Waspada! Kerusakan Mata Ini Disebabkan Oleh Diabetes Mellitus

Share dan Tag Temanmu di :

Diabetes mellitus atau disebut juga diabetes merupakan penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang jauh di atas normal. Glukosa adalah karbohidrat alamiah yang digunakan tubuh sebagai sumber energi. Glukosa digunakan oleh sel-sel untuk pembuatan energi. Glukosa yang berlebih disimpan dalam sel-sel sebagai glikogen. Ketika kadar gula darah mencapai tingkat rendah tertenu, maka sel-sel memecah glikogen menjadi glukosa untuk menciptakan energi. 

Seluruh sel dalam tubuh manusia memerlukan glukosa agar dapat bekerja dengan normal. Kadar zat gula dalam darah biasanya dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung. 

Namun, organ pankreas yang dimiliki penderita diabetes tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi. 


Jika penyakit diabetes terus dibiarkan tanpa pengobatan, maka bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Salah satu komplikasi yang sering terjadi akibat penyakit diabetes mellitus ini yaitu kerusakan mata permanen. Maka dari itu, penderita diabetes mellitus sangat disarankan untuk mengunjungi dokter mata secara teratur.

Dan berikut ini merupakan beberapa kerusakan mata yang disebabkan oleh diabetes mellitus yang perlu diketahui dan diwaspadai, diantaranya :

  • Glaukoma

Glaukoma merupakan kelainan mata yang terjadi akibat meningkatnya tekanan di dalam bola mata (tekanan intraokuler). Tekanan tersebut kemudian menimbulkan kerusakan saraf dan pembuluh darah pada bagian mata dan dapat membuat penglihatan kabur, atau bahkan hilang sama sekali. 

Sebuah fakta menyebutkan, jika penderita diabetes lebih rentan mengalami glaukoma dibandingkan dengan orang lain pada umumnya. Terjadinya glaukoma pada penderita diabetes ini berhubungan dengan retinopati. Adanya retinopati menyebabkan aliran darah terganggu, sehingga menyebabkan tersumbatnya aliran cairan di dalma mata (aques humor). Penyumbatan tersebut akan terus bertambah dan terakumulasi, sehingga glaukoma tak bisa dihindari lagi. 

Glaukoma yang dialami oleh penderita diabetes mellitus bisa diatasi dengan pemberian obat tetes mata golongan penyekat beta, analog prostagladin, dan diuretik. Namun jika tidak bisa diatasi, terkadang tindakan operasi juga diperlukan. Penanganan glaukoma harus dilakukan dengan cepat. Karena jika terlambat, maka akan menimbulkan kerusakan saraf mata secara permanen. 

  • Retinopati diabetik

Ini merupakan kerusakan mata yang paling sering dialami oleh penderita diabetes mellitus. Diperkirakan 1 dari 10 penderita diabetes mengalami kondisi yang tidak bisa disembuhkan ini. 

Pada retinopati diabetik, bagian mata yang berfungsi meneruskan cahaya ke sel saraf (retina) mengalami kelainan, yaitu berupa timbulnya bercak-bercak perdarahan. Hal ini terjadi karena pembuluh darah organ tersebut menipis dan rapuh. Akibat dari peristiwa tersebut, kemampuan mata untuk melihat secara perlahan akan menurun. 

Jika sudah masuk ke tahap lanjut, maka pembuluh darah baru di retina akan terbentuk. Ini semakin menghalangi retina menangkat cahaya untuk diteruskan ke saraf di otak. Akibatnya, kemampuan mata untuk melihat akan semakin menurun. 

  • Katarak

Penyakit diabetes mellitus yang tidak ditangani dengan tepat juga bisa menyebabkan penyakit mata seperti katarak. Jika sudah begitu, maka lensa mata pasti menjadi buram atau keruh dan penglihatan tampak kabur, keruh, serta berawan. 

Mengapa penderita diabetes mellitus rentan mengalami katarak ? Hal ini disebabkan karena kondisi gula darah yang tinggi mengakibatkan lensa menyerap lebih banyak gula. Lensa yang kaya akan gula cenderung lebih cembung dan memiliki lebih banyak reaksi enzim ataupun protein. Penumpukan enzim sorbitol dan protein di lensa menyebabkan terjadinya kekeruhan. 

Jika katarak sudah terjadi, maka perlu dilakukan operasi oleh dokter spesialis mata. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyedot lensa yang keruh dan menggantinya dengan lensa buatan dari plastik atau akrilik (fakoemulsifikasi).

  • Edema makula

Makula adalah pusat retina yang paling sensitif menangkap cahaya. Edema makula merupakan komplikasi dari retinopati diabetik. Kondisi ini ditandai dengan adanya penumpukan cairan di sekitar makula. Kondisi tersebut akan memperburuk penglihatan orang yang mengalaminya. 

Edema makula yang timbul akibat penyakti diabetes mellitus biasanya dapat ditangani dengan tindakan fotokoagulasi atau dengan menyuntikkan obat ke dalam mata. Obat yang biasa digunakan adalah anti-VEGF (vascular endothelial growth factor).

By Sri Maryati - Penyakit Kamis, 31 Mei 2018 13:34:29

Related Post :
Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Okra…

Beragam manfaat yang akan…

Kulit
Jangan Minder Lagi! Lakukan…

Jangan minder lagi! lakukan…

Kesehatan
Waspadai Resiko Kesehatan Akibat…

Memiliki berat badan yang…

Penyakit
Ciri-ciri Kanker Payudara Pada…

Ciri-ciri kanker payudara pada…

Manfaat
Khasiat Temu Ireng Yang…

Inilah berbagai manfaat dan…

Penyakit
Waspada! Ini Penyebab Dan…

Waspada! ini penyebab dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mewaspadai Penyebab dan Gejala Kista Rahang

Mengetahui penyebab dan gejala kista…

Penyakit
Komplikasi Konjungtivitis yang Harus Diwaspadai

Pada kasus konjungtivitis alergi yang…

Penyakit
Kenali Penyebab Milia Dan Jenisnya

Kenali penyebab dan jenis milia…

Kirim Pertanyaan
Top