Tips Mudik Aman saat Hamil Agar Tetap Sehat Selama Perjalanan

Share dan Tag Temanmu di :

Mudik menjadi salah satu tradisi yang tidak bisa ditinggalkan menjelang Idul Fitri. Terutama bagi Anda yang berada di tempat perantauan, tentu saja tradisi ini tidak bisa dilewatkan. Namun, bagaimana dengan ibu hamil ? Apakah bepergian jauh saat mudik aman bagi ibu hamil ?

Hamil seringkali menjadi kendala seseorang untuk bepergian. Namun perlu diketahui, umumnya 12 minggu pertama dan setelah memasuki minggu ke 36 masa kehamilan, ibu disaranakn untuk tidak bepergian jauh. Pada awal masa kehamilan, selain risiko keguguran yang masih tinggi, sebagian ibu hamil juga sering merasa mual dan lebih mudah lelah. Risiko keguguran juga kembali meningkat menjelang akhir masa-masa kehamilan. 

Melakukan perjalanan jauh pada trimester ketiga masa kehamilan juga bisa sangat melelahkan dan membuat ibu tidak nyaman. Jadi, lebih baik ibu melakukan perjalanan mudik pada trimester kedua kehamilan, yaitu diantara bulan keempat sampai keenam. 

Walaupun begitu, sebenarnya jika kehamilan sehat dan tidak ada komplikasi, ibu merasa kuat, dan dokter kandungan mengizinkan, ibu bisa saja melakukan perjalanan mudik di usia kehamilan berpapun. Namun, tentu saja ibu harus mempersiapkannya dengan baik. 

Tips Mudik Aman saat Hamil Agar Tetap Sehat Selama Perjalanan


Ibu hamil yang ingin melakukan perjalanan mudik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Tujuannya agar tidak mengalami kelelahan demi kesehatan bayi dalam kandungan. Dengan tindakan pencegahan yang tepat dan asuransi perjalanan, sebagian besar ibu hamil dapat mudik dengan aman.

Ke manapun ibu pergi, alangkah baiknya cari tahu terlebih dahulu fasilitas kesehatan apa yang ada di tempat tujuan jika sewaktu-waktu memerlukan perawatan medis yang mendesak. Sebaiknya juga selalu membawa catatan medis bersalin sehingga ibu dapat memberi dokter informasi yang relevan jika diperlukan. 

Pastikan juga asuransi perjalanan ibu melindungi untuk segala kemungkinan, seperti perawatan medis terkait kehamilan selama persalinan, kelahiran prematur atau kondisi lainnya yang berhubungan dengan kehamilan ibu. 

Baik ibu naik mobil, bus, kereta api, atau pesawat, sebaiknya perhatikan beberapa tips mudik aman saat hamil berikut ini !

  1. Gunakan sabuk pengaman dengan tali silang antara payudara dan tali pangkuan melewati panggul di bawag perut, bukan tepat di perut.
  2. Jika memilih mudik dengan bus, pastikan ada toilet dalam bus tersebut.
  3. Bus cenderung memiliki ruang gerak yang lebih sempit dan toilet yang kecil, jadi alangkah baiknya jika ibu tetap duduk saat bus bergerak agar lebih aman. Jika harus menggunakan kamar kecil, pastikan untuk memegang tempat duduk agar keseimbangan tetap terjaga.
  4. Minum yang cukup dan terus makan untuk kesehatan bayi, bahkan jika Anda tidak nafsu makan saat di jalan.
  5. Jika ibu melakukan perjalanan darat dengan mobil, berhentilah sejenak untuk istirahat dan meregangkan kaki agar sirkulasi darah tetap terjaga.

Selain beberapa tips mudik aman tersebut, ibu hamil juga harus menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan. Dokter kandungan menyebutkan, jika ibu hamil memerlukan cairan lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak hamil. Maka dari itu, agar perjalanan mudik tetap aman, ibu hamil tidak disarankan untuk berpuasa. 

Menurut catatan medis, cairan tubuh diperlukan untuk memproduksi sel darah merah yang dikirimkan ke janin yang sedang tumbuh. Asupan cairan yang cukup juga digunakan untuk mencegah konstipasi, wasir dan infeksi saluran kencing. Ketiga gangguan kesehatan tersebut sering kali menyerang ibu hamil. Semoga membantu.

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Selasa, 12 Juni 2018 13:31:56

Related Post :
Kesehatan
Bahaya Abu Vulkanik Letusan…

Saat terjadi letusan gunung,…

Ibu Hamil
Penyebab Gejala Hamil Anggur…

Penyebab dan gejala hamil…

Kesehatan
Ternyata Inilah Alasan Mengapa…

Meskipun bukan termasuk penyakit,…

Ibu Dan Anak
Tips Agar Anak Terbiasa…

Salah satu cara agar…

Kesehatan
Bahaya Minum Air Sambil…

Meskipun minum air putih…

Manfaat
Kandungan Gizi Buah Pir…

Tidak hanya enak untuk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Tips Sehat untuk Menaikkan Berat Badan Anak

Anak yang memiliki berat badan…

Ibu Dan Anak
Cara Menghilangkan Milk Blister saat Menyusui

Milk blister merupakan jerawat yang…

Ibu Dan Anak
Mewaspadai Gejala dan Penyebab Infeksi Paru pada Anak

Mengetahui serta mewaspadai gejala dan…

Kirim Pertanyaan
Top