Wajib Tahu! Ini Pantangan Makanan Untuk Penderita Mata Katarak

Share dan Tag Temanmu di :

Pantangan makanan untuk penderita mata katarak -, Katarak ialah salah satu dari jenis penyakit mata yang mana menimbulkan gejala seperti penglihatan buram, keruh dan juga berawan. Bahkan pada kasus yang parah, kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi akut seperti halnya kebutaan.


Adapun menurut data Puslitbang Pemberantas Penyakit, Badan Litbangkes Depkes RI, katarak kini menjadi salah satu penyebab kebutaan terbesar (0,78%), diantara penyebab kebutaan lainnya. Buta katarak sendiri menjadi penyakit degeneratif yang umumnya terjadi pada usia lanjut, namun sekitar 16% dari buta katarak di Indonesia terdapat pada usia produktif (40-54 tahun).

Apabila pada saat ini anda telah melakukan proses pengobatan dan perawatan penyakit katarak, maka perhatikan asupan makanan sehat untuk katarak dan perhatikan pula mana makanan yang harus dihindari, sebagai perawatan alami untuk membantu mempercepat penyembuhan.

Pantangan makanan bagi penderita mata katarak

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dilarang dikonsumsi oleh penderita katarak:

1. Margarin

Makanan pertama yang dilarang dikonsumsi oleh penderita mata kataraka adalah margarin. Karena patut untuk Anda ketahui, bahwasannya margarin ternyata mengandung lemak jenuh ganda yang cukup tinggi berpotensi dapat mengganggu kesehatan mata. Selain margarin minyak goreng juga diketahui memiliki kandungan lemak jenuh ganda layaknya pada margarin.

2. Makanan yang di goreng

Seperti halnya yang telah kami singgung ditas, bahwasannya makanan yang di goreng adalah salah satu makanan yang harus dihindari olehpenderita mata katarak. Selain mengandung lemak jenuh, juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi dan memiliki kekuatan untuk menyebabkan penumpukan plak di pembuluh makula dan dapat memperlambat aliran darah di mata.

Makanan yang mengandung gula tinggi. Makanan maupun minuman yang mengandung gula tinggi juga diketahui mengandung fruktosa yang tinggi pula. Hal tersebut bisa memicu meningkatnya resiko tekanan darah tinffi dan kadar trigliserida. Dua penyakit ini diketahui dapat berpengaruh buruk bagi sisite kardiovaskular dan juga termasuk pada mata Anda.

3. Minuman bersoda

Minuman beroda merupakan minuman berisikan air berkarbonasi, natrioum benzoat, asam sitrat, asam ortofosfat, aspartam, natrium siklamat, pewarna makanan dan berbagai jenis aroma. Adapun ortosfat ialah merupakan salah satu bahan yang paling banyak terdapat dalam minuman bersoda.

Adapun efeknya kandungan tubuh ialah bisa mencegah penyerapan kalsium, sehingga menimbulkan masalah kepadatan tulang. Hal ini pada giliranhya juga bisa menyebabkan masalah yang lebih serius dikemudian hari. Seperti halnya osteoporosis dan bahkan patah tulang. Hal ini juga mempengaruhi mata dan bahkan kulit.

4. Minuman berkafein

Siapa yang mengenal kopi, mungkin Anda juga salah satu diantara penikmatnya. Nah, perlu anda tahui bahwasannya didalam minuman yang satu ini terkandung zat yang disebut kafein.  Kafein sendiri secara alami ditemukan didalam biji kakao, biji kopi dan daun teh yang di produksi untuk di gunakan dalam obat-obatan tertentu didalam minuman.

Meski terdapat manfaat, mengonsumsi kafein juga terutama secara berlebihan memiliki potensi atau efek samping yang dapat mempengaruhi berbagai bagian tubuh Anda. Pada beberapa orang, bahkan mengonsumsi kafein secara moderat bisa menyebabkan gula darah naik atau turun, sehingga membuat penglihatan kabur.

5. Alkohol

Minuman yang satu ini juga diketahui dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh khususnya bagi Anda yang kini tengah menderita katarak. Sehingga apabila Anda ingin terhindar dari resiko yang lebih buruk, sebaiknya stop untuk minum alkohol sekarang juga.

Nah itulah pantangan makanan untuk penderita katarak yang sebaiknya dihindari. Selain dari makanan, pola hidup buruk seperti merokok juga sebaiknya segera dihentikan. Semoga bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi kesehatan Anda!

By Nida Saripah - Kesehatan Jum'at, 08 Juni 2018 11:37:56

Related Post :
Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Oatmeal…

Kandungan dan manfaat oatmeal…

diet
Berani Coba Metode Penurunan…

Saat ini ada banyak…

Penyakit
Mengenal Penyakit Chancroid Lengkap…

Tahukah anda apa itu…

Kesehatan
Kenali Tanda dan Gejala…

Kenali tanda dan gejala…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Daun
Ini Manfaat Daun Pacar…

Tahukah anda apa khasiat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Waspada! Orang Tipe Ini Rentan Alami Kanker Payudara

Berikut ini merupakan beberapa tipe…

Kesehatan
Jenis Pengobatan Gagal Ginjal yang Umum Dilakukan

Selain mengonsumsi obat-obatan, juga diketahi…

Kesehatan
Nyeri Pada Payudara? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Berikut adalah penyebab nyeri pada…

Kirim Pertanyaan
Top