Waspada! Meski Tak Manis Ternyata Makanan Ini Tinggi Gula

Share dan Tag Temanmu di :

Untuk memberikan rasa manis, biasanya kita akan menambahkan gula ke dlaam makanan atau minuman. Namun, satu hal yang tidak disadari banyak orang, yaitu bahwa hampir semua makanan memiliki kandungan alami didalamnya dengan kadar manis yang berbeda-beda. Sehingga memasukkan gula ke dalam makanan atau minuman tertentu tentu akan menambah kandungan gula didalamnya. 

Batas asupan gula harian yang direkomendasikan oleh American Heart Association bagi wanita adalah 25 gram gula atau tidak lebih dari 6 sendok gula, sedangkan untuk pria adalah 38 gram atau tidak lebih dari 9 sendok gula. 


Menghindari manisan atau makanan dan minuman manis tidak cukup untuk mengurangi asupan kadar gula harian Anda. Karena, tanpa disadari, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang diam-diam mengandung gula tambahan. Hanya karena tidak terasa manis saat dimakan, belum tentu makanan dan minuman tersebut tidak mengandung gula sama sekali. Kenyataannya, ada banyak makanan yang tidak manis tetapi ternyata memiliki kandungan gula tinggi. 

Lalu, apa saja makanan tinggi gula yang tak manis tersebut ? Ketahui informasinya dibawah ini !

  • Sereal granola

Anda mungkin kaget mengetahui jika granola mengandung gula yang tinggi. Karena memang faktanya dalam 100 gram granola tekandung kalori sebesar 400 kkal atau setara dengan 6 atau lebih sendok teh gula. Sebenarnya, bahan utama yang ada didalam granola adalah gandum. Gandum biasa memang baik karena mengandung nutrisi seimbang seperti karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

Namun, gandum yang ada didalam granola sering kali sudah dimodifikasi dengan kacang-kacangan, madu, atau pemanis tambahan lainnya yang justru bisa meningkatkan jumlah kalori dan gula. Karena hal itulah granola seperti menjadi makanan tinggi gula. 

Jika granola adalah salah satu makanan favorit Anda, maka pilihlah yang mengandung sedikit gula. Anda juga bisa menambahkan granola sebagai topping dibandingkan dengan Anda menuangkan semua granola ke dalam mangkuk sarapan Anda. 

  • Yogurt rendah lemak

Yogurt sering kali dberikan label makanna sehat oleh banyak orang. Namun, ternyata hal ini sangat tergantung pada jenis yogurt yang Anda pilih. Faktanya, yogurt rendah lemak memiliki kandungan gula yang tidak sedikit. Gula ini ditambahkan untuk meningkatkan cita rasa yogurt itu sendiri. 

Satu cangkir yogurt rendah lemak mengandung gula sampai 47 gram atau setara dengan 12 sendok teh gula dan ini melebihi batas harian gula yang harus dikonsumsi. Jika Anda ingin mengonsumsi yogurt, pastikan Anda memilih greek yoghurt atau plain yoghurt agar tidak ditambahkan rasa buah. Hindari yogurt yang ditambahkan dengan toping manis.

  • Snack bar

Banyak jenis snack sehat yang berbentuk batangan mengklaim diri sebagai cemilan sehat dan rendah gula. Padahal, pada beberapa snack bar, kandungan gulanya bahkan bisa mencapai 30 gram, hampir sama dengan permen batangan. 

Bagiaman dengan snack bar yang berlabel rendah lemak atau reduced/low fat ? Sebagian besar label tidak mencerminkan isi. Bahkan, ada bar impor yang ditempeli info gizi dalam bahasa lokal namun keterangannya jauh berbeda dari info gizi asli. Jika Anda ingin membelis nack bar, pastikan kandungan gulanya di bawah 10 gram agar cemilan sehat ini tidak masuk ke dalam kategori makanan tinggi gula.

  • Saus tomat dan saus sambal

Perlu diketahui bahwa semua saus yang dijual di minimarket atau pasar dekat rumah Anda mengandung gula alami, terutama yang terbuat dari tomat. Belum lag gula tambahan yang dimasukkan ke dalam saus. Jadi, meskipun memiliki rasa yang pedas, saus tetap memiliki kandungan gula. 2 sendok saus setara dengan 16 gram gula. 

Cara terbaik jika Anda ingin menambahkan rasa pedas ke dalam makanan yaitu dengan membuat sambal sendiri. Namun, jika Anda harus membeli saus, periksalah terlebih dahulu daftar bahan yang ada di label kemasan. Pastikan tidak ada kandungan gula yang di luar batas aman. 

Bahkan, saus barbeque memiliki berat kandungan gula sebesar 40%. Kandungan gula yang ada di label kemasan saus biasanya bertuliskan sirup jagung. Jadi, saus bisa masuk ke dalam makanan tinggi gula. 

  • Sup kalengan

Sup kalengan yang dibuat dengan bahan dasar segar ini, biasanya menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan konsumsi sayuran tanpa banyak usaha. Sayuran dalam sup secara alami memang mengandung gula, tapi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan kandungan nutrisi lainnya. 

Namun, akan berbeda cerita jika Anda membeli sup kaleng. Kandungan gula yang ada didalamnya sering kali ditambahkan untuk keperluan komersil. Dalam satu kaleng sup terkandung gula sebanyak 15 gram. Jika Anda menemukan kandungan seperti sukrosa, sirup jagung, fruktosa tinggi, barley malt, dekstrosa, maltosa dan sirup lainnya. Itu berarti sup kaleng yang Anda pilih mengandung gula tinggi. 

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 05 Juni 2018 11:51:54

Related Post :
Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Mengenal tanda dan gejala,…

Kesehatan
Gejala Mata Lelah Serta…

Informasi tentang gejala mata…

Kesehatan
Mengetahui Fakta Mengenai Efek…

Banyak orang, khusunya perempuan…

Kesehatan
Vaksin Dan Langkah Pencegahan…

Vaksin dan langkah pencegahan…

Ibu Dan Anak
Tips Agar Bayi Tidak…

Waktu memandikan bayi merupakan…

Daun
Mengenal Manfaat Daun Sawo…

Berikut adalah khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Ini Ragam Makanan Berwarna Hitam Yang Bisa Dikonsumsi

Beragam makanan berwarna hitam dan…

Kesehatan
Terapi Pengobatan dan Penyembuhan Asam Urat Paling Efektif

Terapi pengobatan dan penyembuhan asam…

Kesehatan
Badan Lemas Setelah Nonton Piala Dunia? Konsumsi Makanan Ini!

Begadang akibat nonoton piala dunia…

Kirim Pertanyaan
Top