6 Penyebab Munculnya Mata Panda Dan Cara Mengatasinya!

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab munculnya mata panda pada pria maupun wanita bisa di sebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari kebiasaan buruk, pola hidup yang tidak sehat hingga penyakit tertentu. Adapun untuk informasi selengkapnya bisa Anda simak dalam ulasan singkat berikut ini.


Lingkaran gelap di bawah mata atau juga yang sering disebut dengan istilah mata panda, umumnya bisa membuat wajah menjadi terlihat kusam dan tampak tidak menarik. Sehingga tak jarang khususnya pada beberapa wanita, masalah mata panda ini sering mereka tutupi atau disamarkan dengan makeup seperti halnya foundation dan juga concealer.

Jika sekarang Anda ingin menghilangkannya, faktor pertama yang perlu anda perhatikan adalah dengan menghindari berbagai gejalanya. Lalu, apa saja penyebab mata panda?

6 penyebab munculnya mata panda dan caera mengatasinya

Berikut adalah berbagai penyebab mata panda lengkap dengan cara menghilangkannya yang mudah.

1. Keturunan

Salah satu penyebab utama dari timbulnya lingkaran hitam bawah mata ialah faktor keturunan atau genetik. Sehingga apabila orang tua maupun nenek-kakek Anda memiliki  mata panda, maka kemungkinan Anda mendapatkannya ialah dari keturunan.

Menurut Dr. Sonia Batra menjelaskan, bahwa kulit yang lebih gelap atau lebih berwarna seperti mereka yang berasal dari Mediterania atau Timur Tengah, dapat memiliki tingkat pigmen (melanin) lebih tinggi di bawah mata, yang mengakibatkan perubahan warna menjadi gelap.

Meski mata panda yang di sebabkan oleh keturunan bersifat permanen dan cenderung sulit dihilangkan, namun untuk menguranginya, Anda bisa memakai krim mata yang mengandung kafein dan menjalani gaya hidup sehat, seperti halnya tidur yang cukup.

2. Jam tidur yang berantakan

Jam tidur yang berantakan dan tidak sesuai juga umumnya dapat menyebabkan munculnya rea gelap pada mata. Namun, tidur terlalu lama juga bisa juga mengakibatkan munculnya mata panda lho. Bahkan. posisi tidur yang salah juga diketahui dapat menimbulkan mata panda, Seperti dengan posisi tengkurap, yang menekan bagian perut dan wajah.

Maka dari itu, jika mata panda yang Ada alami disebabkan akibat faktor yang satu ini, sebaiknya mulai sekarang atur jadwal tidur yang sessusai dan usahakan posisi tidur Anda tidak tengklurap.

3. Gaya hidup yang tidak sehat

Meski mata panda bisa ditutupi dengan menggunakan concealer akan tetapi memiliki mata asli tanpa lingkaran hitam di bawahnya tentu saja akan lebih baik. Maka dari itu, dibutuhkan gaya hidup sehat. Layaknya mengonsumsi air putih yang cukup, berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K hindari menghindari rokok dan tidur cukup minimal 7 jam dalam sehari.

4. Membersihkan wajah secra berlebihan

Tak banyak yang mengetahui, bahwasannya terlalu sering membersihkan wajah juga bisa memicu timbulnya mata panda. Terlebih, jika Anda menggosokan mata terlalu kencang untuk menghapus riasan mata. Gerakan kasar di area mata yang kulitnya cenderung tipis, sehingg dapat merusak pembuluh darah halus disekitar mata. Untuk itu, gunakan produk yang bisa menghapus make up secara total dalam sekali sapuan, sehingga Anda tidak perlu menggosoknya hingga beberapa kali.

5. Alergi

Masalah alergi yang timbul disekitar mata juga dapat menyebabkan mata menjadi lebih gelap. Seperti alergi pada serbuk bunga, rumput dan juga ketombe. Hal ini bisa menyumbat pembuluh darah disekitar mata juga enyebabkan warna kebiruan ataupun bengkak. Jika Anda Mengalami kondisi ini, maka anda bisa mengatasinya terlebih dahulu dengan menggunakan obat alergi yang dijual diapotik dengan menggunakan pelembab, Karena pelembab sendiri bisa menenangkan pembuluh yang bengkak.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi penyebab munculnya mata panda atau lingkaran hitam bawah mata. Diantaranya seperti kelelahan, stres, penuaan, terlalu sering mengucek mata, kekurangan kolagen, paparan sinar UV, penurunan berat badan yang drastis,  pigmentasi hingga penyakit tertentu layaknya atopic dermatitis dan lainnya.

By Nida Saripah - Kulit Kamis, 31 Mei 2018 10:42:49

Related Post :
Penyakit
Waspada! Ini Jenis-Jenis Penyakit…

Waspada! Inilah jenis-jenis penyakit…

Kesehatan
Kenali Penyebab Sistiserkosis Dan…

Tahukah anda apa itu…

Kesehatan
Menyenangkan ! Origami Bisa…

Tidak hanya menyenangkan, ternyata…

Manfaat
Mengenali Kebaikan Mengonsumsi Daging…

Dibalik kelucuannya ternyatamarmut memiliki…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Randu…

Khasiat manfaat daun randu…

Kesehatan
Mengenal Gejala Paronikia Serta…

Tahu anda apa itu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Kulit
5 Langkah Sederhana Untuk Mencegah Kulit Kering Saat Puasa

Terdapat 10 langkah sederhana yang…

Kulit
Kulit
Kirim Pertanyaan
Top