Tips Memulihkan Tubuh Agar Tetap Fit Setelah Begadang Semalaman

Share dan Tag Temanmu di :

Tips memulihkan tubuh agar tetap fit setelah begadang semalaman, sebaiknya diketahui oleh Anda yang mungkin memiliki pekerjaan menumpuk atau ada pertandingan klub sepak bola kesayangan pada dini hari, yang mungkin memaksa Anda harus begadang. Padahal pada pagi harinya, Anda harus menjalani aktivitas seperti biasanya.


Pada dasarnya agar tubuh bisa berfungsi dengan baik, maka orang dewasa disarankan untuk berisitarahat (tidur malam) selama delapan jam. Sedangkan pada anak-anak sekitar sembilan hingga sepuluh jam. Meski begitu, kebutuhan tidur ini berbeda-beda pada masing-masing individu tergantung pada usia, aktivitas dan juga kondisi medis yang dimiliki.

Dan karena begadang, secara otomatis jam tidur Anda menjadi berkurang drastis. Hal ini juga diketahui mampu mempengaruhi fungsi tubuh Anda, khususnya otak. Sehingga tak heran, jika di pagi harinya, kemungkinan Anda akan diserang dengan rasa kantuk yang luar biasa. Bahkan tak hanya itu, daya konsentrasipun akan menurun lantaran otak dan tubuh tidak dapat mendapat waktu istirahat yang cukup.

Tips memulihkan tubuh agar tetap fit setelah begadang semalaman

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian menjelaskan, bahwasannya kinerja tubuh orang yang begadang semalam mungkin akan sama dengan orang yang sedang mabuk. Namun, apabila Anda tidak punya pilihan lain seperti begadang, namun tetap ingin fit pada pagi hari hingga aktivitas harian berakhir, seperti halnya seperti saat ini lantaran Adanya Uforia World Cup 2018 di Russia, maka sebaiknya Anda mencoba ikuti tips di bawah ini:

Mengonsumsi kafein

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti halnya kopi atau minuman berenergi bisa membuat tubuh menjadi lebih fit. Minuman berkafein sendiri bisa membuat Anda terjaga selama 3-4 jam. Adapun agar tubuh tetep bisa siaga sepanjang hari, maka Anda bisa mengonsumsinya tiap beberapa jam.

Namun hal tersebut tentu harus di sesuaikan dengan dosis harian yang dapat diterima oleh tubuh Anda. Adapun batas asupan kafein yang dianggap wajar adalah  sekitar 100-200 mg tiap harinya, atau setara dengan 1 hingga 2 cangkir kopi perhari.

Sisihkan sedikit waktu untuk tidur siang

Setelah mengonsumsi kafein, maka anda tetap disarankan unruk berbaring dan memjamkn mata sejenak. Anda bisa tidur siang pada jam istirahat selama 10-30 menit. Setelah itu, Anda akan terbangun dengan kondisi tubuh yang segar, meski Anda begadang pada malam harinya.

Apabila Anda menyisihkan waktu sekitar 40 menit untuk tidur siang, maka mungkin Anda akan terbangun dengan kondisi kepala yang pening. Namun, setelah rasa pening itu hilang, maka manfaat tidur siang selanjutnya bisa Anda rasakan.

Jangan diam

Saat Anda tengah berada di kantor, maka Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti halnya jalan cepat, naik turun tangga, lari di tempat, ataupun senam ringan yang bisa membuat tubuh Anda bergerak. Aktivitas tersebut diketahui dapat meningkatkan kinerja otak. Terlibat dalam sebuah percakapan juga bisa membuat Anda tetap terjaga.

Mandi dengan air dingin

Udara hangat biasanya mampu membuat lebih nyaman untuk tidur, sehingga bisa beresiko menyebabkan kantuk. Adapun untuk menghalaunya, sisihkan waktu untuk andi air dingin atau mencuci muka dengan air dingin untuk mengusir rasa kantuk. Suhu dingin sendiri bisa merangsang aktivitas saraf di tubuh Anda, sehingga kantuk bisa berkurang.

Terangi ruangan kerja Anda

Saat lelah, makan tak sedikit orang mungkin memilih memadamkan lampu agar bisa berisitrahat dengan nyenyak. Untuk menghindari efek ingin tidur setelah begadang, maka disarankan untuk selalu berada di ruangan yang terang. Anda juga bisa berjemur sejenak di bawah sinar matahari agar tetap terjaga.

Hindari multitasking setelah begadang

Terdapat kemungkinan, memori kerja Anda menjadi terganggu setelah tidak tidur dengan cukup akibat begadang. Dan artinya, Anda tidak akan bisa mengerjakan banyak hal dan mengingatnya dalam pikiran dalam satu waktu, atau yang biasa disebut dengan multitasking. Sebuah study pada 40 orang dewasa muda yang bekerja selama 42 jam menunjukkan kapasitas kinerja ingatannya mengalami penurunan 38%.

Nah, saat semua aktivitas harian Anda berakhir, maka segera gunakan waktu untuk tidur. Apabila keesokannya adalah hari libur, maka Anda bisa mematikan alarm lalu tidur hingga Anda terbangun secara alami. Hal ini juga bisa mengembalikan kondisi tubuh Anda seperti sedia kala.

Meski begitu, tidak disarankan juga untuk sering begadang. Karena hal tersebut bisa mengganggu siklus kinerja alamiah tubuh. Tubuh sendiri diprogram untuk terjaga pada siang hari dan juga terlelap pada malam hari. Sehingga apabila pada saat malam hari tidak dipakai untuk beristirahat, Bahkan terjadi dalam jangka waktu panjang, maka beberapa gangguan kesehatan atau penyakit akibat sering begadang dikhawatirkan dapat muncul.

Adapun efek negatif hingga resiko gangguan kesehatan yang bisa dialami akibat keseringan begadang diantaranya ialah, sistem kekebalan tubuh yang melemah, pnuaan dini pada kulit, kelebihan berat badan, depresi, masalah kesuburan, lebih rentan terkena diabetes, penyakit jantung, hipertensi hingga stroke.

Sehingga, jika lain kali Anda ingin melek hingga subuh, meski Anda telah mengetahui bberapa tips memulihkan tubuh agar tetap fit setelah begadang semalaman, tetap ingat selalu petuah yang melarang begadang kalau tidak ada perluanya.

By Nida Saripah - Tips Kamis, 21 Juni 2018 12:32:41

Related Post :
Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Mengenal berbagai khasiat dan…

Ibu Dan Anak
Wajib Coba! 8 Buah…

Selain ASI bayi yang…

Kesehatan
Mengenal Manfaat Berkebun untuk…

Meskipun bisa membuat tangan…

Ibu Dan Anak
Tips Jitu Agar Anak…

Tips jitu agar anak…

Ibu Dan Anak
Masalah yang Sering Timbul…

Pada tahap pertumbuhan gigi,…

Kesehatan
Inilah Perebedaan Paru-paru Perokok…

Inilah perbedaan paru-paru perokok…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Meredakan Payudara Saat Nyeri Menyusui

Payudara nyeri merupakan salah satu…

Tips
Tips Cara Mengajari Anak Agar Cepat Berbicara

Menurut penelitian anak-anak yang sering…

Tips
Solusi Penanggulangan Serangan Penyakit Migrain

Migrain sebenarnya tidak bisa disembuhkan…

Kirim Pertanyaan
Top