Waspada! Mata Panda Ternyata Bisa Jadi Tanda Adanya Penyakit

Share dan Tag Temanmu di :

Mata panda tanda penyakit nyatanya tidak di benarkan untuk dianggap enteng. Hal tersebut lantaran penyakit yang ditandai dengan munculnya mata panda ini bukan tergolong penyakit yang ringan. Maka dari itu, untuk mengetahui lebih terkait tanda penyakit apa dibalik mata panda, sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut.


Tak sedikit masyarakat mungkin termasuk anda sendiri menganggap bahwasannya penyebab timbulnya mata panda atau lingkaran hitam yang terlihat pada mata Anda disebabkan oleh kurang tidur, kelelahan da menatap layar komputer terlalu lama. Padahal hal ini juga bisa menjadi gejala adanya penyakit tertentu didalam tubuh Anda.

Para ahli dan berbagai penelitian juga menemukan  bahwasannya lingkaran hitam disekitar mata ini merupakan gejala penyakit seperti berikut ini:

1. pertanda penyakit anemia

Kekurangan zat besi diketahui menjadi salah satu penyebab paling umum dari munculnya lingkaran hitam. Kadar zat besi yang rendah juga dlam tubuh merupakan penyebab paling umum dari anemia. Maka dari itu, sebaiknya anda melakukan diet yang seimbang, yang kaya akan sayuran hijau, poduk susu dan semua jenis buah-buahan untuk menjaga tubuh anda tetap sehat.

2. Pertanda dehidrasi

Selain anemia, dehidrasi juga merupakan masalah kesehatan yang tak tak jarang menyebabkan lingkaran dibawah mata. Pada saat tubuh tidak memiliki asupan air yang tepat, maka gejala akan terlihat didaerah tertentu termasuk disekitar mnata. Maka dari itu, disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 8-10 gelas air dan termasuk buah segar setiap haro.

Selain dari pada itu, Anda juga dianjurkan untuk membatasi asupan minuman berkafein seperti halnya teh, kopi, alkohol dan juga minuman berkafein lainnya, lantaran jenis minuman ini akan memperparah dehidrasi yang Anda alami.

3. Gejala danya penyakit hati

Lingkaran hitam dibawah mata juga menunjukkan disfungsi hati lantaran berbagai penyakit hati. Salah satu diantaranya ialah penyakit hepatitis.

4. Kekurangan gizi

Masalah kesehatan lainnya yang juga bisa menyebabkan lingkaran gelap disekitar nata ialah akibat gizi buruk. Diet sehat dan bergizi dengan mengonsumsi vitamin seperti A, C, K, E dan juga nutrisi lainnya dapat membantu Anda untuk menyingkirkan lingkaran hitam.

5. Alergi

Setiap kondisi yang menyebabkan mata gatal juga dapat menjadi pencetuh warna gelap di sekitar mata. Hal ini sendiri dipengaruhi oleh tindakan menggosok atau menggaruk kulit di mata secara berlebihan. Selain itu, beberapa alegi makanan juga dapat menyebabkan hal yang sama. Bahkan lingkaran hitam pada anak-anak sering menunujukkan akibat masalah alergi.

Dikutip daripada salah satu majalah kesehatan ternama, seorang dokter mata Moolchand mencoba menjabarkan hubungan diantara berbagai masalah kesehatan tersebut dengan terjadinya mata panda.

Menurutnya, setiap manusia memiliki pembuluh darah kecil yang berada di bawah kulit sekitar mata. Pembuluh darah ini sendiri sangat halus sehingga sel-sel darah merah mengantri untuk melewatinya. Akan tetapi, dalam prosesnya sel darah merah justru merembes ke daerah sekitarnya.

Dan untuk mengatasi hal ini, tubuh memproduksi enzim untuk membersihkan darah yang berada pada tempat yang bukan semestinya. Dan penguraian oleh enzim inilah yang meninggalkan bekas hitam dan biru pada kulit. Adapun alasan mengapa hal ini begitu terlihat tak lain dikarenakan kulit disekitar mata adalah kulit paling tipis diantara permukaan kulit tubuh lainnya.

Nah, itulah penjelasan terkait mata panda tanda penyakit yang perlu anda waspadai. Untuk cara menghilangkan mata panda tersebut bisa dilakukan tergantung masalah kesehatan yang dialami. Bila perlu, segera kunjungi dokter apabila masalah kesehatan tersebut kian memburuk. Salam sehat!

By Nida Saripah - Penyakit Sabtu, 02 Juni 2018 09:43:57

Related Post :
Kesehatan
Makanan Yang Harus Dihindari…

Makanan yang harus dihindari…

Penyakit
9 Faktor Penyebab Angin…

Mengetahui faktor penyebab angin…

Kesehatan
Cara Tingkatkan Metabolisme Tubuh…

Bagi Anda yang merasa…

Ibu Hamil
Waspadai Bahaya Tidur Di…

Waspadai bahaya tidur di…

Alami
Obat Infeksi Paru Tradisional…

Rekomendasi obat infeksi paru…

Kesehatan
Hati-Hati Stres Dapat Memicu…

Faktor psikologis seperti timbulnya…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Metode Histerektomi Untuk Mengatasi Kanker Rahim

Metode operasi histerektomi untuk mengatasi…

Penyakit
Jenis-Jenis Penyakit Autoimun Yang Menyerang Tubuh Manusia

Jenis-Jenis Penyakit Autoimun Yang Menyerang…

Penyakit
Gejala Penyebab dan Ciri-ciri Keloid Yang Mudah Diketahui

Gejala penyebab dan ciri-ciri keloid…

Kirim Pertanyaan
Top