Sembelit Saat Hamil? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Share dan Tag Temanmu di :

Setiap ibu hamil mengalami keluhan yang berbeda saat hamil. Dan salah satu keluhan yang dialami ibu hamil adalah sembelit. Oleh karena itu, penyebab dan cara mengatasi sembelit saat hamil sangat penting untuk diketahui oleh ibu hamil. Setiap ibu hamil yang mengalami sembelit berbeda-beda, ada yang mengalami sembelit ringan dan ada juga yang mengalami sembelit berat.


Penyebab Dan Cara Mengatasi Sembelit Saat Hamil

Penyebab Sembelit Saat Hamil

Sembelit saat hamil dapat disebabkan karena adanya perubahan hormonal dan pola makan. Selain itu, penyebab lainnya sembelit adalah kurang cairan, penyerapan air yang lebih tinggi dan kondisi metabolik. Sembelit pada anak maupun pada ibu hamil dapat membuat perut terasa tidak nyaman. Tidak hanya perut menjadi kembung.

Cara Alami Mengatasi Sembelit Saat Hamil

Jangan langsung minum obat saat mengalami sembelit. Terlebih saat kondisi hamil, karena bila ibu hamil mengkonsumsi obat sembarangan tidak baik untuk ibu hamil dan janinnya. Untuk mengatasi sembelit saat hamil bisa dengan cara alami yaitu:

Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi


Mengalami sembelit saat hamil? cobalah atasi dengan konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Sebab makanan yang mengandung serat tinggi sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Daftar makanan yang mengandung serat tinggi diantaranya sayuran hijau, buah-buahan dan kacang-kacangan.

Mengkonsumsi buah naga


Banyak manfaat sehat dari buah naga dan salah satunya adalah untuk mengatasi sembelit. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang hamil mengalami sembelit konsumsi buah naga secara langsung atau bisa anda buat untuk di jus.

Mengkonsumsi madu

Cara alami mengatasi sembelit saat hamil yaitu dengan mengkonsumsi madu. Anda bisa mengkonsumsi madu secara langsung, atau bisa anda campurkan dengan air hangat.

Banyak gerak


Walaupun kondisi anda sedang hamil, tapi anda harus bergerak. Karena bila anda banyak diam, maka dapat mengganggu sistem pencernaan. Hanya saja jangan melakukan aktivitas yang berat karena dikhawatirkan bisa membahayakan anda dan janin.

Makanan probiotik

Selain mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran hijau, cara mengatasi sembelit saat hamil secara alami juga bisa dengan mengkonsumsi makanan probiotik secara rutin. Tidak hanya mengatasi sembelit saja, tapi juga dapat mencegah sembelit.

Ibu hamil yang mengalami sembelit juga harus cukup minum air putih. Bagi ibu hamil yang mengalami sembelit, anda bisa mencoba cara alami diatas. Semoga bisa membantu anda yang sedang hamil dalam mengatasi masalah sembelit.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Selasa, 08 Mei 2018 14:10:15

Related Post :
Ibu Dan Anak
Tips Dan Cara Ampuh…

Tips dan cara ampuh…

Kesehatan
Inilah Jenis Penyakit Gigi…

Berbagai jenis penyakit pada…

Tips
Cara Menghilangkan Tahi Lalat…

Cara menghilangkan tahi lalat…

Kesehatan
Mengenal Gejala Dan Penyebab…

Gejala dan penyebab komedo…

Kesehatan
Dampak Buruk Jika Terlalu…

Dampak buruk jika terlalu…

Kulit
Vitamin C Sebagai Penghasil…

Manfaat vitamin C sebagai…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Makanan Untuk Membersihkan Paru-paru Kotor Akibat Rokok

Makanan untuk membersihkan paru-paru kotor…

Kesehatan
Ketahui Ciri-Ciri Nyeri Haid Tidak Normal

Ketahui ciri-ciri nyeri haid tidak…

Kesehatan
Waspada! Ini Bahayanya Bila Sering Mengunyah Es Batu

Meskipun bagi sebagian orang mengunyah…

Kirim Pertanyaan
Top