Ciri-Ciri Keguguran Di Awal Kehamilan Yang Perlu Di Waspadai!

Share dan Tag Temanmu di :

Ciri-ciri keguguran khususnya pada awal kehamilan sebaiknya diketahui dan diwaspadai oleh ibu hamil. Dengan begitu, penanganan selanjutnya bisa segera dilakukan, untuk nencegah kondisi lebih buruk yang tidak diinginkan terjadi.


Keguguran merupakan suatu hal yang ditakuti oleh ibu hamil, khususnya mereka yang sangat mengharapkan kehadiran sang buah hati. Sebagian besar keguguran terjadi lantaran janin tidak berkembang secara normal. Namun, lantaran kelainan ini jarang terdeteksi, sehingga sering kali sulit untuk menentukan penyebabnya secara pasti. Untuk lebih lanjutnya silahkan baca Penyebab Keguguran.

Adapun tingkat kewaspadaan harus tinggi ialah pada saat hamil muda. Hal tersebut lantaran dari 80% kasus keguguran terjadi pada usia kandungan 1 bulan atau 4 minggu hingga dalam 3 bulan pertama kehamilan. Keguguran juga cenderung jarang terjadi setelah usia kehamilan 20 minggu, bahkan jika terjadi, sering kali disebut dengan keguguran terlambat. Lantaran yang dimaksud dengan keguguran atau abortus yakni hilangnya kehamilan secara spontan sebelum kehamilan itu berusia 20 minggu.

Tanda awal dan ciri-ciri keguguran yang perlu di waspadai oleh ibu hamil

Sebelum Anda pergi ke dokter untuk memastikan kehamilan Anda, maka sebabaiknya Anda cermati dan ketahui beberapa ciri atau tanda-tanda keguguran berikut ini, yang umumnya akan di tanyakan oleh dokter.

  • Adanya pendarahan dari jalan lahir

Salah satu gejala keguguran yang umum terjadi ialah pendarahan dari jalan lahir, mulai dari yang ringan (nge flek) hingga yang berat (pendarahan banyak). Kondisi ini biasanya berlangsung secara progresif yakni semakin lama semakin deras. Namun yang harus di garis bawahi adalah keluarnya bercak darah bukanlah tanda pasti dari keguguran. Karena tak sedikit pula para ibu hamil yang mengalami hal ini di awal kehamilannya (12 minggu pertama) dan ternyata itu hal yang normal.

  • Kram dan nyeri pada perut bagian bawah

Kram perut atau rasa sakit pada perut bagian bawah (daerah rahim) juga bisa jadi pertanda awal dari keguguran. Maka dari itu, jika Anda sering mengalami kondisi ini khususnya sejak awal kehamilan segera periksakan ke dokter, terlebih jika rasanya lebih sakir dari menstruasi dan juga disertai dengan pendarahan seperti atas.

  • Keluarnya cairan dari jalan lahir

Cairan yang dimaksud disini adalah gumpalan darah atau cairan yang tidak biasa. Jangan Anda mengira bahwa cairan itu adalah urin. Cairan tersebut merupakan gejala lain dari keguguran. Kadang berbau dan menyebabkan iritasi/rasa gatal.

  • Keluarnya jaringan dari jalan lahir

Kondisi ini juga bisanya di sertai dengan pendarahan atau cairan seperti yang telah disebutkan diatas. Maka dari itu, jika ada sesuatu yang keluar dari jalan lahir dan terlihat seperti jaringan janin, berwarna keabuan atau mengandung gumpalan darah, maka jangan dibuang begitu saja, namun simpan dalam wadah untuk diperlihatkan kepada dokter Anda.

  • Hilangnya gejala kehamilan

Tanda keguguran selanjutnya yang mungkin kurang diperhatikan ialah hilangnya gejala kehamilan yang sebelumnya dirasakan, seperti rasa sakit dan nyeri payudara. Hal ini terkait dengan hormon yang menjadi turun atau rendah. Maka dari itu, jika ibu hamil mengalaminya, dan juga disertai dengan gejala keguguran lainnya yang telah disebutkan diatas, maka bisa jadi itu merupakan tanda-tanda keguguran.

Apa yang biasanya dilakukan dokter untuk memastikan keguguran atau tidak?

Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan panggul dan juga tes ultrasound (USG) untuk memastikan keguguran. Jika keguguran telah terjadi dan rahim sudah bersih (kosong), maka tidak ada perawatan lebih lanjut yang diperlukan. Sedangkan apabila keguguran telah terjadi dan rahim tidak sepenuhnya kosong (masih ada sisa jaringan), maka biasanya perlu dilakukan tindakan dilatasi dan kuretase (kiret/kuret).

Jika ternyata tidak terjadi keguguran, namun ibu hamil masih mengeluhkan mengalami berbagai gejala keguguran, maka resepnya adalah istirahat (bed rest) selama beberapa hari, atau mungkin di rawat di rumah sakit semalam untuk obsevasi. Jika perlu, maka akan dilakukan pemeriksaan kadar hormon kehamilan (hCG) untuk memantau kemajuan.

Skian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar ciri-ciri keguguran di awal kehamilan yang perlu Anda waspadai. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi Anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Ibu Hamil Sabtu, 26 Mei 2018 09:57:21

Related Post :
Kesehatan
Menu Makanan Sahur Dan…

Menu makanan sahur dan…

Manfaat
Manfaat Konsumsi Sawi Hijau…

Informasi tentang sawi hijau,…

Kesehatan
Langkah Tepat Mengatasi Kecanduan…

Kecanduan alkohol bisa menimbulkan…

Tips
Cara Mendiagnosa Kanker Sarkoma…

Sarkoma ewing termasuk kanekr…

Kesehatan
Antibiotik untuk Infeksi Paru…

Penggunaan antibiotik untuk infeksi…

Tips
Cara Menanggulangi Polusi Udara…

Pada kenyataannya, polusi udara…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Mengenali Penyebab Keguguran pada Ibu Hamil

Keguguran sangat identik dan rentan…

Ibu Hamil
Cara Menghilangkan Varises Pada Ibu Hamil Secara Alami

Cara menghilangkan varises pada ibu…

Ibu Hamil
Diagnosis Dan Penanganan Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik harus segera mendapatkan…

Kirim Pertanyaan
Top