Penanganan Parotitis Atau Penyakit Gondongan Yang Tepat Di Rumah

Share dan Tag Temanmu di :

Penangan parotitis atau penyakit gondongan juga ternyata bisa saja dilakukan di rumah. Asalkan perawatan yang dilakukan sesuai. Untuk mengetahui penangannya yang tepat, Anda bisa menyimak informasi berikut.


Tahukah anda parotitis? kondisi yang lebih dikenal dengan penyakit gondongan ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus paramyxovyrus yang tak jarang mengakibatkan pembengkakan pada kelenjar parotis (kelenjar air liur didalam mulut) pada wajah. kondisi ini dapat menyerang semua kalangan usia. Namun, lebih sering menimpa anak-anak berusia 5-14 tahun.

Adapun infeksi virus penyebab parotitis ini umumnya di tularkan melalui percikan air ludah yang berasal dari bersin atau batuk penderita. Selain dari pada itu, bersentuhan langsung dengan benda-benda yang sudah terkontaminasi dengan virus juga bisa menularkan penyakit ini.

Untuk gejala parotitis sendiri, biasanya ditandai dengan gejala awal demam sekitar 39, 4 derajat celsius dan setelah itu akan terjadi pembengkakan pada kelenjar ludah selama beberapa hari ke depan. Pembengkakan tersebut kemudian terjadi secara bertahap yang diikuti dengan rasa sakit pada kelenjar ludah selama 1-3 hari.

Rasa sakit pada kelenjar parotis juga biasanya akan semakin berat pada saat Anda menelan, berbicara, mengunyah dan juga mengonsumsi makanan dan juga minuman yang asam. Organ lainnya seperti sistem saraf, pencernaan dan juga saluran kemih bisa terserang virus pemicu parotitis ini.

Adapun selain demam, gejala gondongan atau parotitis lainnya yang bisa muncul ialah kelelahan, badan sakit-sakit, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, mulut terasa kering hingga nyeri pada bagian perut. Gejala tersebut umumnya akan hilang sepenuhnya dalam kurun waktui 4-8 hari, tergantung penanganan yang anda lakukan.

Berbagai tips dan cara penanganan parotitis atau penyakit gondongan yang tepat

Pada dasarnya tidak ada obat khusus untuk mengatasi parotitis atau gondongan. Karena biasanya kondisi ini bisa saja sembuh dengan sendirinya kurang lebih dalam kurun waktu dua minggu. Meski begitu penangan sebaiknya tetap dilakukan untuk meringankan gejala juga keluhan yang terjadi.

Dan berikut adalah beberapa langah untuk mengatasi gondongan atau parotitis:

  • Berikan paracetamol untuk menurunkan demam.
  • Istirahat yang cukup.
  • Perbanyak mengonsumsi air putih, untuk mencegah terjadinya dehidrasi akibat demam.
  • Hindari makanan yang mengahruskan banyak mengunyah, dan ganti dengan makanan bertekstur lembut, seperti oatmeal dan juga bubur.
  • Hindari makanan dan minuman asam, lantaran dapat merangsang rasa sakit pada kelenjar parotis.
  • Kompres dengan air hangat atau air dingin pada bagian yang mengalami pembengkakan akibat parotitis untuk meringankan rasa sakit.

Namun apabila, gejala malah bertambah parah bahkan terjadi pembengkakan pada testis akibat parotitis, sebaiknya segera konsulrtasikan dengan dokter untuk mendapatkan penangan yang lebih lanjut. Biasanya dokter akan meresepkan obat antinyeri dengan dosis yang kuat untuk meringankan gejalanya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar penangan parotitis atau penyakit gondongan yang tepat. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat bagi Anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Penyakit Jum'at, 11 Mei 2018 11:28:21

Related Post :
Tips
Anda Suka Kopi? Ketahui…

Ketika bulan Ramadhan, rutinitas…

Kesehatan
Alasan Mengapa Calon Jamaah…

Melakukan Vaksinasi merupakan hal…

Penyakit
Waspada! Ini Gejala Bell's…

Berikut adalah gejala bell's…

Tips
Tips Jitu Menghilangkan Milia…

tips jitu menghilangkan milia…

Kesehatan
8 Buah yang Tidak…

Jika tidak dikonsumsi dengan…

Kesehatan
Cara Sederhana Menjaga Kesehatan…

Selain harus menjaga kesehatan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyebab Sering Mual Setelah Makan dan Solusinya

Penyebab sering mual setelah makan…

Penyakit
Penyebab Dan Cara Pencegahan Gonore (Kencing Nanah)

Penyebab dan cara pencegahan gonore…

Penyakit
Mengenal Perbedaan Penyakit Liver Dengan Hepatitis

Penyakit liver dan hepatitis adalah…

Kirim Pertanyaan
Top