Cara mengatasi Katarak Pada Bayi Dan Anak Yang Perlu Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mengatasi katarak pada anak atau juga sering di sebut dengan katarak kongenital, sebaiknya perlu dilakukan sedini mungkin. Lantaran, sama seperti halnya pada katarak yang dialami oleh lansia, jenis katarak jenis ini juga memiliki resiko komplikasi terburuk seperti dapat menyebabkan kebutaan.


Adapun katarak pada bayi dan juga anak nyatanya bisa dideteksi sedini mungkin. Anda bisa memperhatikan bagian tengah mata bayi atau anak. Disana Anda bisa melihat warna abu-abu tau putih pada bagian pupil, yang mana bisa men jadi bagian dari gejala katarak. Kondisi lainnya yang bisa dikenali ialah kurangnya respon mata terhadap benda yang bergerak didepannya. Gerakan mata yang tidak wajar (nigtamus) juga bisa menjadi pertanda bahwa bayi atau anak mengalami katarak.

Faktor penyebab utama pada bayi ialah kelainan kongetial atau cacat bawaan dari lahir sejak berada didalam kandungan. Selain dari pada itu, katarak pada bayi dan anak juga bisa disebabkan oleh komplikasi penyakit mata. Mulai dari cidera mata, diabetes, terapi radiasi atau mengonsumsi obat kortikosteroid.

Cara mengatasi katarak pada bayi dan anak yang dianjurkan

Apabila Anda nampak gejala katarak pada sikecil, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penangan yang tepat. Dokter mata biasanya akan melakukan pemeriksaan mata secara menyeluruh, bahkan mungkin akan menyarankan tes darah atau rontgen dan CT scan kepala pada bayi atau anak Anda.

Setelah tes dilakukan, dan hasil tes menujukkan bahwa katarak yang diderita terbilang ringan dan juga tidak mempengaruhi penglihatan, maka kemungkinan operasi katarak tidak akan segera dilakukan. Namun apabila telah mempengaruhi penglihatan, maka operasi pengangkatan katarak sebalum bayi berusia 3 bulan sangat dianjurkan untuk menghindari gangguan penglihatan dalam jangka panjang.

Adapun setelah mel;akukan operasi, beberapa tindakan lanjutan yang direkomendasikan untuk memulihkan kondisi penglihatan mata bayi atau anak berupa:

  • Pemasangan lensa kotak

Penggunaan lensa kotal umumnya disarankan pada oprasi katarak yang dilakukan pada bayi atau anak berusia dibawah dua tahun. Sebab, kekuatan mata atau fokus mata pada usia ini terbilang cepat mengalami perubahan.

  • Pemasangan lensa intraokulat

Pemasangan atau penanaman lensa mata buatan juga bisa menjadi solusi terbaik untuk menggantikan peran lensa pada mata Anak.

  • Penggunaan kacamata

Pada kasus tertentu, dimana operasi katarak dilakukan pada kedua mata, yang mana umumnya disarankan untuk penggunaan kacamata. Begitu juga apabila penggunaan lensa kotak dan juga lensa intraokular tidak aktif. Tak jarang pula, penggunaan kacamata juga disarankan meski telah menggunakan lensa kotak ataupun lensa intraokular.

Meski pada dasarnya penyebab dari katarak pada bayi dan anak sulit untuk di cegah, namun penyebab katarak tertsebut tentunya masih bisa diminimalisir, seperti halnya infeksi pada ibu hamil. Untuk itu konsultasikan dengan dokter untuk vaksinasi yang diperlukan sebelum hamil guna mencegah infeksi pada kehamilan.

Dan yang tak kalah penting juga ialah segera periksa ke dokter mata apabila jika tampak gejala-gejala gangguan pada bayi dan anak. Sehingga semakin awal terdeteksi, maka cara mengatasi katarak pada bayi dan anak bisa lebih cepat dilakukan untuk menurunkan angka resiko timbulnya gangguan pada penglihatannya.

By Nida Saripah - Penyakit Rabu, 06 Juni 2018 09:01:09

Related Post :
Kesehatan
Lakukan Hal Berikut Bila…

Tidak ingin terkena artritis?…

Ibu Hamil
Ini Perbedaan Kontraksi Asli…

Penting untuk mengenali perbedaan…

Obat Kimia
Obat Pseudoephedrine Untuk Mengatasi…

Obat pseudeophedrine untuk mengatasi…

Kesehatan
Badan Meriang? Ini Penyebab…

Penyebab badan meriang beserta…

Penyakit
Hepatitis B dan Komplikasinya

Hepatitis B dan komplikasinya…

Tips
Anak Kecanduan Bermain Game?…

Bermain game merupakan salah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Kondisi Medis Hypoalbuminemia yang Perlu Diwaspadai

Hypoalbuminemia adalah tanda medis saat…

Penyakit
Mengenal Gejala dan Penyebab Lichen Planus

Mengenal gejala dan penyebab lichen…

Penyakit
Prosedur Diagnosis Penyakit Celiac Dan Pengobatannya

Prosedur diagnosis penyakit celiac dan…

Kirim Pertanyaan
Top