Ketahui Berbagai Penyebab Keluarnya Flek Coklat Pada Ibu Hamil

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab keluarnya flek coklat saat hamil bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Meski sering di anggap wajar dan sering dialami oleh sebagian ibu hamil, namun kondisi tersebut juga tetap perlu di waspadai. Terlebih jika flek berlangsung lama dan terus menerus, atau juga di sertai dengan gejala lainnya seperti nyeri dan kram perut.


Flek coklat saat hamil sendiri ialah bercak pendarahan ringan yang keluar dari vagina. Hal ini umumnya bisa terjadi selama masa kehamilan terlebih di trimester pertama. Bahkan menurut sebuah penelitian, setidaknya sekitar 20% dari wanita hamil mengalami pendarahan di 12 minggu pertama kehamilannya.

Adapun warna flek bervariasi. Bisa merah muda, merah hingga coklat. Warna coklat pada flek sendiri menandakan darah sudah cukup lama berada didalam rahim, atau tidak dikeluarkan dari tubuh dengan cepat. Sehingga pada saat keluar, darah akan berwarna lebih gelap.

Berbagai penyebab keluarnya flek coklat pada ibu hamil

Terdapat sejumlah kemungkinana pemicu terjadinya flek coklat saat hamil, diantaranya adalah:

Pendarahan implantasi

Kodisi ini biasanya terjadi 6-12 hari setelah konsepsi atau pembuhan. Implantasi sendiri merupakan proses menempelnya sel telur yang telah dibuahi pada rahim. Umumnya, flek atau darah yang keluar sangat sedikit dan hanya terjadi selama beberapa jam atau beberapa hari saja.

Iirtasi serviks

Flek coklat yang terjadi saat hamil juga bisa dipicu akibat iritasi serviks yang bisa terjadi kapan saja pada masa kehamilan. Saat hamil, terjadi lonjakan hormon juga peningkatan aliran darah ke leher rahim atau serviks. Hal ini membuat serviks menjadi sangat sensitif dan juga lebih mudah teriritasi sehingga pada akhirnya mengeluarkan flek. Berhubungan intim saat hamil, pemeriksaan serviks oleh dokter atau bidan juga serta adanya infeksi juga bisa menjadi pemicunya.

Tanda-tanda persalinan

Keluarnya flek coklat saat hamil tua bisa menjadi pertanda bahwa waktu persalinan sudah dekat. Pada saat tubuh siap uintuk melahirkan, leher rahim akan melunak juga mengeluarkan lendir. Sumbatan ini membantu mengeluarkan rahim dari bakteri atau kotoran dari luar tubuh.

Pada umumnya lendir yang keluar berwarna putih, kecoklatan, merah muda atau bahkan sedikit kehijauan. Keluarnya flek coklat sebagai tanda persalinan, terjadio beberapa minggu atau beberapa hari sebelum persalinan, yakni pada usia kehamilan 36-40 minggu.

Kehamilan ektopik

Dalam beberapa kasus, flek coklat saat hamil juga bisa dosebabakan oleh kehamilan ektopik. Kondisi ini memiliki potensi dapat mengancam jiwa dan juga membutuhkan penanganan medis secepatnya, jika terjadi robekan ditempat terjadinya kehamilan ektopik. Untuk itu, segera temui dokter apabila pendarahan atau flek disertai dengan gejala kehamilan ektopik lainnya:

  • Pusing yang parah
  • Nyeri bahu
  • Nyeri perut atau panggul yang datang dan pergi, terlebih disalah satu sisi
  • Lemas dan pingsan
  • Kulit terlihat pucat atau kaki tangan terasa dingin.
  • Denyut jantung menjadi lebih pucat

Keguguran

Pendarahan apapun pada masa kehamilan bisa menjadi tanda awal keguguran. Pendarahan akibat keguguran biasanya disertai dengan gejala lain seperti:

  • Kram dan nyeri perut
  • Nyeri punggung bawah
  • Keluarnya darah merah dalam jumlah yang banyak
  • Keluarnya jaringan atau gumpalan darah dari vagina

Gangguan pada plasenta dan serviks

Pada kasus yang jarang terjadi, flek coklat saat hamil juga bisa menjadi pertanda adanya masalah pada plasenta. Seperti plasenta previa juga infeksi pada serviks atau rahim.

Meski pada umumnya flek coklat saat hamil adalah fenomena yang dianggap normal, namun tetap saja anda dianjurkan untuk lebih waspadadan berkonsultasi ke dokter kandungan. Terlebih apabila keluhan tersebut muncul bersamaan dengan gejala lainnya seperti nyeri berat, pendarahan yang banyak dari vagina, demam dan terasa kram atau kontraksi pada rahim.

Selain penanganan medis, anda juga sebaiknya anda berisitrahat dengan cukup di tenpat tidur, membatasi aktivitas fisik, tidak membawa benda berat hingga menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan mengonsumsi banyak air putih.

Nah, itulah ulasan singkat pada pembahasan kali ini terkait penyebab keluarnya flek coklat pada ibu hamil. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan juga wawasan baru khuusnya bagi bunda yang kini tengah m,engandung. Salam sehat bunda!

By Nida Saripah - Ibu Hamil Kamis, 24 Mei 2018 09:30:01

Related Post :
Kesehatan
Penyebab Timbulnya Tumor Payudara…

Untuk mencegah timbulnya tumor…

Ibu Hamil
Tips Sederhana untuk Kendalikan…

Berikut ini 4 tips…

Kesehatan
Pertolongan Pertama Pada Penderita…

Hipotermia merupakan kondisi darurat…

Daun
Luar Biasa! Inilah Manfaat…

Luar biasa!! inilah sederet…

Manfaat
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Kesehatan
Dampak Negatif Bagi Orang…

Dampak negatif bagi orang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Tanda Anda Akan Segera Melahirkan Jika Meraskan Hal ini

Tanda-tanda melahirkan anak pertama yang…

Ibu Hamil
Cara Mudah Mencegah Stretch Mark Selama Kehamilan

Cara Mudah Mencegah Stretch Mark…

Ibu Hamil
Dampak Dan Bahaya Mendengkur Bagi Ibu Hamil

Dampak dan bahaya mendengkur bagi…

Kirim Pertanyaan
Top