Cara Atasi Linea Nigra Atau Garis Memanjang Pada Perut Ibu Hamil

Share dan Tag Temanmu di :

Cara atasi linea nigra atau garis memanjang pada perut ibu hamil pada dasarnya sangatlah mudah tanpa perlu ada yang di khawatirkan. Hanya saja para bunda operlu memperhatikan beberapa faktor kecil yang mungkin kerap bunda abaikan. Simak terus informasi selengkapnya hanya disini.


Bukan rahasia umum lagi jika kehamilan bisa menyebabkan banyak perubahan pada tubuh ibu hamil. Bahkan menjelang pertengahan masa kehamilan, sebagian besar bunda mulai menyadari timbulnya garis vertikal memanjang pada perut. Garis kehamilan ini disebut dengan linea nigra, yang memiliki arti garis hitam.

Meski sering di sebut dengan garis hitam, namun sebenarnya linea agra sendiri berwarna coklat dan akan semakin gelap seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Lebar garis ini kurang lebih sekitar 0,5 hingga 1 cm bahkan lebih. Garis ini juga biasanya akan berbentuk memanjang dari pusar hingga ke tulang kemaluan, dan sering kali muncul di bulan ke-lima kehamilan.

Apa penyebab timbulnya linea agra?

Hingga saat ini penyebab linea agra belu diketahui secara pasti. Namun, ini adalah bagian alami dari kehamilan yang mana bersifat normal. Adapun timbuhnya garis ini diduga di picu oleh perubahan hormon selama kehamilan. Fungsi plasenta yang memproduksi hormon yang merangsang melanosit juga di duga menimbulkan garis berwarna gelap tersebut pada perut saat hamil.

Ada juga yang bilang, bahwasannya dari linea nigra ini, maka bunda bisa mengetahui jenis kelamin bayi. Jika garis meliontasi pusar, maka bunda mengandung anak perempuan. Sementara bunda mengandung anak laki-laki apabila garis melintasi tulang iga. Namun hal tersebut ternyata hanya sekedar mitos lho bun dan tidak dapat di buktikan secara medis ya!

Cara atasi linea nigra pada ibu hamil secara tepat

Meski pada dasarnya timbulnya linea nigra ini tidak dapat di cegah,  akan tetapi garis ini bisanya akan hilang dengan sendirinya setelah bayi lahir. Kondisi ini pula terbilang normal dan juga tidak bersifat berbahaya. Sehingga bunda sebenarnya tidak perlu melakukan apapun untuk menangani linea nigra ini.

Meski demikian, bunda juga mungkin perlu mencermati makanan yang dikonsumsi. Karena menurut penelitian, linea agra sering dikaitkan dengan kekurangan asam folat. Linea nigra juga akan terlebih sama pada ibu hamil yang mengonsumsi cukup makanan yang mengandung asam folat. Adapun makanan yang mengandung asam folat diantaranya adalah sayuran berwarna hijau, buah-buahan seperti halnya jeruk dan alpukat.

Linea nigr ini juga umumnya akan muncul kembali saat bunda hamil anak kedua dan seterusnya. Pada sebagian bundam, mungkin garis ini akan hilang sepenuhnya saat melahirkan. Namun apabila tak kunjung hilang dan dirasa mengganggu penampilan, maka bunda bisa segera mengkonsultasikannya ke dokter kulit, yang mungkin akan meresepkan krim bleaching yang aman di gunakan untuk ibu hamil dan menyusui.

Paparan sinar matahari juga umumnya bisa membuat garis ini nampak semakin jelas. Sehingga bunda bisa menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit. Selain itu, bunda juga sebaiknya tetap rutin berolahraga ringan seperti jalan kaki, mengonsumsi cukup vitamin E, namun tetap menyesuaikan dengan anjuran dokter ya bun.

Selain linea nigra, bunda mungkin akan myadari bahwa bagian kulit lainnya seperti pada payudara dan perut berubah menjadi lebih gelap. Bintik-bintik dan bekas luka juga yang sebelumnya telah terbentuk juga akan terlihat. Hal ini disebabkan oleh hormon kehamilan, seperti halnya estrogen dan progesteron, merangsang melanosit yang membuat kulit menjadi semakin gelap.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara atasi linea nigra secara cepat. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat khususnya bagi bunda yang kini tengah mengalami hal yang serupa.

By Nida Saripah - Ibu Hamil Kamis, 10 Mei 2018 10:23:31

Related Post :
Obat Kimia
Dosis Dan Manfaat Obat…

Manfaat obat bisacodyl yang…

Kesehatan
Benarkah Menelan Biji Jambu…

Mitos tentang menelan biji…

Kesehatan
Ketahui Makanan dan Minuman…

Ketahui makanan dan minuman…

Kesehatan
Tanda Dan Gejala Rematik…

Sangat penting untuk mengetahui…

Kesehatan
Gerakan OLaharaga Sederahana Di…

Berikut adalah gerakan olahraga…

Ibu Dan Anak
Ruam Popok Jangan Diabaikan!…

Ruam popok jangan diabaikan!…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Cara Sehat Mengatasi Nyeri Sendi Pada Ibu Hamil

Cara mengatasi nyeri sendi pada…

Ibu Hamil
Tips Ibu Hamil Agar Lahirkan Anak Cerdas

Anak cerdas memang dambaan setiap…

Ibu Hamil
Ini Resiko Induksi Pada Persalinan Yang Harus Diwaspadai

Ini resiko induksi pada persalinan…

Kirim Pertanyaan
Top