Mengetahui Nilai Kesehatan Dibalik Viralnya Es Kepal Milo

Share dan Tag Temanmu di :

Saat ini, ada banyak jenis makanan dan minuman baru yang tengah viral dan digandrungi oleh masyarakat, salah satunya yaitu Es Kepal Milo. Ya, Es Kepal Milo saat ini sedang naik daun dan menjadi  minuman kekinian yang banyak dicari oleh penikmat kuliner. Bahkan tak sedikit orang yang rela mengantre untuk bisa menikmatinya. 

Penggemar Es Kepal Milo bukan hanya anak-anak dan remaja, tetapi juga dewasa dan orang tua ikut mengonsumsinya. Bahkan, penjualnya pun kini sudah menjamur di mana-mana. Es Kepal Milo terdiri dari es serut yang dikepal. Kemudian ditambahkan bubuk milo, susu kental manis, dan jika perlu susu cair. Tidak hanya itu, Es Kepal Milo juga sering ditambahkan berbagai jenis toping. Rasanya yang manis dengan tambahan berbagai toping, tentunya menjadikan Es Kepal Milo ini cemilan yang enak untuk dinikmati bersama. 


Namun, Anda patut berhati-jati, pasalnya dalam satu porsi Es Kepal Milo ini mengandung banyak sekali gula dan kalori. Seorang ahli gizi, Ali khomsan, mengungkapkan memang zaman sekarang banyak sekali tren kuliner manis yang menjadi konsumsi banyak masyarakat. 

Gula tentunya sangat berpengaruh pada kesehatan. Ali menjelaskan bahwa konsumsi gula, lemak, dan juga garam berlebih perlu diwaspadai semua orang. Peringatan kadar konsumsi gula, garam, dan lemak sering diingatkan dan sudah menjadi isu kesehatan yang perlu diperhatikan masyarakat. 

Kandungan kalori dalam satu porsi Es Kepal Milo

Kelihatannya memang tidak ada yang salah dari minuman yang satu ini. Namun, coba Anda perhatikan kembali seberapa besar kandungan kalori yang ada didalamnya. Ternyata terdapat setidaknya sekitar 500-1.000 kalori, tergantung dari porsi yang disajikan. 

Berikut ini merupakan perkiraan perhitungan kandungan kalori yang terkandung dalam seporsi Es Kepal Milo :

  • 100 gram susu Milo kental mengandung 350-500 kalori
  • 18 gram susu Milo bubuk mengandung 110 kalori
  • 1 buah biskuit Oreo mengandung 30-50 kalori
  • Kacang tanah sekitar 12-10 kalori

Melihat besarnya jumlah kalori yang terkandung dalam Es Kepal Milo ini tentu membuat minuman ini perlu diwaspadai. Pasalnya, kebutuhan kalori manusia pada umumnya adalah 2000 kalori. Tentu saja angka ini bergantung pada usia, jenis kelamin, dan aktivitas yang dilakukan sehari-hari. 

Mengonsumsi 1 porsi Es Kepal Milo sudah bisa memenuhi 20-50% kebutuhan kalori harian, tanpa serat. Coba bandingkan dengan kalori dalam satu porsi nasi Padang di mana terdapat sekitar 600-700 kalori. 

Saat mengonsumsi nasi Padang, Anda bisa kenyang tanpa tambahan makanan lain. Berbeda dengan Es Kepal Milo yang biasanya hanya dijadikan sebagai cemilan atau hidangan penutup saja. 

Kalori memang diperlukan untuk tubuh agar organ tubuh bisa melakukan semua fungsinya dengan benar. Namun, jika kita mengonsumsi kalori terlalu banyak, maka jumlah yang berlebihan tersebut akan tersimpan sebagai lemak di dalam tubuh. 

Selain itu, mengonsumsi kalori secara berlebihan juga menimblkan dampak lain, seperti timbulnya beberapa gangguan kesehatan, diantaranya obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan osteoartritis. 

Memang tidak ada salahnya untuk menikmati sensasi makanan dan minuman kekinian yang sedang viral, seperti salah satunya Es Kepal Milo. Namun, jangan sampai lupa untuk menjaga kesehatan tubuh. Batasi konsumsinya agar Anda tidak berurusan dengan berbagai masalah kesehatan. 

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 15 Mei 2018 10:50:58

Related Post :
Kulit
6 Hal Kebiasaan Buruk…

Kebiasan buruk yang harus…

Ibu Hamil
Cara Mengatasi Kaki Bengkak…

Tips dan cara mengatasi…

Penyakit
Jenis-Jenis Pengobatan Penyakit Batu…

Pengobatan penyakit batu empedu…

Ibu Dan Anak
Tips Agar Anak Terbiasa…

Salah satu cara agar…

Tips
Tips Pengolahan Daging Kurban…

Tips Pengolahan daging kurban…

Kesehatan
Penyebab dan Langkah Pengobatan…

Penyebab dan langkah pengobatan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Kesehatan
Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Maag

Ada beberapa jenis makanan yang…

Kesehatan
Jangan Membawa Buah saat Menjenguk ke RS! Ini Alasannya

Mulai saat ini, sebaiknya jangan…

Kirim Pertanyaan
Top