Mengenal Uniknya Teh Biru Beserta Manfaat yang Dimilikinya

Share dan Tag Temanmu di :

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan teh hitam, teh hijau, atau bahkan teh merah. Namun, apakah Anda mendengar atau mengetahui tentang teh biru

Teh biru memang belum begitu populer di Indonesia. Namun, minuman ini memiliki aroma bunga yang khas dan memberikan sensasi yang mirip dengan teh hijau. Teh biru diperoleh dari seduhan kembang telang (clitoria ternatea) yang berwarna biru tua. 


Secara alami, bunga telang ini tidak memiliki rasa alias tawar, biasanya untuk menambah kenikmatannya, teh biru biasa ditambah lemon dan sereh. Teh biru ini bisa disajikan dalam keadaan dingin atau panas. Namun, campuran dari rasa lemon dan serehnya membuat teh biru ini lebih pas disajikan dalam keadaan dingin. 

Selain menarik, teh briu ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi serta khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam teh biru, diantaranya adalah fenol, delphirridin, triglyceride, alkaloid, flavoured, saponins, sulfurm dan ca-oksalat. Tidak ada kandungan kafein yang biasa terdapat pada daun teh. 

Dengan kandungan yang dimilikinya tersebut, maka tak heran jika teh biru ini menyimpan begitu banyak khasiat bagi tubuh. Teh ini disebutkan kaya akan antioksidan. Sejumlah penelitian menemukan bukti bahwa teh ini berkhasiat untuk mencegah glikasi yang bisa menyebabkan penuaan dini, antiinflamasi, mengatasi kelelahan, meningkatkan vitalitas, dan meringankan rasa sakit. 

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa informasi dibawah ini !

  • Antioksidan

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam teh ini cukup tinggi, sehingga mampu melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah salah satu pemicu penuaan dini dan menyebabkan keriput. Ini tentu merupakan cara yang baik bagi detoksifikasi tubuh. Ia juga membantu menurunkan risiko infeksi akibat luka pada diabetes. 

  • Memberikan energi dan tingkatkan aktivitas otak

Kembang telang adalah bunga yang bersifat nootropok atau mampu meningkatkan kemampuan kognitif manusia. Ini jelas bermanfaat bagi kesegaran otak serta aktivitas dan fungsinya. Ini akan menunjang kesehatan organ pemikir itu sehingga tetap aktif. 

  • Menurunkan stres serta meredakan kecemasan dan depresi

Menurut penelitian, teh biru bisa meredakan stres dan menurunkan gejala gangguan kecemasan jika dikonsumsi secara rutin.

  • Anti diabaetes

Minum teh biru sebelum dan sesudah makan bisa membantu menghambat penyerapan glukosa ke dalam darah. Zat didalamnya juga mampu menyehatkan jantung. Antioksidan yang ada didalam teh juga membantu menurunkan risiko infeksi yang menyebabkan diabetes. 

  • Menurunkan risiko kanker

Manfaat ini didapat dari adanya antioksidan pada kembang telang. Zat tersebut mencegah kerusakan sel dan menyebarnya pemicu kanker. 

  • Menyehatkan kulit dan rambut

Antioksidan juga baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Teh biru kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin yang menunjang kecantikan.

  • Kecantikan

Selain antioksidan, kembang telang juga memiliki sifat anti-glikasi yang baik untuk mencegah penuaan kulit. Teh biru juga memiliki kandungan flavonoid yang meningkatkan pertumbuhan kolagen dan mempercepat elastisitas kulit. Ini juga baik untuk rambut karena mengandung anosianin yang meningkatkan aliran darah di kulit kepala sehingga memperkuat polikel rambut.

By Sri Maryati - Manfaat Jum'at, 08 Juni 2018 10:12:29

Related Post :
Kesehatan
Jangan Sentuh! Zat Ini…

Narkoba memang diketahui dapat…

Alami
7 Bahan Alami Ini…

Mengobati penyakit kulit kudis…

Kulit
Wajib Tahu! Bahan Alami…

Apakah Anda sedang mencari…

Kesehatan
Metode Terapi Mengurangi Mata…

Metode terapi mengurangi mata…

Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Buah…

Dibalik ukurannya yang kecil,…

Kesehatan
Benarkah Aksesoris dari Batu…

Berbagai jenis aksesoris yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat
Khasiat dan Manfaat Ceker Ayam Bagi Kesehatan Tubuh

Ceker ayam sering kali dianggap…

Manfaat
Khasiat Biji Buah Ketapang Untuk Mengobati Kolesterol

Pohon Ketapang atau yang bernama…

Kirim Pertanyaan
Top