Tips Mudik Yang Aman Dan Sehat Menurut Pakar Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Tips mudik yang aman dan sehat ini sebaiknya perlu diketahui sebelum Anda melakukan perjalanan ke kampung halaman. Dengan begitu diharapkan selain Anda selamat sampai tujuan, perjalanan mudik Andapun menjadi sehat dan juga menyenangkan.


Mudik merupakan salah satu tradisi unik di Indonesia, dimana perantau atau pekerja migran dikota besar akan kembali ke kampung halamannya, saat menjelang hari raya besar keagamaan seperti menjelang lebaran. Akan tetapi, jarak yang jauh juga waktu tempuh yang lama kerap menimbulkan masalah untuk para pemudik. Mulai dari kelelahan hingga kecelakaan fatal pun dapat terjadi saat mudik.

Resiko tersebut nyatanya bisa dihindari, apabila para pemudik melakukan perjalanan jauh ini secara aman dan sehat. Hal tersebut, bisa Anda lakukan dengan mengkuti beberapa tips dari dokter ahli penyakit dalam, Ari Fahrial Syam. Ia membagikan sejumlah tips tersebut supaya bisa diterapkan demi perjalanan mudik yang aman dan sehat.

Dan berikut adalah beberapa tips mudik yang aman dan sehat menurut dokter Ari Fahrial Syam:

  • Istirahat yang cukup

Untuk tips yang pertama, Ari mengajurkan agar para pemudik melakukan istirahat yang cukup dalam jadwal keberangkatan. Karena sejatinya, istirahat sendiri merupakan kunci tubuh fir dan kuat selama dalam perjalanan. Terlebih lagi bagi para pemudik yang menggunakan jalan darat dan menggunakan kendaraan pribadi, mengingat waktu sampai ke tempat tujuan tidak bisa diprediksi.

  • Manfaatkan tempat istirahat

Saat perjalanan, Ari juga menyarankan untuk para pemudik agar memanfaatkan tempat istirahat seperti rest area yang banyak tersedia untuk sekedar berolahraga kecil juga melakukanm relaksasi pada kaki, rangan dan juga leher. Tempat istirahat ini juga bisa digunakan untuk pergi ke toilet untuk sekedar mencuci muka dn buang air kecil. Sehingga jangan sampai menahan kencing, karena hal tersebut bisa berakibat memicu penyakit infeksi saluran kencing.

  • Membawa bekal makanan sendiri

Ari sendiri tak menyarankan para pemudik untuk membeli makanan dan minuman di pinggir jalan, karena kualitas makanan tersebut belum tentu terjaga dengan baik. Paparan panas dan debu bisa membuat kualitas makanan tersebut menurun.

Maka dari itu, Ari justru menganjurkan  para pemudik untuk membawa bekal berupa makanan kering sehingga tetap awet dalam perjalanan. Apabila tetap ingin membawa makanan basah, sebaiknya dikonsumsi kurang dari 6-8 jam setelah pembuatannya.

  • Membawa Obat-obatan

Anda juga sebaiknya jangan lupa untuk mempersiapkan obat-obatan seperti anti-diare, sakit kepala, antialergi, obat maag, obat antimual dan muntah untuk menghindari mabuk perjalanan saat mudik. Obat-obatan rutin sebaiknya juga tak boleh ditinggalkan bagi penderita penyakit kronis seperti halnya diabetes, hipertensi, asam urat, kolesterol tinggi, asma dan lainnya.

  • Mengisi baterai gadget hingga penuh

Pemudik juga disarankan unruk mengisi baterai gadget hingga penuh dan juga membawa power bank. Menurut Ari, gadet sendiri bisa digunakan sebagai media informasi dan melawan kejenuhan dalam melawan kemacetan. Menggunakan gadget tentu saja tidak dianjurkan bagi para pengemudi yang membawa kendaraan pribadi.

Adapun selain dari pada itu, khususnya bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, terdapat beberapa tips tambahan dari Kemenkes. Diantaranya: menyiapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik, periksa kondisi kelayakan kendaraan, beristihata selama 15 menit setelah berkendara selama 4 jam, jangan paksakan mengemudi apabila mengantuk.

Selain itu, para pemudik juga sebaiknya disiplin terhadap rambu lalu lintas, kendaraan tidak melebihi muatan yang banyak, gunakan masker untuk menghindari polusi udara, hindari stres, mengonsumsi makanan dan minuman sehat, tidak buang air sembarangan dan bila sakit segera temui posko kesehatan terdekat.

Nah, itulah tips mudik yang aman dan sehat yang bisa kami informasikanpada kesempatan kali ini. Adapun bagi ibu hamil yang ingin melakukan perjalanan jauh seperti mudik, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Dan kami selaku tim aryanto.id mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1439 H. Bagi Anda yang kini sedang maupun akan melakukan perjalanan mudik, semoga selamat sampai di kampung halaman masing-masing ya!

By Nida Saripah - Tips Selasa, 12 Juni 2018 10:12:01

Related Post :
Penyakit
Mengenal Gejala Faktor Risiko…

Informasi tentang polip usus,…

Kesehatan
Ini Pantangan Makanan Untuk…

Berikut adalah berbagai jenis…

Manfaat
Mengetahui Manfaat Sehat Dibalik…

Selai kacang termasuk salah…

Penyakit
Mengenali Kondisi Gangguan Hilang…

Hilang ingatan atau amnesia…

Kesehatan
Heboh! Pil PCC Sebabkan…

Penyalahgunaan pil PCC seperti…

Kesehatan
Waspada DNA Babi Ditemukan…

BPOM belakangan ini telah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Mudah Hindari Mabuk Perjalanan saat Mudik

Bagi Anda yang tengah menjalankan…

Tips
Cara Mencegah Amputasi Kaki pada Penderita Diabetes

Untuk mencegah pembusukan yang lebih…

Tips
Kirim Pertanyaan
Top