Anda Suka Kopi? Ketahui Tips Aman Minum Kopi saat Puasa Ini!

Share dan Tag Temanmu di :

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang cukup banyak digemari oleh masyarakat, khususnya Indonesia. Biasanya kopi dikonsumsi pada pagi hari atau saat bersantai bersama rekan dan keluarga. Bahkan, tidak sedikit orang yang mungkin sudah memiliki jadwal ngopi sendiri. Sehingga kebiasaan ini cukup sulit untuk dihilangkan. 

Namun, ketika bulan Ramadhan, rutinitas minum kopi ini tidak bisa dilakukan seperti biasanya. Banyak juga yang ragu dan khawatir jika ibadah puasa bisa menghentikan kebiasan minum kopi selama sebulan penuh. Anda tidak perlu khawatir, karena Anda tetap bisa minum kopi selama puasa asalkan mengetahui aturannya. 

Sebenarnya, puasa tidak akan membuat Anda benar-benar berhenti minum kopi. Hanya saja, Anda perlu menyesuaikan waktu minum kopi saat puasa. Anda harus memperhatikan kebiasaan minum kopi selama puasa. Hal ini bertujuan agar Anda tetap bisa menikmati kopi tanpa takut puasa terganggu. 


Bagi orang dewasa sehat, tidak ada larangan untuk minum kopi selama bulan puasa. Namun, Anda tidak bisa minum kopi secara sembarangan pada saat sahur atau berbuka puasa. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui beberapa aturan minum kopi saat puasa agar tetap aman. Berikut ini merupakan beberapa tips aman minum kopi saat puasa yang perlu diketahui, diantaranya :

Pilih jenis kopi yang tepat

Bagi Anda pecinta kopi, tahukan jika saat ini sudah tersedia kopi decaf ? Kopi decaf atau disebut juga kopi tanpa kafein, merupakan kopi yang mengandung kafein lebih sedikit, sekitar 94-98% kafeinnya telah dihilangkan. Anda bisa mengganti kopi yang biasa dikonsumsi dengan jenis kopi ini. 

Kandungan kafein pada kopi decaf berbeda-beda, tergantung pada biji-bijian yang digunakan. Sebuah studi di tahun 2006 yang dilakukan oleh para ahli dari University of Florida mengungkapkan bahwa Anda perlu minum sekitar 5-10 cangkir kopi decaf untuk merasakan efek yang sama dengan kopi berkafein pada umumnya. 

Minum kopi di waktu yang tepat

Sebelumnya, mungkin Anda bisa minum kopi sesuai dengan jadwal biasanya, seperti pada pagi, siang, atau sore hari. Namun, saat puasa Anda tidak bisa minum kopi tepat pada waktu-waktu tersebut. Anda hanya bisa minum kopi saat berbuka sampai waktu imsak. 

Walaupun begitu, Anda harus tetap memperhatikan waktu minum kopi yang tepat. Selain bersifat stimulan, kopi juga bersifat diuretik. Dimana ini bisa menyebabkan produksi urine lebih banyak sehingga berisiko menyebabkan dehidrasi. Jika Anda minum kopi saat sahur, maka rasa kopi yang kental di mulut bisa membuat Anda cepat haus. Selain itu, sifatnya yang diuretik dikhawatirkan bisa membuat Anda dehidrasi. Maka dari itu, minum kopi saat sahur bukanlah waktu yang tepat.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk minum kopi selama Ramadhan ?

Anda bisa minum kopi satu atau dua jam setelah berbuka. Jika Anda minum kopi sesaat setelah berbuka dengan kondisi perut yang masih kosong, maka dinding perut Anda bisa iritasi. Jadi, sebelum minum kopi pastikan terlebih dahulu perut Anda sudah terisi makanan.

Namun, minum kopi 2 jam setelah berbuka bisa jadi terlalu dekat dengan jam tidur sebagian orang. Jika Anda minum kopi jam 8 malam dan tidur jam 10, maka bisa jadi siklus tidur Anda terganggu dan Anda tidak bisa tidur nyenyak. Maka dari itu, usahakan untuk tidak minum kopi di atas jam 8 malam dan jangan minum terlalu banyak. 

Kurangi asupan kafein pada kopi selama bulan puasa

Mengurangi kebiasaan minum kopi sebenarnya lebih baik dilakukan sebelum hari pertama puasa. Namun, jika Anda tidak sempat melakukannya, maka Anda bisa mengurangi asupan kafein dari kopi ketika sudah mulai berpuasa. Hanya saja hal tersebut jadi lebih sulit dan menantang. Namun, mengurangi atau menghentikan asupan kafein harus dilakuakn perlahan, bukan secara tiba-tiba. Ini bertujuan untuk meminimalisir timbulnya efek samping.

Dilansir dari Cleveland Clinic Abu Dhabi, dosis aman kafein dalam sehari adalah 400 miligram untuk orang dewasa. Ini setara dengan 2-3 cangkir kopi hitam. Namun, dosis ini dianjurkan bagi orang yang memiliki jadwal makan yang teratur, bukan mereka yang sedang berpuasa. Jika Anda berpuasa, maka sebaiknya kurangi asupan kafein hingga 200-300 miligram.

Jika Anda terbiasa minum 3 cangkir kopi sehari, maka sekarang Anda harus mengakalinya agar bisa bertahan hanya dengan secangkir kopi. Caranya, gunakan gelas kopi yang ukurannya lebih kecil sehingga jumlah kopi yang dikonsumsi pun berkurang. 

Selain memperhatikan beberapa tips di atas, Anda juga harus mengimbangi kebiasaan minum kopi Anda dengan banyak minum air putih. Hal ini disebabkan karena biasanya setelah minum kopi beberapa orang sering merasa haus dan dehidrasi. Terlebih lagi pada saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan. 

Oleh karena itu, setelah minum kopi, sebaiknya Anda imbangi dengan minum air putih yang cukup agar cadangan cairan tetap terjaga dan tubuh t idak mudah lemas. 

By Sri Maryati - Tips Kamis, 24 Mei 2018 10:16:26

Related Post :
Ibu Dan Anak
Fakta Tentang Ibu Menyusui…

Ibu yang sedang menyusui…

Manfaat
Menguak Kandungan dan Manfaat…

Tidak hanya memiliki rasa…

Manfaat
Ini Manfaat Spirulina Untuk…

Berikut adalah berbagai khasiat…

Kesehatan
Hal yang Harus Diperhatikan…

Pemasangan kawat gigi pada…

Kulit
Mengetahui Kebaikan Habbatussauda untuk…

Selain baik bagi kesehatan,…

Alami
Inilah Ramuan Tradisional Untuk…

Ramuan tradisional untuk mengatasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat Secara Alami

Cara dan tips menghilangkan bau…

Tips
Cara Efektif Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Cara efektif mengatasi bibir kering…

Kirim Pertanyaan
Top