasan…

Obat Kimia
Obat Tretinoin Topikal Untuk…

Jerawat merupakan masalah yang…

Kesehatan
Makanan Ini Tidak Boleh…

Makanan ini tidak boleh…

Tips
Cara Untuk Mengurangi Risiko…

Mengurangi risiko terjangkitnya suatu…

Alami
Obat Infeksi Saluran Kemih…

Obat infeksi saluran kemih…

Kesehatan
Makanan yang Sebaiknya Dihindari…

Selain mengonsumsi obat polip…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Inilah 10 Jenis Artritis Serta Penyebab Dan Gejalanya

Selain osteoarthritis, ada banyak jenis…

Kesehatan
Pilihan Menu Sahur yang Baik Bagi Penderita Sakit Maag

Agar penyakit maag tidak kambuh…

Kesehatan
Dampak Negatif Trigliserida Tinggi Bagi Ibu Hamil

Dampak nehatif trigliserida tinggi bagi…

Kirim Pertanyaan
Top