Kenali Gejala Katarak Pada Bayi Dan Penyebabnya Sekarang Juga!

Share dan Tag Temanmu di :

Gejala katarak pada bayi umumnya bisa diketahui secara khusus hanya dengan karakteristik mata mapun gerakan mata sang bayi. Adapun untuk mewaspadai kondisi yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda menyimak informasi berikut. Karena selain gejala, kami disini juga akan memaparkan informasi terkait penyebab dan perawatan katarak pada mata bayi secara tepat.


Mungkin tak sedikit yang menganggap, bahwasannya katarak hanya bisa diderita oleh orang dewasa saja. Namun ternyata, anggapan tersebut tidak tepat. Karena pasalnya, bayi juga nyatanya bisa mengalami katarak bawaan lahir atau yang disebut dengan katarak kongetional. Biasanya kondisi ini bisa terdeteksi pada usia 6-8 minggu.

Adapun katarak kongetional pada bayi bayi terjadi pada saat lensa mata terhalang oleh noda semacam kabut. Hal ini kemudian menghalangi cahaya yang akan masuk ke mata. Dan tak hanya mengganggu penglihatan, katarak juga bahkan bisa menyebabkan kebutaan. Kondisi ini bisa terjadi pada kedua mata maupun hanya pada salah satu mata saja.

Lalu, apa saja gejala katarak pada bayi?

Pada dasarnya, terdapat beberapa gejala katarak kongenital pada bayi yang dapat terdeteksi. Diantaranya seperti:

  • Adanya bintik putih atau abu-abu yang berbayang dan menghalangi bagian pupil mata
  • Gerakan mata yang tidak terkontrol atau dikenal dengan sebutan nistagmus.
  • Bola mata bergerak ke arah yang berbeda (juling)
  • Bayi umumnya seperti tidak sadar pada kondisi visual lingkungan sekitar, terutama apabila katarak terjadi pada kedua matanya.

Selain dari pada itu, ciri-ciri katarak pada bayi juga terkadang bisa terdeteksi saat melihat hasil fotonya. Umumnya pada saat terkena flash, foto kan memunculkan bintik merah (red eye) pada mata. Bahkan jika bayi mengalami katarak kongenital, maka bintik bisa terlihat berbeda antara kedua mata.

Mengenal penyebab dan perawatan katarak pada bayi

Meski  sejumlah alasan mengapa bayi mengalami katarak  kongenital telah ditemukan, namun pada sebagian kasus belum bisa diketahui secara pasti apa penyebabnya. Adapun berbagai kemungkinan penyebab dan faktor resiko katarak khususnya pada bayi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Genetik

Katarak kongenital bisa disebabkan oleh gen yang tidak sempurna, terutama yang dapat diteruskan dari orang tua kepada anak mereka. Sehingga pembentukan lensa menjadi tidak sempurna.  Diketahui 1 dari 5 kasus katarak memiliki riwayat katarak dari anggota keluarganya. Selain itu, katarak juga sering dikaitkan dengan kondisi kelainan kromosom seperti Sindrom Down.

  • Mengalami infeksi selama kehamilan

Masalah kesehatan pada mata ini juga sering dikaitkan dengan terjadinya infeksi yang mneyerang ibu hamil selama masa kehamilan. Dan infeksi yang paling utama terjadi dan beresiko menyebabkan katarak pada janin ialah termasuk campak jerman (rubella), toksoplasmosis cytomegalovirus (CMV), cacar air dan virus herpes simplek.

Selain dari pada itu, penyebab katarak pada bayi juga bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi maupun penyakit saat atau setelah ia melahirkan. Adapun penyebab lainnya bisa diakibatkan oleh diabetes, galaktosemia (kondisi ketika tubuh tidak dapat memceah galaktosa.

Sedangkan untuk mendiagnosa katarak kogenital pada bayi, biasanya dokter akan menyarankan pemeriksaan mata secara menyeluruh. Selain dari pada dokter mata, bayi juga ada baiknya di periksa oleh dokter anak untuk menilai kelainan bawaan yang dialami secara umum. 

Apabila katarak kongenital pada bayi masih tergolong ringan dan tidak mempengaruhi pengilihatan, maka ada kemungkinan tidak diperlukan penanganan secara khusus. Akan tetapi, pada katarak kongenital sedang hingga berat yang mengganggu penglihatan, umumnya memerlukan operasi katarak. Selain itu, pilihan lainnya adalah memakaikan bayi lensa buatan introcular (IOL) yng dimasukan ke dalam mata.

Mengobati katarak pada bayi sedini mungkin adalah langkah yang tepat untuk menyelamatkan penglihatannya dan memperbesar peluang kesembuhan. Jadi, jangan lupa meminta dokter untuk memeriksa mata si kecil setelah lahir ya!

By Nida Saripah - Penyakit Selasa, 05 Juni 2018 12:34:24

Related Post :
Kesehatan
3 Gerakan Sederhana untuk…

Bekerja di depan komputer…

Penyakit
Gangguan Mata Katarak pada…

Katarak merupakan salah satu…

penyakit tulang
Mengenal Skoliosis Serta Komplikasi…

Berikut adalah informasi tentang…

Kesehatan
Benarkah Daging Kambing Dapat…

Benarkah daging kambing dapat…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Tahapan-Tahapan Rehabilitasi Bagi Pecandu…

Tahapan-tahapan rehabilitasi bagi pecandu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Waspadai Wabah Penyakit Yang Timbul Pasca Banjir

Waspadai wabah penyakit yang timbul…

Penyakit
Mengenal Berbagai Gejala Hepatitis B

Mengenal ciri-ciri dan berbagai gejala…

Penyakit
Gejala Penyakit Gonore pada Pria yang Wajib Diketahui

Mengetahui gejala penyakit gonore pada…

Kirim Pertanyaan
Top