Ini Bahayanya Bila Berlebihan Konsumsi Makanan Bersantan

Share dan Tag Temanmu di :

Makanan bersantan seperti Gulai, opor ayam dan rendang adalah makanan suka dikonsumsi oleh banyak orang. Karena jenis makanan ini lebih enak dan gurih, sehingga tak heran banyak orang yang mengkonsumsi makanan bersantan. Namun sebaiknya jangan berlebihan dan jangan sering konsumsi makanan bersantan, karena tidak baik pula bagi kesehatan tubuh.


Bahaya Mengkonsumsi Makanan Bersantan Secara Berlebihan

Gangguan pencernaan

Bahaya mengkonsumsi makanan bersantan secara berlebihan adalah bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan makanan bersantan memiliki kandungan minyak dan lemak. Gangguan pencernaan dapat menimbulkan gejala tidak nyaman pada perut dan perut terasa kembung.

Kolesterol

Selain bisa menyebabkan gangguan pencernaan, bahaya sering mengkonsumsi makanan bersantan juga bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Oleh karena itu, kurangi konsumsi makanan bersantan seperti opor ayam, rendang dan gulai.

Iritasi tenggorokan

Jangan sering dan jangan berlebihan mengkonsumsi makanan bersantan karena dapat mengiritasi tenggorokan. Terlebih bagi anda dengan sifat tenggorokan yang sensitif serta mudah iritasi, maka sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsi makanan bersantan. Karena jenis makanan ini memiliki kandungan lemak yang bisa memperparah iritasi pada tenggorokan.

Penyakit jantung

Salah satu dampak konsumsi makanan bersantan bagi kesehatan adalah dapat meningkatkan kadar kolesterol. Perlu anda ketahui bahwa bahaya kolesterol tinggi dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung. Oleh karena itu, jangan sering dan jangan berlebihan mengkonsumsi makanan bersantan.

Obesitas

Selain dapat meningkatkan kolesterol, mengkonsumsi makanan bersantan juga dapat menyebabkan obesitas. Telah dijelaskan diatas bahwa makanan bersantan memiliki kandungan lemak jenuh. Terlebih pada saat memasakan menggunakan santan tersebut, menambahkan gula yang bisa menyebabkan lemak jenuhnya semakin meningkat.

Bahaya lainnya konsumsi makanan bersantan bagi kesehatan adalah mengganggu keseimbangan pembentukan tulang, membuat asam lambung naik, dan hipertensi. Sehingga bagi anda yang sering mengkonsumsi makanan bersantan atau saat buka puasa ataupun sahur sering mengkonsumsi makanan bersantan, sebaiknya kurangi konsumsi makanan bersantan. Karena sering mengkonsumsi makanan bersantan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Rabu, 23 Mei 2018 11:53:49

Related Post :
Tips
Tips Sehat Untuk Meningkatkan…

Selain dengan obat-obatan, berikut…

Kesehatan
Hati-Hati Teh atau Kopi…

Teh dan kopi merupakan…

Penyakit
Mengenal Penyakit Infeksi Saluran…

Penyakit unfeksi saluran kemih…

Kesehatan
Pola Makan Sehat Bagi…

Penting untuk penderita diabetes…

Obat Cina
Obat Mata Rabun Jauh…

Obat mata rabun jauh…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Gaharu…

Kegunaan, khasiat serta manfaat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Kesehatan
Kesehatan
Jenis Olahraga Untuk Mencegah Kanker Payudara

Jenis olahraga untuk mencegah kanker…

Kirim Pertanyaan
Top