5 Langkah Sederhana Untuk Mencegah Kulit Kering Saat Puasa

Share dan Tag Temanmu di :

Mencegah kulit kering saat puasa ternyata tidak susah dan mahal lho! Bagi anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa langsung menyimak informasi berikut.


Puasa di bulan ramadhan merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh seluruh umat manusia di seluruh dunia. Sat menjalankan ibadah puasa, kita perlu menahan haus dan lapar, lantaran tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Tubuhpun akan mulai menyesuaikan dengan perubahan pola hidup dan juga pola makan yang sejatinya berubah.

Namun, saat berpuasa tak jarang jika berbagai gangguanpun muncul. Selain dari pada masalah pencernaan yang sering terjadi, masalah kulit keringpun kerap kali mengahantui. Keadaan kulit tersebut umumnya dipicu oleh dehidrasi yang disebabkan lantaran kurangnya asupan cairan dalam tubuh selama berpuasa.

Tak jarang, kulit yang mengalami dehidrasi akan tampak kering dan kusam. Bahkan terkadang juga disertai dengan pecah-pecah, kasar bahkan menglupas. Meski hampir semua permukaan kulit tubuh bisa mengalami masalah kulit ini, namun pada umumnya masalah kulit kering ini terjadi pada kaki, tangan wajah dan juga bibir.

Jika anda ingin terhindar dari keadaan seperti itu, maka sudah seharusnya anda bisa mencegahnya. Dan berikut ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kulit agar tidak kering saat bulan puasa.

Langkah sederhana untuk mencegah kulit kering saat puasa secara alami:

1. Perbanyak mengonsumsi air putih

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh merupakan langkah paling sederhana untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang menjadi penyebab kulit kering dan kusam. Dan hal ini tetap bisa anda lakukan meski sedang berpuasa. Caranya, yakni dengan mencukupi kebutuhan cairan pada saat waktu sahur dan juga berbuka. 

Anda bisa membagi waktu minum sebanyak 8 gelas dalam kurun waktu berbuka dan juga saat sahur. Namun jangan minum secara sekaligus karena itu dapat menjadi penyebab perut kembung bahkan gangguan lainnya. Dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, maka kulit akan menjadi lembab dan terhindar dari masalah kulit kering.

2. Membatasi aktivitas di luar ruangan

Hal yang satu ini juga merupakan langkah tepat untuk mencegah sekaligus mengatasi kulit kering saat berpuasa. Saat melakukan aktivitas diluar ruangan, kulit akan langsung terpapar sinar matahari. Maka dari itu, kulit akan mudah menjadi kering dan kusam. Adapun jika anda akan melakukan aktivitas diluar ruangan sebaiknya anda menggunakan juga pelindung seperti body lotion atau tabir surya.

3. Konsumsi buah dan sayur

Saat berpuasa, lantaran banyaknya hidangan  dimeja saat berbuka dan juga sahur, kita sering kali lupa untuk mengonsumsi makanan sehat layaknya buah dan sayur. Apabila buah tidak tercukupi, maka kemungkinan besar terjadinya kulit kering juga semakin tinggi.

Buah dan sayuran sendiri dikenal memiliki banyak sekali vitamin dan mineral yang bisa membantu kulit menjadi lembab. Selain itu,  didalamnya juga kaya akan serat sehingga dapat membuat kita menjadi  kenyang lebih lama.

4. Menggunakan pelembab

Melakukan perawatan kulit secara rutin, terlebih selama bulan puasa perlu dilakukan agar kulit tetatp lembab dan tidak kering. Dan salah satunya adalah menggunakan pelmebab pada kulit baik selesai mandi maupun sebelum tidur. Selain itu juga, Anda bisa menggunakan masker wajah, yang bisa mencukupi kebutuhan vitamin pada wajah.

5. Hindari kondisi makanan pedas dan asin

Selain kulit tubuh dan wajah yang kering saat puasa, kulit bibirpun kerap kali ikut kering. Keringnya bibir akan membuat pecah-pecah, bahkan terasa perih. Keadaan tersebut justru akan tambah parah apbila kita mengonsumsi makanan yang terlalu asin, Mengonsumsi makanan pedas juga akan membuat kita menjadi cepat haus.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi, cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kulit kering selama berpuasa, diantaranya seperti menghindari mengonsumsi makanan berminyak, rutin mengoleskan minyak zaitun pada kulit, mengurangi mengonsumsi kopi dan teh pada saat berbuka dan sahur, menggunakan lipbalm untuk melembabkan bibir, melakukan body srub, memakai baju yang mampu menyerap keringat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

By Nida Saripah - Kulit Selasa, 22 Mei 2018 13:19:48

Related Post :
Penyakit
Penyebab Dan Gejala Radang…

Penyebab dan gejala radang…

Kesehatan
Cara Diet Pisang Yang…

Cara diet pisang yang…

Kesehatan
Jangan Malas! Lakukan Aktivitas…

Meskipun perut kosong, bukan…

Penyakit
Komplikasi dan Cara Mencegah…

Gondongan merupakan salah satu…

Manfaat
Manfaat Walatra Gamat Emas…

Walatra Gamat Emas Kapsul…

Manfaat
Jangan Dibuang! Bagian Buah…

Buah dan sayur banyak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Kulit
Gejala dan Pemeriksaan Mata Ikan

Gejala dan pemeriksaan mata ikan…

Kulit
Mengetahui Kebaikan Habbatussauda untuk Kecantikan Kulit

Selain baik bagi kesehatan, ternyata…

Kulit
Kirim Pertanyaan
Top