Ingin Puasa Sekaligus Diet Anda Sukses? Lakukan Tips Ini!

Share dan Tag Temanmu di :

Pada bulan Ramadhan, selain merupakan momen yang tepat untuk meningkatkan keimanan seseorang, tidak sedikit pula yang memanfaatkan momen puasa ini sekaligus untuk diet. Umumnya saat berpuasa asupan makanan dalam tubuh akan berkurang, sehingga normalnya seseorang akan mengalami penurunan berat badan, karena energi diambil dari lemak yang ada di dalam tubuh. 

Namun, sayangnya banyak yang justru mengalami kenaikan berat badan saat berpuasa. Hal ini disebabkan karena kita akan langsung balas dendam dan cenderung makan secara berlebihan pada saat berbuka dan sahur. Hasilnya, kita mengonsumsi kalori yang lebih banyak dari hari-hari biasanya. 


Momen puasa sebenarnya merupakan waktu yang tepat untuk Anda menjalankan diet sehat. Mengatur jadwal makan dengan cermat, dan memilih makanan yang kaya akan kanndungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Makanan yang dikonsumsi pun dipilih yang terbaik, yang bermanfaat dan bukan hanya memanjakan perut belaka. 

Terlebih lagi jika Anda mampu menahan keinginan untuk makan secara berlebihan saat berbuka. Dengan begitu, maka seharusnya berat badan cenderung akan turun. Untuk menurunkan berat badan selama Ramadhan, berikut ini merupakan beberapa tips sukses puasa sekaligus diet yang bisa dilakukan, diantaranya :

  • Jangan lewatkan makan sahur

Makan sahur bisa menjadi kunci penentu suksesnya diet saat berpuasa. Jika Anda melewatkan sahur, maka secara otomatis Anda akan mengonsumsi takjil secara berlebihan saat berbuka, terutama yang mengandung gula. Tentu saja hal ini bisa menggagalkan diet Anda. 

Maka dari itu, usahakan untuk tidak melewatkan makan wahur. Selain itu, pilihlah menu sahur yang sehat. Selalu sediakan buah saat sahur agar bisa menahan lapar lebih lama. Juga hindari porsi makan sahur yang terlalu besar. 

  • Pilih menu bergizi untuk berbuka

Gorengan dan es campur memang sangat menggoda saat menjelang buka puasa. Namun, sebaiknya hindari makanan yang digoreng, terlalu manis, dan terlalu asin. Ketika menjalankan diet, gizi seimbang harus dipenuhi.

Dibandingkan mengonsumsi makanan yang digoreng dan minuman manis, alangkah baiknya perbanyak sayur dan buah saat berbuka. Jika masih merasa lapar, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi buah dan sayur. Jangan langsung makan besar saat berbuka, karena hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya penimbunan lemak di tubuh. 

  • Kurangi karbohidrat

Selama menjalankan diet saat berpuasa, usahakan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Pilihlah roti gandum atau kentang sebagai variasi. Anda tidak perlu khawatir, untuk memulihkan energi, biasanya tubuh akan dengan mudah beradaptasi menyimpan cadangan energi. Sehingga Anda tetap terbebas dari badan lemas. 

  • Hindari produk olahan

Makanan ini mengandung lemak trans dan lemak jenuh tinggi. Alangkah baiknya Anda menghindari produk olahan dan konsumsi menu yang diolah sendiri, sehingga asupan nutrisinya terjamin. Gunakan metode memasak dengan cara rebus, kukus, atau panggang agar makanan tetap terjamin nutrisinya. 

  • Perbanyak minum air putih

Dehindrasi merupakan salah satu masalah yang biasanya dialami oleh orang saat berpuasa. Atasi kondisi ini dengan memperbanyak minum air putih, terutama saat berbuka dan sahur. Jika di hari biasa Anda minum 8 gelas sehari, maka selama berpuasa usahakan untuk minum 10-12 gelas sehari. 

  • Tetap berolahraga

Olahraga juga penting untuk membantu membakar lemak dalam tubuh. Lakukan olahraga ringan seperti joging selama 10 menit setelah sahur atau sebelum berbuka puasa. 

  • Tidur siang

Saat Anda tidak memiliki aktvitas di siang hari, sebaiknya Anda gunakan waktu tersebut untuk tidur minumal 30 menit. Selain dapat memulihkan tenaga, tidur siang juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan begitu, maka pembakaran lemak di tubuh menjadi lebih maksimal. 

Menjalankan puasa sekaligus diet sebenarnya bisa saja dilakukan. Dalam menjalankannya, hal utama yang harus diterapkan adalah komitmen untuk terus menjalannya, sehingga tidak putus di tengah jalan. Prinsip penurtunan berat badan ketika berpuasa adalah dengan mengurangi pemasukan kalori dan meningkatkan pengeluaran kalori. Agar bisa memberikan hasil yang lebih maksimal, jangan lupa untuk melakukan beberapa tips di atas selama menjalankan diet selama berpuasa.

By Sri Maryati - Tips Jum'at, 25 Mei 2018 10:23:18

Related Post :
Kesehatan
Penyebab Luka pada Penderita…

Mengenali berbagai penyebab luka…

Alami
Obat Impetigo Alami Yang…

Obat impetigo alami ini…

Kesehatan
Makanan Sehat Ini Berbahaya…

Makanan sehat ini berbahaya…

Kesehatan
Cara Sederhana Untuk Mencegah…

Pencegahan asam urat tinggi…

Manfaat
Berbagai Manfaat Ikan Tuna…

Informasi tentang kandungan gizi…

Ibu Hamil
Waspadai Bahaya Tidur Di…

Waspadai bahaya tidur di…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Mengolah Bawang Putih Sebagai Obat Tradisional

Selain mengetahui khasiat bawang putih,…

Tips
Tips Mengatasi Stretch Mark yang Perlu Anda Coba

Stretch mark yang baru atau…

Tips
Tips Mudah Mengobati Luka Bakar Secara Alami di Rumah

Jika Anda mengalami luka bakar,…

Kirim Pertanyaan
Top