Mengetahui Manfaat Teh Cengkeh untuk Penderita Diabetes

Share dan Tag Temanmu di :

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan cengkeh, dimana ini merupakan salah satu rempah-rempah yang cukup banyak tersedia di Indonesia. Cengkeh umumnya digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu, dalam dunia industri, cengkeh juga banyak digunakan sebagai bahan tambahan dalam produk pasta gigi, kosmetik, sabun, atau bahkan rokok. 

Dibalik ukurannya yang kecil tersebut, cengkeh ini menyimpan banyak nutrisi, seperti vitamin dan mineral, seperti diantaranya yodium, kalsium, fosfor, dan besi. Dengan begitu, maka cengkeh bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Salah satu manfaat cengkeh bagi keshatan yang bisa kita dapatkan yaitu bisa dijadikan sebagai obat anti nyeri saat sakit gigi atau pencabutan gigi, menyembuhkan sakit tenggorokan, hingga melawan flu. Selain itu, ternyata ada manfaat lain yang tersembunyi didalam cengkeh.  


Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association Circulation menyebutkan jika kandungan alami yang ada dalam cengkeh ternyata akan sangat baik dalam menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya tetap dalam kondisi yang normal. Hal ini berarti, cengkeh akan sangat baik bagi penderita diabetes. 

Mengonsumsi cengkeh secara langsung atau menyeduh teh cengkeh membuat kandungan cengkeh bekerja di dalam tubuh dengan cara menginduksi aktivitas insulin. Cengkeh berperan sebagai insulin dan membantu resistensi atau pelepasan insulin lebih banyak sehingga dapat menjaga kadar gula darah, terutama bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes. 

Untuk mendapatkan manfaat teh cengkeh untuk penderita diabetes ini, caranya cukup mudah. Kita bisa menyeduh 5-6 buah cengkeh. Minum selagi hangat 1 kali setiap hari. Rempah kering ini juga bisa dikonsumsi secara berkala untuk membantu menghilangkan bau nafas tidak sedap dan masalah perut lainnya. 

Namun, perlu diingat, jangan terlalu banyak mengonsumsi cengkeh dengan cara dikonsumsi langsung, terlebih lagi jika Anda memiliki riwayat penyakit lambung. Hal ini disebabkan karena bunga cengkeh mengandung eugenol yang tinggi sehingga cukup keras untuk lambung. Untuk menetralisir dan menghindari terjadinya efek samping, Anda bisa mengonsumsi 5-6 buah cengkeh saja dan diikuti dengan minum air putih secara cukup. 

By Sri Maryati - Manfaat Senin, 04 Juni 2018 10:32:00

Related Post :
Tips
Begini Cara Membuat Ramuan…

Berikut adalah cara membuat…

Penyakit
Waspadai Sakit Maag Penyebab…

Jika terus dibiarkan dan…

Daun
Kegunaan Dan Manfaat Daun…

Kegunaan dan manfaat daun…

Ibu Dan Anak
7 Kebiasaan Sehat Agar…

7 Kebiasaan sehat ini…

Kesehatan
Pola Makan Sehat Bagi…

Penting untuk penderita diabetes…

Kesehatan
Awas! Jangan Membaca Sambil…

Jangan membaca sambil tiduran…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat Daun Sambung Nyawa Untuk Obat Segala Penyakit

Manfaat daun sambung nyawa untuk…

Manfaat
Mengenal Manfaat Gandasuli Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Tahukah anda apa manfaat gandasuli?…

Manfaat
Kirim Pertanyaan
Top