Awas! Gangguan Kesehatan Ini Sering Menyerang Para Pemudik

Share dan Tag Temanmu di :

Hari Raya Idul Fitri semakin dekat. Tentu hal ini menjadi moment yang tepat untuk berkumpul dan bersilaturrahmi dengan keluarga dan kerabat dekat. Untuk itu, mudik ke kampung halaman menjadi salah satu tradisi yang tidak bisa dihilangkan saat menjelang lebaran.

Namun, perjalanan panjang saat mudik tak hanya akan membuat tubuh lelah, namun juga bisa membuat pemudik jatuh sakit. Kepadatan arus mudik membuat kita lebih rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Hal ini disebabkan karena para pemudik harus duduk selama berjam-jam, dalam kondisi puasa, dan dituntut untuk berkonsentrasi penuh menghadapi kemacetan yang tentu menghabiskan banyak energi. 


Maka dari itu, perjalanan mudik lebaran harus benar-benar dipersiapkan. Bukan hanya secara finansial, tetapi juga secara fisik dan mental agar dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan selama mudik. Dan berikut ini merupakan beberapa gangguan kesehatan yang sering menyerang pada pemudik yang perlu diwaspadai, diantaranya adalah :

  • Kelelahan dan mabuk perjalanan

Kelelahan merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling umum terjadi mudik. Hal ini disebabkan karena arus mudik yangmacet membuat energi dalam tubuh terkuras dengan cepat dan memicu kelelahan serta pegal-pegal. Ketika daya tahan tubuh sedang turun inilah pemudik menjadi lebih rentan mengalami mabuk perjalanan. 

Mabuk perjalanan atau motion sickness ditandai dengan pusing, mual, dan muntah selama perjalanan. Selain karena faktor kelelahan, hal ini juga terjadi karena bercampurnya sinyal yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam.

Untuk membantu mengatasi dan mencegah kelelahan selama mudik, pastikan Anda mencukupi kebutuhan air putih. Jangan lupa juga untuk tidur cukup sehingga memiliki energi untuk melakukan perjalanan jauh. 

  • Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)

Kondisi jalanan saat dikerumuni oleh kendaraan para pemudik tentu membuat debu dan polusi udara bertebaran di mana-mana dan dapat dengan mudah terhirup oleh para pemudik. Inilah sebabnya mengapa Anda menjadi rentan terkena infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) saat mudik. 

Selain itu, hiruk pikuk arus mudik juga membuat banyak orang dapat dengan mudah menularkan penyakit yang dialaminya melalui udarah. Belum lagi jika daya tahan tubuh sedang menurun karena kelelahan selama di perjalanan, maka Anda akan semakin rentan terkena masalah kesehatan saat mudik.

Namun, maslaah pernapasan selama perajalanan mudik ini bisa dicegah dengan melakukan beberapa cara. Jika Anda mudik dengan menggunakan mobil, maka pastikan mobil berada dalam kondisi yang baik. Tidak ada kebocoran gas dan hal-hal lain yang dapat menyebabkan masalah pada pernapasan. 

Sedangkan bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor dapat meminimalkan paparan debu dengan menggunakan masker. Jangan sampai anak berhadapan langsung dengan sumber asap dan debu. Karena anak-anak lebih rentan terkena gangguan pernapasan.

  • Hipertensi

Jarak tempuh yang jauh bisa memicu stres yang akhirnya menyebabkan hipertensi dan kelelahan. Untuk mencegah timbulnya hipertensi saat mudik, penting untuk mengurangi konsumsi garam dan kafein serta berolahraga secara rutin. Pilihlah cemilan yang lebih sehat yang dapat dikonsumsi saat perjalanan, misalnya buah-buahan segar.

  • Infeksi saluran pencernaan (diare, dll)

Ternyata diare juga bisa terjadi selama perjalanan mudik. Hal ini disebabkan karena kita sering jajan atau berbuka dengan makanan yang tidak sehat selama perjalanan. Tidak mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, debu dan sebagainya yang mengotori makanan yang tersedia juga bisa menjadi penyebab Anda mengalami diare saat mudik.

Maka dari itu, alangkah baiknya Anda lebih berhati-hati saat membeli makanan atau minuman dari tempat baru yang tidak dikenal. Perhatikan lagi apakah makanan yang Anda beli dalam kondisi bersih dan tidak dihinggapi oleh banyak lalat ataupun debu yang bisa memicu diare. 

  • Nyeri sendi

Selain masalah pernapasan, pemudik biasanya juga mengeluhkan nyeri sendi. Keluhan nyeri sendi ini biasanya dirasakan pemudik saat baru tiba di kampung halaman. Rasa pegal ini disebabkan oleh lamanya pemudik duduk di kendaraan. 

Untuk mengatasi nyeri sendi ini, carilah posisi duduk yang memungkinkan Anda dapat duduk dengan santai. Jika memungkinkan, Anda bisa beristirahat sejenak di rest area untuk melakukan peregangan atau sekedar menghirup udara segar. 

  • Sembelit

Tidak sedikit orang yang mengalami sembelit atau sulit buang air besar saat mudik. Hal ini disebabkan karena Anda mungkin duduk terlalu lama hingga berjam-jam, bahkan sengaja membatasi makan atau minum agar tidak bolak-balik ke kamar mandi. Akibatnya, Anda terkena sembelit dan merasa tidak nyaman sepanjang perjalanan.

Namun Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa mengatasi gangguan kesehatan saat mudik ini dengan memperbanyak minum air putih dan mengonsumsi makanan tinggi serat. Ini akan membantu melunakkan feses yang mengeras akibat sembelit dan melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, juga hindari kebiasaan menahan buang air kecil dan buang air besar agar tidak semakin memperparah kondisi sembelit.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 11 Juni 2018 10:30:01

Related Post :
Kesehatan
Ketahui Ciri-Ciri Makanan Yang…

Inilah ciri-ciri makanan yang…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Wajib Tahu! Ini Faktor…

Berikut ini merupakan beberapa…

Daun
Khasiat Dan manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Minuman Sehat Untuk Menghancurkan…

Berikut adalah daftar minuman…

Kesehatan
5 Fakta Sindrom Putri…

Berikut ini merupakan beberapa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Pilihan Makanan Sehat Untuk Menyembuhkan Infeksi Rahim

Pilihan makanan sehat untuk menyembuhkan…

Kesehatan
Kesehatan
Haid 2 Kali Dalam Sebulan? Ketahui Penyebabnya

Beragam penyebab haid 2 kali…

Kirim Pertanyaan
Top