Diagnosis Dan Terapi Pengobatan Bell's Palsy Secara Medis

Share dan Tag Temanmu di :

Pengobatan bell's palsy secara medis bisa dilakukan dengan berbagai cara. Untuk mengetahui informnsi selengkapnya terkait diagnosis dan cara mengobati kondisi ini, Anda bisa menyimak ulasan singkat berikut ini.


Bell's palsy ialah kelumpuhan saraf wajah yang disebabkan oleh peradangan peradangan dan pembengkakan pada saraf yang mengontrol otot pada salah satu sisi wajah. Kondisi ini tak jarang mengakibatkan terjadinya perubahan pada salah satu sisi wajah, yang mana  dapat menyebabkan perubahan bentuk pada salah satu sisi wajah akan terlihat 'melorot'.

Kondisi ini pada dasarnya sering kali datang secara tiba-tiba dan umumnya bersifat sementara. Namun meski begitu, beberapa orang mampu mengembangkan kondisi ini hingga seumur hidup. Maka dari itu, di perlukan pengobatan yang tepat dan cepat saat gejala bell's palsy mulai dialami oleh penderita, seperti halnya segera dibawa ke Rumah Sakit bagian IGD terdekat.

Mengenal diagnosis dan terapi pengobatan bell's palsy secara medis

Untuk memastikan diagnosis bell's palsy, dokter biasanya terlebih dahulu akan menanyakan riwayat gejala yang Anda alami. Selain itu, pemeriksaan secara fisik dan saraf juga akan dilakukan untuk mengetahui fungsi saraf wajah. Dan apabila gejala yang dialami tidak terlalu jelas, maka Anda mungkin akan disarankan untuk melakukan beberapa tes, seperti elektromiografi, MRI atau CT Scan.

Meski tanpa melakukan pengobatan khusus, biasanya kasusu Bell's palsy dapat kembali pulih sepenuhnya. Dan pengobatan yang dilakukan sendiri umumnya diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan dan juga mencegah munculnya komplikasi bell's palsy. Dan berikut adalah terapi pengobatan dan penanganan yang dapat dilakukan untuk mengatasi bell's palsy.

  • Predniosolone

Obat ini sangat disarankan bahkan disebut-sebut sebagai pengobatan penyakit bell's palsi yang paling efektif. Sebaiknya obat ini diberikan 72 jam sejak gejala wal muncul. Obat ini sendiri akan diresepkan selama 10 hari dan juga dikonsumsi dua kali sehari.

  • Antivirus

Hingga saat ini, peran obat-obatan antivirus masih menjadi perdebatan. Meski demikian, dokter mungkin akan meresepkan antivirus maupun antiviorus yang dikombinasikan dengan prednison pada pasien dengan kelemahan saraf wajah yang cukup parah.

  • Perawatan mata

Penderita Bell's Palsy juga akan mengalami kesulitan menutup mata. Hal ini bisa menyebabkan air mata menjadi menguap, sehingga mata menjadi lebih kering dan lebih rentan terkena infeksi. Air mata juga berperan penting untuk menjaga mata agar bebas dari kotoran dan juga bakteri. Untuk itu, dokter juga biasanya akan meresepkan obat mata untuk siang hari dan obat oles mata untuk digunakan pada malam hari.

  • Fisioterapi

Bberapa ahli fisioterapi akan mengajari anda beberapa latihan untuk memperkuat otot-otot wajah. Hal ini dialkukan untuk meningkatkan koordinasi dan juga jangkauan gerakan. Prosedur ini sangat membantu dalam kasus-kasus Bell's Palsy, meski sebenarnya semua orang tiodak sesuai dengan prosedur yang satu ini

  • Suntikan Botox

Jenis pengobatan ini buisanya dilakukan pada penderita Bell's palsuy kronis atau jangka panjang. Suntik botox juga bisa diberikan untuk mengobati wajah yang terpengaruh maupun tidak terpengaruh. Suntikan ini sendiri berfungsi untuk melemaskan otot wajah yang mengencang atau mengurangi gerakan otot yang tidak diinginkan.

  • Operasi platik

Pada beberapa kasus, dokter bedah akan membantu mengatasi kelmahan atau kelumpuhan pada wajah Anda. meski prosedur operasi tidak dapat mengembalikan fungsi saraf seperti semula, namun bisa melindungi mata dan memperbaiki penampilan wajah hingga meningkatkan fungsi wajah yang lemah.

  • Pengobatan lainnya

Teknik relaksasi dan akupuntur dikatakan bisa membantu mempercepat pemulihan dari kondisi Bell's palsy dan juga mengembalikan fungsi saraf wajah.

Nah, itulah diagnosis dan sederet terapi pengobatan bell's palsy secara medis. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat bagi Anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Penyakit Rabu, 30 Mei 2018 16:08:27

Related Post :
Tips
Tips Mudik Yang Aman…

Wajib tahu! ini tips…

Kesehatan
Mengejutkan ! Ternyata Sinusitis…

Pada beberapa kasus, sinusitis…

Obat Kimia
Manfaat Obat Sildenafil Untuk…

Manfaat obat sildenafil untuk…

Kesehatan
Waspada! Singkong Mentah Bisa…

Singkong merupakan salah satu…

Manfaat
Mengetahui Beragam Manfaat Daging…

Dibalik kelucuan dan kegemasannya,…

Kesehatan
Cara Mencegah Penyakit Bronkitis…

Berikut tips dan cara…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengenal Perbedaan Penyakit Liver Dengan Hepatitis

Penyakit liver dan hepatitis adalah…

Penyakit
Tanda dan Gejala Stroke Ringan Mati Sebelah

Tanda dan Gejala Stroke Ringan…

Penyakit
Ketahui Ciri-ciri Gejala Penyakit Kolera

Ketahui ciri-ciri gejala penyakit kolera…

Kirim Pertanyaan
Top