Anda Penderita Maag? Hindari Menu Buka Puasa Dan Sahur Ini!

Share dan Tag Temanmu di :

Menu buka puasa dan sahur pada saat bulan ramadahan, nyatanya sangat penting untuk di perhatikan terlebih bagi anda yang kini memiliki riwayat penyakit maag. Sebab, penyakit tersebut sangat sensitif terhadap beberapa jenis makanan. Maka dari itu, agar puasa Anda lancar dan terhindar dari gangguan maag, anda sebaiknya hindari beberapa menu makanan yang akan disampaikan pada informasi berikut ya!


Bulan ramadhan adalah bulan penuh dengan rahmat yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Berbeda dengan bulan lainnya, di bulan ini setiap muslim di wajibkan untuk melakukan ibadah puasa. Namun bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit maag, mereka sering kali bingung saat bulan puasa tersebut tiba.

Pasalnya, untuk penderita maag sendiri, membiarkan perut kosong dan telat makan merupakan pantangan terbesar. Jika begitu, maka secara otomatis penyakit maag mereka tak jarang akan langsung kambuh. Dan seperti yang telah kita ketahui bahwa ketika kita menjalankan puasa, maka kita tidak akan maka bahkan minum selama kurang lebih 14 jam lamanya.

Namun menurut beberapa penelitian, salah satunya yang di sampaikan oleh Dr Ari Fahrial Syam, SsPD-KGEH, MMB, Konsultan saluran pencernaan dari Fakultas kedokteran Univesitas Indonesia, bahwasannya penderita maag sejatinya malah dianjurkan untuk menjalankan puasa. Hanya saja, memang bagi penderita maag yang mengalami dispepsia (sakit maag) organik, tidak dianjurkan untuk menjalani puasa.

Karena pada dasarnya sakit maag atau dispepsioa sendiri terdiri dari 2 macam, yakni dispepsia organik dan fungsional. Dispepsia organik sendiri umumnya terjadi lantaran adanya sesuatu yang tidak normal di dalam lambung. Seperti karena tukak lambung, usus duabelas jari, polip, GERD, kerongkokangan, hingga adanya kanker di lambung.

Adapun untuk dispepsia fungsional justru akan membaik apabila ia berpuasa. Meski begitu. terdapat beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya anda simak informasi berikut.

Menu buka puasa dan sahur yang perlu dihndari oleh penderita maag

Jika anda penderita maag, demi kelancaran ibadah puasa anda selama 1 bulan, sebaiknya anda hindari untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut untuk santap sahur maupun saat buka puasa tiba. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Makanan yang mengandung gas

Makanan yang bergas pada dasarnya akan membuat asam lambung menjadi naik. Tak jarang perut pun akan terasa sakit dan juga perih akibat maag yang kambuh. Untuk itu, demi kesehatan dan kelancaran puasa, Anda  sebaiknya menghindari menu buka puasa atau sahur yang terdiri dari makanan bergas, seperti halnya sawi, kol dan lainnya.

2. Susu full cream

Apabila anda memiliki riwayat sakit maag, maka alangkah baiknya jika anda juga menhindari mengonsumsi susu full cream saat puasa, bai ketika berbuka atau sahur. Hal tersebut lantaran lambung diktahui akan kesulitan mencerna minuman yang satu ini.

Apabila Anda memaksa tetap mengonsumsinya, maka dampaknya perut akan menjadi kembung dan tidak terasa nyaman. Kondisi trsebut sendiri bisa menyebabkan maag kambuh. Selain susu full cream, penderita maag juga sebaiknya menhindari minuman yang mengandung kafein dan juga soda.

3. Buah-buahan tertentu

Meski buah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun, terdapat beberapa jenis buah-buahan yang tidak baik apabila dikonsumsi oleh penderita maag. Misal, durian, nanas, belimbing, mangga muda dan juga belimbing wuluh. Buah-buahan tersebut diketahui mengandung asam yang cukup tinggi. Sehingga apabila dikonsumsi, maka resiko naiknya asam lambung akan tinggi.

4. Makanan bercita rasa pedas

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa merrka yang memiliki penyakit maag dilarang untuk mengonsumsi makanan pedas.  Makanan pedas seperti cabai, saos panas, saos tomat, saos cabai dan makanan yang mengandung cabai dan merica bisa membuat lambung teriritasi. Selai itu, makanan pedas juga akan membuat perut menjadi tidak nyaman hingga memicu kambuhnya gejala maag lainnya.

5. Makanan berlemak tinggi

Menu makanan yang juga benar-benar harus dindari oleh penderita maag saat berbuka maupun santap sahur ialah makanan yang mengandung minyak juga lemak yang berlebih. Makanan tersebut sendiri akan sulit untuk dicerna. Dan jika dipaksakan, maka lambung akan bekerja dengan keras. Adapaun makanan berminyak yang harus dihindari tersebut diantaranya adalah jeroan, gorengan, coklat dan juga kue tart.

6. Makanan berat

Penderita maag juga sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berat terlebih saat buka puasa. Hal tersebut agar lambung tidak bekerja dengan keras secara mendadak. Apabila lambung bekerja keras dan mendadak, maka asam lambung juga akan ikut meningkat. Dan apabila ini dibiarkan maka dapat menyebabkan lambung terluka dan juga sitem pencernaan akan terganggu.

7. Makanan yang mengandung alkohol

Beberapa jenis makanan yang mengandung alkohol juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita maag khususnya saat berbuka puasa. Misalnya, seperti tape ketan, tape singkong hingga manisan buah dan sayur. Rasanya memang akan sangat nikmat mengonsumsi makanan tersebut saat berbuka. Namun sayangnya, makanan tersebut dapat menyebabkan asam lambung anda menjadi meningkat.

8. Daging tinggi lemak

Makanan yang satu ini juga diketahui bisa menyebabkan asam lambung naik. Adapun daging tinggi lemak yang dimaksud ialah daging sapi juga daging kambing. Apabila mengonsumi daging tersebut, maka lemak akan mengendap didalam perut. Yang mana keadaan ini bisa meningkatkan resiko naiknya asam lambung. Namun jika anda ingin sekali mengonsumsinya, anda masih bisa mengonsumsinya hanya saja perlu membatasinya. Misal hanya satu kali dalam seminggu.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait menu buka puasa dan sahur yang perlu dihindari penderita maag. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat khususnya bagi Anda yang kini memiliki riwayat penyakit maag. Kami juga mengucapkan, selamat menjalankan ibadah puasa bagi Anda yang menjalaninya.

By Nida Saripah - Kesehatan Senin, 21 Mei 2018 11:44:52

Related Post :
Manfaat
Manfaat Nutrisi Susu Kambing…

Manfaat nutrisi susu kambing…

Penyakit
Mengenal Gejala Gegar Otak…

Berikut adalah gejala gegar…

Kesehatan
Pertolongan Pertama untuk Atasi…

Untuk mencegah luka diabetes…

Alami
Obat Ruam Kulit Alami…

Obat ruam kulit alami…

Kesehatan
Ini yang Terjadi Jika…

Daging merang memang diketahui…

Penyakit
Waspada! Penyakit Kelamin Ini…

Penyakit kelamin merupakan penyakit…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Penyebab Susah Buang Air Besar Dan Cara Menanganinya

Berikut ini adalah penyebab dan…

Kesehatan
Manfaat Olahraga Bersepeda Bagi Kesehatan

Banyak manfaat olahraga bersepeda bagi…

Kesehatan
Cara Mencegah Kanker Serviks dan Kanker Payudara

Cara mencegah kanker serviks dan…

Kirim Pertanyaan
Top