Cilostazol Obat Untuk Mengatasi Kram Pada Kaki

Cilostazol, obat untuk mengatasi kram pada kaki.

Kram biasa terjadi pada beberapa bagian tubuh tertentu. Salah satunya pada kaki bagian bawah yang biasanya disebabkan karena sirkulasi yang buruk. Kondisi tersebut dikenal juga dengan nama klaudikasi intermiten. Cilostazol adalah sebuah obat vasolidator untuk mengatasi kram pada kaki. Cara kerja cilostazol adalah dengan mencegah pembekuan darah dan melebarkan pembuluh darah pada area kaki yang terkena nyeri. Dengan demikian, pembuluh darah akan menjad irileks dan aliran darah pun meningkat.


Manfaat yang bisa didapat dengan mengonsumsi cilostazol adalah membuat nyeri pada kaki hilang. Dengan demikian, jarak yang bisa ditempuh pasien klaudikasi intermiten dengan berjalan kaki bisa meningkat dibandingkan saat pasien masih mengalami nyeri. Cilostazol hanya bisa digunakan dengan resep dokter spesialis. Perlu Anda ketahui, obat ini umumnya dijadikan pilihan kedua jika obat-obatan lain yang digunakan sebelumnya gagal dalam mengobati klaudikasi intermiten.

Obat yang hanya bisa dikonsumsi orang dewasa ini berbentuk tablet. Perempuan hamil dan perempuan yang  sedang menyusui tidak boleh mengonsumsi cilostazol. Begitu juga anak-anak karena obat ini hanya diperuntukkan bagi orang dewasa. Hati-hati jika obat ini dikonsumsi oleh orang yang menderita hipertensi, gangguan ginjal, gangguan jantung, gangguan hati, serta sedang menderita kondisi yang bisa menyebabkan pendarahan seperti tukak lambung.

Tidak dianjurkan mengonsumsi obat untuk mengatasi kram pada kaki ini dengan obat-obatan lain termasuk obat herbal tanpa izin dokter. Karena bisa menyebabkan efek samping berbahaya. Dosis cilostazol secara umum adalah 100 miligram sebanyak dua kali sehari. Obat ini sebaiknya dikonsumsi setengah jam sebelum makan serta dua jam setelah makan. Ikuti anjuran dokter serta baca informasi pada kemasan cilostazol sebelum mengonsumsinya.

Saat mengonsumsi obat ini, langsung telan tablet bisa menggunakan air minum. Tidak boleh mengunyahnya terlebih dahulu. Beri jarak yang cukup antar dosis. Sebaiknya konsumsi cilostazol di jam yang sama setiap hari agar tidak lupa serta agar efeknya maksimal. Pasien yang lupa mengonsum sicilostazol tidak disarankan untuk menggandakan dosis untuk mengganti yang terlewat.

Agar klaudikasi intermiten segera sembuh, sebaiknya pengobatan didukung dengan gaya hidup sehat diantaranya adalah dengan berolahraga secara teratur agar sirkulasi darah meningkat dan menghentikan kebiasaan merokok karena bisa mempersempit pembuluh darah. Jika tinggal di daerah non tropis, jaga agar suhu tubuh selalu hangat dengan menggunakan sarungt angan, baju hangat, serta kaos kaki. Udara yang dingin bisa mengurangi suplai darah ke kulit.

Kenali efek samping cilostazol seperti sakit kepala, diare, pusing, gangguan pencernaan, sakit perut, perut kembung, mual, badan terasa lelah, serta nafsu makan menurun.

By Nida Saripah - Obat Kimia Senin, 29 Agustus 2016 13:24:48

Cilostazol Obat Untuk Mengatasi Kram Pada Kaki
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Cilostazol obat untuk mengatasi kram pada kaki ini hanya dapat di konsumsi oleh dewasa. Dosis yang di berikan harus sesuai anjuran dokter. Kenali beberapa efek samping yang di timbulkan seperti diare, pusing, gangguan pencernaan, dan lainnya
Obat Kimia - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • obat infeksi sulfadiazine

    0 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…

  • Dosis Obat Terbinafine Untuk Mengatasi Infeksi Kurap Di Kaki

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Pagi min, mau nanya nih kalau dosis terbinafine untuk infeksi kurap di kaki yang benar berapa ya? tolong jawab min.


Obat Kimia
Obat Timolol Tetes Mata Untuk Penderita Glaukoma

Tergolong beta blockers dalam bentuk…

Obat Kimia
Obat Migrain Generik Paling Ampuh Yang Dijual Di Apotik

Obat migrain generik paling ampuh…

Obat Kimia
Tambah Pertanyaan
Top