Anjuran Makanan Sehat Yang Baik Untuk Penderita Katarak

Share dan Tag Temanmu di :

Anjuran makanan sehat yang baik untuk penderita katarak berikut ada baiknya diketahui, khususnya pasca operasi katarak dilakukan. Ingin tahu, jenis makanan apa saja yang dianjurkan untuk penderita katarak? Selengkapnya ketahui hanya disini.


Katarak ialah salah satu penyakit mata yang cukup serius. Pasalnya, pada saat seseorang menderita penyakit mata yang satu ini, maka penglihatan penderita secara otomatis akan kabur. Selain dari pada itu, Anda juga akan sulit mengenali warna dan juga tidak dapat melihat dengan kontras. Hal ini tentunya akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Penyakit ini umumnya menyerang meraka yang telah lanjut usia. Meski begitu, katarak juga bisa menyerang anak-anak remaja bahkan bayi baru lahir sekalipun. Operasi adalah salah satu tindakan untuk menyembuhkan katarak. Namun pengobatan ini tak bisa mengembalikan penglihatannya seratus persen seperti semula, sehingga bisa menyebabkan penurunan kualitas hidup pada penderitanya.

Anjuran makanan sehat bagi penderita katarak

Setelah pada kesempatan sebelumnya kami menginformasikan terkait penyebab dan gejala katarak, pada kesempatan kali ini kami kembali akan menyampaikan informasi seputar kesehatan terkait makanan sehat untuk penderita katarak. Karena menurut beberapa penelitian, dengan mengonsumsi berbagai macam makanan tertentu  dikaitkan dengan resiko mata katarak.

Adapun berbagai makanan yang dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhan katarak diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ikan salmon

Menurut Dr. Joseph Marcola, penulis The No-Grain Diet menyebutkan, bahwasannya salmon kaya akan Astaxanthin yang dapat melindungi mata dari keruksakan akibat radikal beas dan juga membantu menghambat pembentukan katarak. Selain dari pada itu, salmon juga diketahui mengandung DHA dalam jumlah yang banyak. Bhkan sebuah studi menemukan bahwasannya wanita yng mengonsumsi ikan ini tiga kali dalam seminggu, maka dapat mengurangi resiko katarak.

2. Bayam

Sayuran berwarna hijau ini nyatanya sangat baik untuk kesehatan mata, lantaran kandungan luteinnya yang cukup tinggi. Suatu senyawa karotenoid yang ditemukan didalam buah-buahan dan juga sayur berwarna warni dapat melindungi sel dari keruksakan.

Hasil percobaan pada sel lensa manusia menunjukkan bahwasannya lutein dan zeaxanthin, yang ditemukan dalam tanaman seperti kangjung, bayam dan collard hijau dapat mmbantu melindungi sel dari paparan sinar ultraviolet yang menjadi salah satu penyebab dari katarak.

3. Alpukat

Buah yang satu ini ini juga dikenal sebagai salah satu jenis buah yang kaya akan nutrisi. Sehingga tak heran apabila alpukat dikenal berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Adapun berbagai nutrisi penting untuk mata yang terkandung didalam alpukat diantaranya adalah beta-karotin, vitamin C, vitamin B6, serta vitamin E.

4. Tepung gandum

Bahan makanan yang satu ini mengandung banyak sekali asam amino essensial juga vitamin E. Nutrisi yang terkandung dalam tepung gandum ini dipercaya mampu mengurangi degenerasi membran okular. Selain dari pada itu, tepung gandum juga bisa mengurangi hilangnya protein pada lensa, sekaligus dapat menghentikan efek negatif dari racun dan sinar matahari.

5. Telur

Tak hanya memiliki rasa yang lezat, telur juga memiliki kandugan lutein dan zeaxanthin yang cukup tinggi. Kedua nutrisi tersebut dipercaya dapat melindungi mata terhadap degenerasi yang terjadi pada penuaan sel.

Selain dari pada itu, masih banyk lagi berbagai jenis makanan lainnya yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita katarak beberapa diantaranya adalah minyak zaitun, tomat, wortel, jeruk, teh hijau, kedelai makanan atau minuman yang mengandung vitamin E, beta karoten, vitamin C dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar anjuran makanan sehat untuk penderita katarak. Semoga bermanfaat, khususnya bagi Anda yang kini tengah menderita katarak. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Kamis, 07 Juni 2018 11:09:00

Related Post :
Alami
Obat Sirosis Hati Terbaik…

Daftar obat sirosis hati…

Kesehatan
Apa Benar saat Pilek…

Ada yang menyebutkan bahwa…

Penyakit
Jenis Penyakit Kulit yang…

Jenis penyakit kulit yang…

Kesehatan
Ini yang Terjadi pada…

Menolong sesama atau bersedekah…

Kesehatan
Ingin Miliki Tubuh Langsing…

Bagi Anda yang ingin…

Alami
Manfaat Luar Biasa Dari…

Manfaat luar biasa jeruk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    0 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kenali Penyebab Penyakit Gondok Dan Gejalanya

Meskipun penyebab penyakit gondok belum…

Kesehatan
Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top