Penyebab Dan Cara Mengobati Radang Sendi

Share dan Tag Temanmu di :


Rasa sakit pada bagian persendian bisa diakibatkan karena penyakit yang dapat merusak sendi serta menimbulkan peradangan, bisa pula karena cedera. Nyeri pada sendi adalah keluhan yang bisa menghambat aktivitas seseorang serta menimbulkan rasa kurang nyaman. Oleh karena itu, jika mengalami radang sendi, segera obati. Berikut akan kami jelaskan mengenai penyebab dan cara mengobati radang sendi.


Banyak obat-obatan yang mengklaim sebagai obat nyeri sendi paling ampuh. Memang ada yang bisa menghilangkan rasa sakit seketika, namun ketika efek obat habis, sakit biasanya kembali muncul. Selain itu, beberapa obat ada pula yang memberikan efek samping seperti maag, nyeri ulu hati, BAB berdarah, sampai adanya efek ketagihan.

Selain akan membahas mengenai cara memilih obat nyeri sendi yang tepat, kami akan menyampaikan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mengobati nyeri sendi disamping menggunakan obat-obatan. Sebelumnya harus Anda ketahui bahwa ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan nyeri sendi diantaranya asam urat, osteoarthritis (OA), bursitis, rheumatoid arthritis (RA), strain, keseleo, dan cedera lainnya.

Nyeri sendi yang paling sering terjadi adalah nyeri lutut, nyeri bahu, dan nyeri pinggul. Nyeri sendi bisa mengenai setiap sendi yang ada pada tubuh dan seiring bertambahnya usia, nyeri sendi akan semakin sering menghampiri. Kenali pula apakah nyeri sendi tersebut terbilang berat ataukah ringan.

Cara mengobati nyeri sendi yang paling sederhana adalah istirahat. Jangan paksakan tubuh bergerak terlebih dengan beban berat. Misal ketika lutut terasa nyeri, jangan sering berlari karena bisa membuat nyeri sendi tambah parah. Selanjutnya, kompres. Untuk meminimalisir sakit pada sendi, kompres bagian yang nyeri dengan air dingin selama 10 menit beberapa kali sehari.

Turunkan berat badan. Jika nyeri sendi kronis seperti rheumatoid arthritis (RA), osteoarthritis (OA), dan sendi yang terkena adalah sendi yang menopang tubuh, maka dianjurkan untuk menurunkan berat badan. Hal ini bertujuan agar beban sendi teringankan. Obat-obatan yang bisa dikonsumsi sebagai obat nyeri sendi terutama nyeri sendi yang tidak disertai dengan pembengkakan adalah acetaminophen atau paracetamol.

Namun menggunakannya harus hati-hati, terlebih jika Anda juga minum alkohol karena bisa menyebabkan kerusakan hati. Untuk obat nyeri sendi sedang sampai berat disertai pembengkakan, obatnya menggunakan non-steroidal antiinflamatory drug (NSAID) seperti ibuprofen, aspirin, dan naproxen sodium namun beberapa harus menggunakan resep dokter.

Jika penyebab nyeri sendi adalah kondisi yang ringan, maka biasanya akan membaik seiring waktu. Sementara jika kondisinya berat, ada terapi lanjutan seperti fisioterapi bahkan terapi operatif.

By Ana Rediana - Tips Sabtu, 27 Agustus 2016 09:27:04

Related Post :
Obat Kimia
Obat Antibiotik Untuk Penyakit…

Obat antibiotik untuk penyakit…

Obat Cina
Thermolyte Plus Obat Pelangsing…

Thermolyte plus obat pelangsing…

Alami
Obat Alami Ambeien Dari…

Obat alami ambeien atau…

Penyakit
Diagnosis Dan Pengobatan Kanker…

Diagnosis dan pengobatan kanker…

Manfaat
Ini Dia Beragam Manfaat…

Tahukah anda apa manfaat…

Kesehatan
Pantangan Makanan Dan Minuman…

Larangan atau pantangan makanan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Tubuh Tetap Sehat Bagi Pekerja Shift Malam

Bagi para pekerja shift malam,…

Tips
Tips Agar Lancar Buang Air Besar Setiap Hari

Ada beberapa tips agar lancar…

Tips
Cara Hilangkan Bopeng di Wajah Tanpa Operasi Plastik

Terdapat beberapa cara yang bisa…

Kirim Pertanyaan
Top