5 Pilihan Menu Takjil Untuk Buka Puasa Yang Sehat Dan Lezat!

Share dan Tag Temanmu di :

Menu takjil untuk buka puasa memang sangat beragam. Namun meski begitu, Anda harus tetap cermat memilih makanan tersebut. Terlebih bagi anda yang kini tengah memiliki riwayat penyakit maag ataupun masalah kesehatan lainnya.


Pada dasarnya, Anda boleh saja memenuhi rasa lapar dan dahaga Anda saat berbuka puasa pusa. Namun ingat, jangan berbuka secara berlebihan dengan mengonsumsi segala jenis makanan yang ada di hadapan Anda. Karena bahaya makan terlalu kenyang saat berbuka puasa juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Selain itu, pilihlah takjil atau makanan sehat untuk di konsumsi saat berbuka puasa.

Jika pada saat ini Anda selalu bingung untuk menentukan mana yang akan menjadikan takjil untuk buka puasa, sekarang sebaiknya tidak lagi. Karena pada kesempatan kali ini kami akan merekomendasikan beberapa menu takjil yang selain nikmat, nyatanya juga sehat dan baik untuk tubuh Anda. Apa saja? simak selengkapnya hanya dalam ulasan singkat berikut ini.

5 Pilihan menu takjil untuk buka puasa yang sehat dan lezat

Pada umumnya, makanan takjil terdiri dari berbagai macam makanan yang didominasi oleh rasa manis. Hal tersebut tak heran, memang apabila berbuka puasa sebaiknya berbuka dengan yang manis dapat menjadikan tubuh langsung mendapatkan energi baru dari asupan gula.

Namun, jangan asal pilih menu takjil saja ya, karena And juga harus memeprhatikan kandungan gizi yang terdapat didalamnya. Dan berikut adalah beberapa pilihan menu takjil sehat yang bisa Anda santap saat berbuka.

  • Kolak pisang tanpa santan

Tak ada kolak saat berbuka puasa mungkin tak lengkap rasanya. Bagi Anda yang tak suka dengan makanan bersantan, atau takut mengonsumi kolak akibat kandungan santannya, Anda masih bisa mengakalinya kok. Nah, santan pada campuran kolak bisa Anda ganti dengan susu. Susu yang pilih tentunya harus susu rendah lemak atau skim milk.

Lalu, bagaimana dengan gulanya? Anda bisa menggantinya dengan gula merah, yang mana pada dasarnya sama saja dengan gula putih dengan pemanis buatan yang rendah kalori. Pemanis buatan akan membuat kolak Anda masih terasa manis, namun tetap aman untuk kadar gula darah Anda.

  • Smoothies buah

Segelas smoothuies yang manis juga bisa menghilangkan dahaga Anda selama seketika. Ya, smoothies sendiri biasanya terbuat dari campuran yogurt atau susu dengan potongan buah segar ini juga tentunya sehat. Namun, apabila Anda menginginkan smoothies yang sehat, maka sebaiknya pilih susu maupun yogurt yang mengandung rendak lemak dan juga rendah gula.

Rasa manis juga bisa didapatkan dari potongan buah, sehingga Anda bisa menambahkan gula sedikit saja bahkan tidak perlu. Jadi, jangan khawatir rasanya tidak enak. Tak  perlu banyak, cukup dengan satu cangkir smoothies, Anda akan merasa kenyang dan rasa haus akibat puasapun hilang. Sehingga minuman penuh serat dan rendah kalori ini bisa kamu coba sebagai menu takjil puasa.

  • Lumpia buah basah

Nah, menu takjil yang satu ini seperti lumpia basah. Hanya saja isi lumpia diganti dengan buah-buahan. Lumpia basah ini juga bisa Anda isikan dengan berbagai jenis buah. Seperti halnya mangga, buah naga, buah kiwi, nanas, strawberry dan juga buah-buahan lainnya,

Apabila Anda ingin lebih praktis lagi dan tidak mau ada proses pemasakan, maka Anda bisa memilih jenis kulit lumpia yang bisa langsung dimakan. Namun, bisa juga Anda memasknya dengan cara di panggang, sehingga tidak perlu goreng menggoreng. Kemudian dia khir Anda bisa menambahkan saus lemon campur madu.

  • Puding buah

Ya, puding buah juga mungkin telah menjadi menu langganan saat berbuka puasa. Menu ini bisa jadi piliohan menu sehat apabila Anda memang menggunakan buah-buahan yang beragam serta sedikit gula. Selain itu, untuk mengurangi lemak, Anda juga bisa membuat fla atau saus puding dari susu yang rendah lemak.

  • Es buah

Menu takjil buka puasa yang satu ini juga selalu hampir hadir di waktu berbuka. Ya, es buah juga ternyata bisa berubah menjadi sehat, lho. Anda bisa menggunakan 1 jenis pemanis saja, Misal, apabila telah menggunakan sirup, maka tak usah lagi menambahkan gula ke dalamnya. Atau apabila anda ingin membuiat es buah yang sehat tapi segar, Anda bisa menggunakan campuran air, perasan lemon, dan juga mdu untuk kuahnya.

Sedangkan isinya, tentu pilih berbagai macam buah-buahan dengan aneka warna. Tak hanya membuat penampilan es buah telihat menjadi semakin menarik, namun Anda juga akan semakin banyak mendapatkan gizi yang berbeda-beda dari es buah tersebut.

Nah itulah sederet pilhan menu takjil untuk buka puasa yang sehat dan lezat. Semoga apa yang tlah kami sampaikan dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pilihan takjil berbuka puasa untuk Anda dan keluarga.

By Nida Saripah - Kesehatan Senin, 28 Mei 2018 10:20:28

Related Post :
Kesehatan
Ini Penyebab Cedera Saat…

Ketahui penyebab cedera saat…

Obat Kimia
Obat Pereda Gejala Asma…

Obat Pereda Gejala Asma…

Alami
Ramuan Tradisional Untuk Bantu…

Informasi tentang ramuan tradisional…

Ibu Hamil
Hernia Inguinalis Cenderung Terjadi…

Hernia inguinalis cenderung terjadi…

Ibu Hamil
Mengerikan ! Ini Bahaya…

Mengerikan ! Ini bahaya…

Kesehatan
Menyegarkan! Pilihan Minuman Sehat…

Saat puasa, tubuh rentan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Anda Mengidap Stroke? Hindari Makanan Ini

Tidak hanya minum obat saja,…

Kesehatan
Efek Samping Operasi Caesar Jangka Panjang

Selain efek samping jangka pendek,…

Kesehatan
Apakah Buta Warna Bisa Disembuhkan? Ini Jawabannya

Apakah Buta Warna Bisa Disembuhkan?…

Kirim Pertanyaan
Top