Ingin Ngabuburit Anda Bermanfaat? Lakukan Aktivitas Sehat Ini

Share dan Tag Temanmu di :

Ngabuburit merupakan aktivitas yang biasanya dilakukan saat bulan Ramadhan untuk menghabiskan waktu sore dan menunggu waktu berbuka puasa. Biasanya apa yang sering Anda lakukan saat ngabuburit ? Berkumpul bersama keluarga, pergi jalan-jalan, atau hanya sekedar menonton televisi di rumah ?

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menunggu waktu menjelang berbuka puasa ini. Selain beberapa aktivitas yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa mencoba aktivitas ngabuburit yang berbeda dan bisa memberikan manfaat yang menyehatkan. Apakah itu ?


Berikut ini merupakan beberapa aktivitas sehat saat ngaburit yang bermanfaat yang bisa Anda coba, diantaranya :

  • Olahraga

Sebagian orang  mungkin akan menghindari olahraga saat puasa, karena memerlukan energi yang cukup banyak dan bisa membuat tubuh terasa lemas. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencobanya. Anda bisa mengisi waktu menjelang puasa dengan berolahraga, seperti jalan kaki, joging, yoga atau jenis olahraga intensitas ringan lainnya.

Tapi, jika badan terasa sangat lemas pada waktu tersebut, Anda bisa baerolahraga setelah berbuka puasa. Jika Anda memutuskan untuk berolahraga setelah berbuka, sebaiknya beri jeda sekitar 1-2 jam setelah makan.

  • Spa

Menghabiskan waktu di spa memang bisa membuat Anda menjadi lebih relaks, nyaman, dan ketegangan otot berkurang. Terlebih lagi, jika ditambah dengan wangi aromaterapi yang menenangkan. Selain itu, pijatan atau refleksi saat berada di spa juga bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak dan nyaman. 

Menghabiskan waktu selama beberapa jam di spa memang bisa menjadi pilihan aktivitas ngabuburit yang bermanfaat di bulan puasa. 

  • Membaca

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di the Proceedings of the National Academy of Sciences, membaca buku dapat menurunkan risiko Alzheimer pada orang yang sudah lanjut usia. 

Selain membaca buku, pada bulan puasa Ramadhan ini, Anda bisa memperbanyak membaca kita suci Alquran. Sebuah studi yang dilakukan oleh Mazandaran University of Medical Sciences, Iran, dan dipublikasikan dalam Journal of Nursing Education and Practice menemukan bahwa membaca Alquran terbukti efektif membantu menurunkan tingkat stres, kecemasan, dan risiko depresi. Selain bisa menambah pahala, membaca Alquran juga bisa meningkatkan kesehatan mental. 

  • Berkebun

Berkebun juga bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas sehat yang bermanfaat dilakukan saat ngabuburit. Pasalnya, berkebun bisa menangkal stres dan membakar sejumlah kalori dalam tubuh. 

Salah satu aktivitas berkebun yang bisa Anda coba adalah memotong rumput halaman rumah. Memotong rumput selama 1 jam bisa membakar sebanyak 324 kalori dari dalam tubuh. 

  • Memasak makanan sehat

Saat waktu berbuka puasa tiba, Anda seringkali menyantap berbagai menu takjil, seperti kolak, es campur, gorengan, dan lainnya. Agar menu tersebut tersaji secara sehat dan higienis, maka cobalah untuk memasaknya sendiri di rumah.

Sebelum mengolah menu tersebut, Anda dianjurkan untuk mencuci tangan terelbih dahulu dengan sabun dan air mengalir. Pastikan peralatan masak yang Anda gunakan juga dalam kondisi yang bersih. 

Selain itu, pastikan Anda tidak menambahkan terlalu banyak gula ke dalam kolak atau es campur. begitu juga saat memproses gorengan. Hindari menggoreng dengan menggunakan minyak terlalu banyak. Jika perlu, Anda bisa mengganti penggunaan minyak goreng yang biasa digunakan dengan minyak zaitun.

  • Bersilaturrahmi

Bulan Ramadhan bisa menjadi waktu yang tepat untuk bersilaturahmi dengan anggota keluarga dan kerabat Anda. Bertemu dengan teman masa kecil sambil bercerita dan bersenda gurau bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas sehat saat ngabuburit yang bermanfaat. 

Hal tersebut disebabkan karena memiliki teman akrab dapat berdampak baik untuk kesehatan. Selain bisa mengusir kesepian dan depresi, memiliki teman atau kerabat yang akrab juga bisa meningkatkan kebahagiaan, mengatasii stres, dan meningkatkan rasa percaya diri. 

Itulah beberapa aktivitas sehat yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu ngabuburit Anda. Dengan demikian, selain bisa mengisi waktu menjelang puasa, Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang menyehatkan tubuh. 

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 29 Mei 2018 10:48:25

Related Post :
Obat Kimia
Gabapentin Obat Pengendali Gejala…

Gabapentin Obat Pengendali Gejala…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Petai…

Kandungan dan manfaat petai…

Tips
8 Cara Mudah Menjaga…

Cara menjaga kesehatan pencernaan…

Kesehatan
Manfaat Terapi Bekam Untuk…

Manfaat terapi bekam untuk…

Kesehatan
Menakjubkan ! Ternyata Ini…

Tidak hanya daging buahnya…

Kesehatan
Anda Penderita Maag? Hindari…

Berikut adalah berbagai menu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Waspadai Bahaya Buang Air Besar Tidak Lancar

Apakah anda sering mengalami susah…

Kesehatan
Begini Cara Kerja Pil PCC Rusak Susunan Saraf Otak

Penyalahgunaan pil PCC dapat menyebabkan…

Kesehatan
Waspadai Perilaku Ini untuk Cegah Terjadinya Bunuh Diri

Berkaca dari kasus Jonghyun SHINee,…

Kirim Pertanyaan
Top