Mengenal Penyebab Lidah Putih Dan Cara Mengatasinya Yang Tepat

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab lidah putih bisa diakibatkan oleh berbagai macam kondisi. Mulai dari kekurangan cairan atau mulut kering, hingga menjadi tanda-tanda penyakit tertentu. Untuk itu, sebaiknya Anda tidak mengabaikan kondisi ini. Untuk itu, ketahui penyebab dan juga cara mengatasinya yang tepat hanya dalam ulasan berikut ini ya!


Pada dasarnya, lidah yang sehat  memiliki warna pink atau merah muda dan akan ditutupi oleh nodul atau bintil putih yang disebut dengan papila. Adapun lidah putih biasanya terjadi lantaran papila pada permukaan lidah mengalami pertumbuhan yang berlebih dan juga pembengkakan.

Lapisan putih ini muncul bisa diakibatkan oleh sisa makanan, bakteri, serta sel-sel mati tersangkut diantara papila yang membesar dan meradang. Terdapat beberapa faktor yang diduga bisa memicu lidah berwarna putih. Diantaranya seperti jarang menyikat gigi dan melakukan flossing, mulut kering, dehidrasi, demam, merokok, mengonsumsi alkohol berlebihan, iritasi dan lainnya.

Berbagai penyebab lidah putih yang diketahui

Lidah putih mungkin akan terlihat cukup menghawatirkan. Namun biasanya jondisi ini tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara. Meski begitu, kondisi ini juga bisa menjadi indikasi dari beberapa kondisi serius. Mulai dari infeksi hingga kondisi pra-kanker. Dan berikut adalah beberapa kondisi yang bisa membuat lidah berwarna putih.

  • Leukoplakia

Adalah suatu kondisi dimana terjadi pembentukan bercak-bercak putih didalam mulut, termasuk lidah. Bercak putih ini kemungkinan akan terjadi lantaran terlalu banyak sel dan protein keratin di mulut. Meski tidak terasa sakit, namun bercak putih tersebut tidak dapat dihilngkan dengan cara disikat maupun dikorek.

Leukoplakia juga bisa terjadi ketika lidah mengalami iritasi dan lebih sering ditemukan pada perokok dan juga mereka yang sering mengonsumsi alkohol. Kondisi ini sejatinya tidak berbahaya. Hanya saja bisa berubah menjadi kanker jika bertahun-tahun dibiarkan tanpa adanya penanganan. Untuk itu, segera konsultasikan dengan dokter apabila bercak ini tidak hilang dalam kurun waktu 2 minggu.

  • Oral trush

Kondisi yang juga disebut dengan kandidis oral ini biasanya disebabkan oleh penumpukan atau pertumbuhan jamur candida albicans yang terlalu cepat. Jamun ini merupakan organisme yang normal yang ada dalam mulut. Kondisi ini biasanya dapat menyebabkan sensasi terbakar atau perih di lidah, serta plak putih (terkadang merah) yang terasa nyeri dan dapat dikerok.

Candiasis ini lebih mungkin terjadi pada bayi dan juga orang tua, penderita diabetes, otrang yang sering minum antibiotik, kekurangan zat besi atau vitamin B, orrang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah dan juga memakai gigi palsu. Segera periksakan ke dokter apabila kondisi ini dialami oleh Anda, karena selain bisa bertahan lama juga bisa membuat mulut terasa tidak nyaman.

  • Oral lichen planus

Penyebab lidah berwarna putih ini disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan tubuh jangka panjang, yang akhirnya menimbulkan garis-garis putih berenda serta bercak putih didalam mulut dan juga pada lidah. Selain mulut menjadi tidak nyaman kondisi ini juga umumnya menyebabkan sensasi terbakar atau perih, gusi merah dan sakit hingga plak yang menimbulkan nyeri.

Meski penyebabnya sering kali tidak diketahui dengan pasti, namun Oral lichen planus umumnya bisa sembuh dengan sendirinya. Adapun untuk menurunkan resiko terjadinya oral lichen planus bisa dengan merawat kebersihan gigi dan mulut, berhenti merokok dan membatasi makanan yang dapat menyebabkan iritasi pada mulut.

  • Geographic tongue

Adalah kondisi dimana papila pada permukaan lidah hilang dan terligat seperti pulau merah halus dengan pinggiran berwarna putih. Penyebabnya belum diketahui. Namun sering dikaitkan dengan faktor genetik atau kondisi tertentu seperti halnya psoriasis dan lichen planus.

Akan tetapi, pendapat tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Geographic tongue ini toidak menyebabkan masalah kesehatan dan tidak berhubungan dengan infeksi bahkan kanker. Namun bisa membuat lidah menjadi tidak terasa nyaman dan lebih sensitif terhadap zat tertentu.

  • Sifilis

Penyakit kelamin yang satu ini juga bisa menyebabkan luka di mulut Anda. Penularan penyakit disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum yakni melalui kontak dengan orang yang terinfeksi saat melakukan hubungan seksual. Bakteri ini  akan memasuki tubuh Anda melalui luka ringan atau lecet dikulit atau selaput lendir.

Sifilis juga bisa menyebar dengan kontak tertutup tanpa pelindung langsung dengan lesi aktif (saat sedng berciuman), atau melalui ibu yang terinfeksi ke bayinya selama kehamilan atau persalinan (sifilis kengenital). Jika sifili tidak segera diobati, maka bercak putih yng disebut leukoplakia bisa muncul di lidah Anda.

  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Mengonsumsi obat seperti antibiotik juga bisa menyebabkan tumbuhnya infeksi jamur di mulut Anda yang sering ditandai dengan lidah yang berwarna putih.

  • Kanker

Kondisi lidah yang berwarna putih juga bisa menjadi indikasi dari penyakit serius seperti halnya kanker. Terutama kanker mulut dan juga kanker lidah. Kanker mulut umumnya terjadi pada saat sel di bibir atau mulut Anda mengalami mutasi DNA. Sedangkan pada kanker lidah, di mulai pada sel skuamous tipis dan datar yang melapisi permukaan lidah.

Bagaimana cara mengatasi lidah putih?

Pada dasarnya kondisi lidah putih tidak memerlukan penanganan secara khusus. Hal tersebut dikarenakan gejalanya yang bisa hilang dengan sendirinya. Namun berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Diantaranya seperti:

  • Menyikatnya secara lembut menggunakan bulu sikat yang lembut
  • Menggunakan pembersih lidah khusus
  • Minum banyak air putih guna membantu menghilangkan bakteri dan juga sisa-sisa makanan yang tersangkut di lidah dan menjadi penyebab lidah berwarna putih.

Namun jika beberapa cara diatas tidak memberikan efek sama sekali, maka sebaiknya Anda perlu segera memeriksakannya ke dokter untuk mengetahui penyebabnya ecara pasti dan tentunya mendapatkan penanganan yang tepat.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar penyebab lidah putih dan cara mengatasinya. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda di dunia kesehatan. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Sabtu, 09 Juni 2018 10:37:40

Related Post :
Penyakit
Mengenal Penyakit Infeksi HSV…

Herpes genital atau HSV…

Tips
Tips Memilih Sabun Untuk…

Tips Memilih Sabun Untuk…

Manfaat
Menakjubkan! Ini Ragam Manfaat…

Berikut ini ragam manfaat…

Alami
Ramuan Alami Untuk Mengobati…

Ramuan alami untuk mengobati…

Tips
Cara Ampuh Mengatasi Gigi…

Cara ampuh mengatasi gigi…

Manfaat
Kandungan Gizi Buah Bit…

Informasi lengkap tentang buah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Hal Yang Akan Di Dapat Saat Anda Diet Instan

Inilah hal yang akan didapat…

Kesehatan
Kaki Bengkak? Ini Penyebab Dan Cara Menanganinya

Beragam penyebab kaki bengkak yang…

Kirim Pertanyaan
Top