Menyegarkan! Pilihan Minuman Sehat Ini Cocok untuk Buka Puasa

Share dan Tag Temanmu di :

Cuaca yang panas menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang sedang menjalankan puasa. Hal ini disebabkan karena saat puasa, tubuh rentan kekurangan cairan, ditambah lagi dengan cuaca yang panas bisa menyebabkan mereka yang menjalankannya mudah merasa haus. Maka dari itu, kita harus mencukupi kebutuhan cairan selama puasa saat sahur dan buka.

Walaupun begitu, bukan berarti Anda boleh meminum jenis minuman apa saja untuk menghilkangkan rasa haus tersebut. Anda tetap harus memperhatikan dan memilih minuman yang selain menyegarkan dan menghilangkan rasa haus, juga memiliki manfaat yang menyehatkan. 


Minuman yang sehat bisa mengisi kembali energi yang hilang selama berpuasa. Untuk mengembalikan tubuh agar segar kembali, banyak pakar yang menyarankan untuk segera mengonsumsi air setelah berbuka. Lalu, minuman sehat apa sajakah yang bisa menjadi pilihan untuk berbuka puasa ? Simak informasinya dibawah ini !!

  • Air putih

Pilihan minuman sehat untuk buka puasa pertama yaitu air putih. Jenis minuman ini menjadi menu wajib yang harus dikonsumsi setiap harinya. Minum air putih saat berbuka puasa bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa selama seharian penuh.

Air putih menjadi jenis air yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa haus. Walaupun terasa hambar, namun air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya membantu tubuh bekerja normal sesuai fungsinya, membantu menjaga fungsi usus normal, memberikan energi untuk otot, menjaga kesehatan ginjal, serta menyehatkan kulit.

Maka dari itu, minum segelas air putih saat berbuka puasa cukup untuk menghilangkan rasa haus dan membasahi organ tubuh bagian dalam. 

  • Jus buah

Jus buah bisa menjadi pilihan minuman yang menyegarkan dan juga menyehatkan untuk berbuka selanjutnya. Berbagai kandungan vitamin dan mineral dalam buah bisa Anda dapatkan dari  buah-buahan favorit Anda. 

Jika Anda merasa bosan dengan minuman berbuka yang itu-itu saja, maka Anda bisa memilih berbagai jenis buah, seperti semangka, melon, atau pun pisang yang menyegarkan. Namun, perlu diingat, usahakan untuk tidak menambahkan gula terlalu banyak dalam jus Anda agar gula darah tidak melonjak tajam. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan madu atau gula rendah kalori sebagai pemanis. 

  • Infused water

Bagi Anda yang ingin mencoba minuman buka puasa yang sehat dan berbeda dari biasanya, maka tidak ada salahnya untuk mencoba infused water. Infused water merupakan minuman berbahan dasar air putih yang dibuat dengan menambahkan potongan buah dan herbal ke dalamnya. Ini sudah tentu menyehatkan dan dapat membantu mengembalikan cairan tubuh.

Disamping itu, meminum infused water bisa memberi Anda nutrisi lebih jika dibandingkan dengan meminum air putih biasa. Infused water dapat menghidrasi tubuh dan memberikan kesegaran maksimal dari buah-buahan favorit Anda. 

  • Air kelapa

Selama ini air kelapa muda sudah menjadi minuman favorit masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa. Hal ini disebabkan karena selain dapat menghidrasi tubuh, air kelapa juga dapat mengisi kembali elektrolit yang hilang selama berpuasa. 

Elektrolit adalah mineral yang berperan penting dalam tubuh termasuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh untuk mencegah dehidrasi. Didalam air kelapa terkadnung beberapa mineral, diantaranya yaitu kalium, magnesium, mangan, natrium, dan kalsium. Selain itu, air kelapa juga kaya akan serat dan mengandung vitamin C. 

Kalium menjadi salah satu mineral yang sangat baik untuk berbuka puasa. Zat ini diperlukan tubuh untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh, mengurangi risiko kram, dan menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Maka dari itu, air kelapa bisa menjadi minuman berbuka puasa yang segar dan juga menyehatkan. 

  • Smoothies buah

Smoothies adalah minuman yang menyehatkan karena kaya akan kandungan vitamin serta mineral. Bedanya, dalam smoothies Anda bisa menambahkan susu dan yoghurt untuk menambah cita rasa. 

Susu dan yoghurt rendah lemak mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Menjaga kesehatan tulang selama puasa sangat penting untuk membuat Anda tetap aktif sepanjang hari.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 23 Mei 2018 10:37:24

Related Post :
Kesehatan
Manfaat dan Khasiat Rumput…

Manfaat dan khasiat rumput…

Tips
Cara Mencegah Amputasi Kaki…

Untuk mencegah pembusukan yang…

Manfaat
Manfaat Daun Krokot Dan…

Selain untuk lovebird dan…

Ibu Hamil
Menakjubkan! Fungsi Plasenta Bagi…

Menakjubkan! Fungsi Plasenta Bagi…

Penyakit
Mengenali Penyebab Paratifus Serta…

Tahukah anda apa itu…

Kesehatan
Manfaat Lain Tisu Basah…

Tisu basahkini tidak hanya…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Inilah Daftar Makanan Sehat Untuk Penderita Vertigo

Selain mengkonsumsi obat dari dokter,…

Kesehatan
Daftar Menu Sarapan Sehat untuk Penderita Diabetes

Daftar menu sarapan sehat untuk…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top