Waspada! Ini Gejala Bell's Palsy Secara Klinis Dan Penyebabnya!

Share dan Tag Temanmu di :

Gejala bell's palsy yang paling umum yakni terjadinya kelumpuhan yang terjadi pada salah satu sisi wajah. Namun selain itu, masih banyak gejala klinis lainnya yang sebaiknya juga di cermati. Adapun untuk mengetahui informasi selengkapnya lengkap dengan berbagai penyebabnya bisa Anda simak hanya dalam ulasan singkat berikut.


Apa itu bell's palsy?

Bell's palsy ialah masalah kesehatan yang ditandai dengan terjadinya kelumpuhan atau kelemahan pada salah satu sisi otot di wajah yang umumnya bersaifat sementara. Sehingga kondisi ini sering kali menyebabkan salah satu sisi dari wajah akan terlihat melorot.

Bahkan, saraf yang rusak pada bagian wajah juga akan berdampak pada indera perasa dan juga cara tubuh Anda menghasikan air mata dan juga ludah. Sehingga, jika anda mengalami kondisi ini sebaiknya segera mengobatinya untuk menghindari berbagai komplikasi bell's palsy yang semakin parah.

Penyebab bell's palsy

Hingga saat ini penyebab vell's palsy belum diketahui secara pasti. Nah, gangguan saraf inilah yang menghambat pasokan darah dan juga oksigen menuju ke sel-sel saraf, yang akibatnya terjhadi kelemahan atau kelumpuhan pada wajah. Adapun penyebab iritasi pada saraf ini juga belum diketahui secara jelas.

Namun virus herpes ini diduga kuat  dapat menjadi penyebab utama dari masalah ini. Terdapat dua jenis virus herpes yang diduga mampu menyebabkan iritasi pada saraf wajah, yakni virus herpes simpleks (HSV) dan juga virus varisela zoster. Selain virus herpes, infeksi virus lainnya juga bisa menyebabkan bell's palsy, antara lain:

  • Penyakit Lyme, yangh mana disebabkan oleh bakteri yang disebarkan oleh kutu.
  • Sifilis, atau penyakit yang disebabkan oleh virus Treponema pallidum.
  • Virus Epstein-Barr, atau virus yang menyebabkan demam kelenjar.
  • Cytomegalovirus. Virus ini masih termasuk dalam kelompok virus herves.

Namun yang pasti, kondisi ini kerap muncul secara tiba-tiba dan umumnya lebih terjadi pada wanita hamil, penderita diabetes dan juga HIV. Dan Andapun jangan khawatir, Belly palsy ini akan membaik dalam hitungan munggu. Meski begitu, Anda harus mewaspadai berbagai gejalanya, karena kondisi ini tetap harus mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Gejala bell's palsy secara klinis yang perlu di waspadai

Gejala yang muncul pada penyakit bell's palsy sering kali berkembang dengan cepat dan mencapai puncaknya dalam kurun waktu 2 hari. Gejala awal bell's palsy umumnya terjadi kelumpuhan pada salah satu sisi wajah. Sisi wajah yang terpengaruh juga akan terlihat melorot dan Anda tidak akan bisa menggerakannya. Ada juga akan kesulitan untuk memuka mata dan juga mulut.

Selain itu, masih terdapat banyak gejala lainnya pada kondisi ini. Bahkan gejala yang terjadi bisa berbeda-beda pada penderitanya. Dan berikut adalah gejala yang biasanya muncul pada bell's palsy:

  • Sakit telinga pada sisi wajah yang mengalami kelumpuhan
  • Telinga yang terpengaruh akan lebih sensitif terhadap suara
  • Terlinga anda pun akan berdenging pada salah satu mapun keduanya
  • Terjadinya penurunan atau perubahan pada indera perasa
  • Bagian mulut yang terpengaruh akan mudah berliur
  • Mulut terasa kering
  • Rasa sakit pada sekitar rahang
  • Sakit kepala dan juga pusing
  • Kesulitan untuk makan, minum dan juga berbicara

Pada umumnya berbagai gejala yang telah disebutkan diatas akan mulai membaik dalam waktu tiga hingga empat minggu dan akhirnya pulih sepenuhnya dalam kurun waktu sembilan hingga sepuluh bulan, jika penanganan yang dilakukan secara tepat.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar gejala bell's palsy secara secara klinis lengkap dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat, dan segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika Anda telah mengalami berbagai gejala yang telah disebutkan diatas. Salam sehat!

By Nida Saripah - Penyakit Selasa, 29 Mei 2018 09:57:36

Related Post :
Kesehatan
Jenis Terapi Kesuburan Yang…

Yuk memgenal jenis terapi…

Kesehatan
Mengetahui Perbedaan Osteoarthritis dan…

Meskipun memiliki kesamaan, ternyata…

Tips
Cara Sehat dan Aman…

Mengonsumsi daging kurban secara…

Kesehatan
Penyebab Dan Cara Menghilangkan…

Penyebab dan cara menghilangkan…

Alami
Obat Usus Turun Herbal…

Obat usus turun herbal…

Tips
Cara Cepat Berhenti Merokok…

Tidak sedikit para perokok…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Ciri-ciri Kanker Payudara Pada Wanita Yang Harus Diwaspadai

Ciri-ciri kanker payudara pada wanita…

Penyakit
Gejala Penyebab Ejakulasi Dini Pada Pria

Gejala penyebab ejakulasi dini yaitu…

Penyakit
Berbagai Penyebab Impetigo Dan Cara Mengatasinya

Berbagai penyebab impetigo krustosa dan…

Kirim Pertanyaan
Top