Obat Cimetidine untuk Mengatasi Asam Lambung Berlebih

Share dan Tag Temanmu di :

Cimetidine adalah sebuah obat yang biasa dipakai untuk mengatasi berbagai kondisi karena produksi asam lambung berlebih. Asam yang diproduksi oleh sel-sel dalam lapisan lambung secara alami ini sangat penting untuk proses pencernaan. Tetapi, jika jumlahnya berlebihan, maka dampaknya buruk untuk kesehatan.


Kondisi yang biasa ditangani menggunakan cimetidine diantaranya adalah tukak usus halus, tukak lambung, gangguan pencernaan, sakit maag, serta refluks asam. Obat ini tergolong histamine H2-receptor antagonist yang bisa mengobati iritasi pada lambung yang disebabkan penggunaan obat antiinflamasi non steroid atau OAINS. Obat cimetidine untuk mengatasi asam lambung berlebih berbentuk cairan yang diminum dan tablet ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak maupun dewasa.

Untuk perempuan yang sedang hamil serta menyusui, dosisnya harus sesuai dengan anjuran dokter. Tanyakan dosis cimetidine untuk anak-anak. Harap hati-hati jika menderita gangguan hati dan ginjal. Waspadai jika mengalami penurunan berat badan dan mual. Jika mengalami alergi ataupun overdosis cimetidine, segera hubungi dokter.

Dosis obat cimetidine untuk mengatasi asam lambung berlebih untuk orang dewasa, frekuensi dan takarannya akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien, tingkat keparahan penyakit, serta respon tubuh terhadap obat.

  • Untuk tukak lambung, dosis 400 miligram dua kali dalam sehari.
  • Untuk tukak usus halus atau duodenum, dosisnya 800 miligram sekali minum sebelum tidur di malam hari. Jika belum menunjukkan tanda-tanda keefektifan obat, konsumsi 200 miligram tiga kali mulai dari pagi sampai sore dan 400 miligram sekali sebelum tidur di malam hari. Jika masih belum efektif, konsumsi 400 miligram empat kali sehari.
  • Untuk refluks asam, dosisnya 400 miligram empat kali dalam sehari.
  • Untuk gangguan pencernaan, dosisnya 200 miligram empat kali dalam sehari.
  • Untuk pasien anak-anak, dosisnya akan disesuaikan dokter dengan berat badan.

Konsumsi cimetidine dengan benar dengan mengikuti anjuran dokter serta membaca informasi yang terdapat pada kemasan sebelum mengonsumsinya. Cimetidine bisa dikonsumsi baik sebelum maupun setelah makan. Telan tablet dengan dibantu air minum. Beri jarak waktu yang cukup antar dosis. Upayakan untuk mengonsumsi cimetidine di jam yang sama setiap hari agar efeknya maksimal.

Pasien yang lupa mengonsumsi cimetidine, segera meminumnya begitu ingat jika jadwal dosis selanjutnya tidak begitu dekat. Jika gejala belum membaik usai beberapa hari mengonsumsi cimetidine, konsultasikan dengan dokter yang meresepkannya. Hindari makanan dan minuman yang bisa memperburuk gejala asam lambung seperti kopi, alkohol, tomat, cokelat, dan peppermint.

Cimetidine berpotensi menyebabkan bahaya dan efek samping seperti lelah, pusing, nyeri otot, sakit kepala, dan diare.

By Sri Maryati - Obat Kimia Senin, 29 Agustus 2016 13:41:25

Related Post :
Kesehatan
Dampak Melakukan Perawatan Wajah…

Baru-baru ini Roro Fitria…

Penyakit
Hepatitis B dan Komplikasinya

Hepatitis B dan komplikasinya…

Penyakit
Prosedur Diagnosis Penyakit Celiac…

Prosedur diagnosis penyakit celiac…

Kesehatan
Tanda Dan Gejala Jantung…

Mengetahui penyebab, tanda, gejala…

Kesehatan
Makanan Pantangan bagi Penderita…

Makanan pantangan bagi penderita…

Alami
Manfaat Jahe Merah Untuk…

Manfaat jahe merah untuk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Gabapentin Obat Pengendali Gejala Kejang

Gabapentin Obat Pengendali Gejala Kejang…

Obat Kimia
Khasiat Obat Esomeprazole untuk Mengatasi GERD

GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease)…

Obat Kimia
Komposisi Obat untuk Penyakit Tulang Strontium

Komposisi obat untuk penyakit tulang…

Kirim Pertanyaan
Top