Gusi Sering Berdarah Saat Berpuasa? Ternyata Ini Penyebabnya!

Share dan Tag Temanmu di :

Gusi sering berdarah saat berpuasa bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari hal sepele bahkan masalah kesehatan yang harus segera Anda periksakan ke dokter. Adapun untuk mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya Anda simak terus ulasan singkat berikut ini.


Anda sedang berpuasa dan merasakan gigi gampang berdarah terlebih saat menggosok gigi? Kondisi tersebut tentunya  membuat Anda tidak nyaman selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Maka dari itu, jika anda kini tengah mengalami hal yang sama, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu berbagai pemicunya, sehingga Anda bisa mengatasi permasalahan ini secara tepat.

Berbagai penyebab gusi berdarah selama puasa yang perlu diketahui

1. Kebiasaan sikat gigi yang tidak tepat

Faktor pertama yang sering kali memicu terjadinya gusi berdarah khususnya selama berpuasa ialah kebiasaan keliru saat menggosok gigi. Seperti halnya jarang sikat gigi atau menyikat gigi terlalu keras. Jarang menggosok gigi secara lama kelamaan akan menghasilkan plak yang menumpuk di permukaan gigi dan juga bisa mengeras dan pada akhirnya membentuk karang gigi.

Nah, penumpukan plak gigi ini sendiri bisa meningkatkan terjadinya peradangan pada gusi, yang mana ditandai dengan gusi berdarah. Kebiasaan menyikat gigi terlalu keras dengan gerakan maju mundur juga bisa menimbulkan trauma pada gusi yang ditandai dengan gusi begkak juga berdarah. Menyikat gigi dengan bulu sikat yang kasar dan keras juga bisa memicu gusi berdarah. 

2. Terlalu stres

Tingkat stres yang tinggi juga bisa mempengaruhi kesehatan ,ulut Anda dalam berbagai cara. Seperti halnya, stres bisa meningkatkan pembengkakan di tubuh Anda, yang mana memang gusi lebih cenderung berdarah. Terlalu banyak tekanan psikologis juga nyatanya bisa menghambat kinerja sistem kekebalan tubuh Anda. Sehingga membuat tubuh Anda lebih sulit untuk melawan infeksi agar cepat sembuh.

3. Sedang hamil

Beberapa diantara wanita hamil ada yang sering mengalami gusi bengkak juga berdarah daat sakit gigi. Dan faktanya, sebagian dari semua wanita hamil akan mengalami gingtivitis (Peradangan gusi yang ditandai dengan pendarahan) khususnya pada trimester 2. Perubahan hormon selama kehamilan mengubah respon tubuh terhadap bakteri penyebab penyakit gusi. Dan menurut American Pregnancy Association, gusi berdarah akan kembali normal setelah melahirkan.

Melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter dan mengubah cara menyikat menjadi benar bisa membantu mencegah masalah gusi menjadi semakin buruk. Dan apabila anda telah terlanjur mengalami masalah medis pada gusi, maka Anda memerlukan perawatan medis profesional untuk mengurangi komplikasi seperti preeklampsia dan juga kelahiran prematur.

4. Gingivitis

Saat plak  atau karang gigi menumpuk, yang menyebabkan bakteri berkumpul menggerogoti gigi sehat Anda, maka gusi bisa saja meradang dengan hebat dan kemudian berdarah. Dan inilah yang disebut dengan gingivitis. Kondisi ini biasanya tak menunjukkan gejala apapun, kecuali adanya noda darah, sehingga sering kali diacuhkan.

Apabila kondisi ini tidak segera diobati, maka dapat memicu infeksi yang lebih serius yang dikenal sebagai periodontitis, atau infeksi kronis yang ditandai dengan kehancuran jaringan gusi dan gusi goyah. Gingivitis dan periodontitis sendiri merupakan penyebab utama gigi mudah lepas pada orang dewasa. Untuk mengatasinya, selain memeriksakannya ke dokter juga sebaiknya Anda lebih cermat lagi dalam memelihara kesehatan dan juga mulut Anda secara keseluruhan.

5. Merokok

Perokok juga biasanya memiliki resiko lebih tinggi mengalami berbagai macam penyakit gusi, seperti halnya periodontitis. Asap yang dihirup nyatanya bisa meninggalkan plakracun pada permukaan gigi yang cukuop sulit dihilangkan. Bahkan zat-zat beracun tersebutpun bisa menyebabkan peradangan gusi menjadi semakin parah dan juga berdarah.

6. Menu makanan buka dan sahur yang tidak sehat

Mengonsumi makanan olahan bukan hanya membuat perut menjadi semakin membuncit, melainkan juga mengancam kesehatan mulut dan gigi Anda. Makanan olahan kemasan biasanya mengandung garam, lemak juga gula yang cukup tinggi. Terlalu banyak lemak jahat dalam tubuh bisa memicu resiko oksidasi dan juga peradangan dalam tubuh. Dan faktor tersebut  secara tidak langsung berperan terhadap peluang Anda mengalami gusi berdarah saat berpuasa.

7. Struktur gigi dan rahang yang tidak normal

Apabila Anda memiliki gigi yang tidak berderet rata, tumpang-tindih hingga kkondisi rahang yang tidak tepat (underbite/overbite) juga bisa meningkatkan resiko Anda mengalami gusi berdarah. Begitu juga dengan kebiasaan menggeretakkan gigi (bruxism). 

8. Kondisi lainnya

Penyebab lainnya yang bisa menyebabkan gusi sering berdarah ialah berasal dari penyeakit yang anda miliki saat ini. Diantaranya seperti diabetes, penyakit leukimia, hemifolia, idiopathic trhombocytopenia purpura (ITP), thrombocytopenia, sirosis higga anemia pernisiosa. Defisiensi vitamin K dan juga vitamin C bisa memicu Anda mengalami gusi berdarah saat berpuasa.

Nah, itulah berbagai penyebab gusi sering berdarah saat berpuasa. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru khususnya bagi kesehatan Anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Jum'at, 25 Mei 2018 15:55:40

Related Post :
Ibu Dan Anak
Pertolongan Pertama Saat Anak…

Pertolongan pertama saat mengalami…

Kewanitaan
Berbagai Penyebab Mood Buruk…

Inilah berbagai penyebab mood…

Tips
Cara Memanfaatkan Garam Dapur…

Umumnya garam dapur digunakan…

Kesehatan
Mengenal Microgreens Sayuran Kecil…

Microgeens merupakan sayuran yang…

Obat Kimia
Obat Untuk Mengatasi Penyakit…

Obat betahistine untuk mengatasi…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Pentingkah Membaca Fakta Nutrisi pada Kemasan Makanan?

Sebelum membeli makanan kemasan, alangkah…

Kesehatan
Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Kita Bersedekah

Menolong sesama atau bersedekah ternyata…

Kirim Pertanyaan
Top