5 Cara Mudah Ini Bantu Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Share dan Tag Temanmu di :

Selain bersilaturrahmi dengan keluarga dan kerabat, perayaan lebaran juga identik dengan berbagai hidangan khas yang lezat yang bisa dinikmati bersama keluarga. Saat lebaran, biasanya orang-orang akan lepas kendali dengan menyantap berbagai sajian khas lebaran. Maka tak heran jika berat badan dan lingkar pinggang akan semakin bertambah setelah lebaran. 


Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena Anda masih bisa memperbaiki keadaan. Ada beberapa cara turunkan berat badan setelah lebaran yang mudah untuk dilakukan, yaitu diantaranya :

  • Kurangi makanan manis dan berlemak

Makanan yang berlemak serta makanan dan minuman manis merupakan penyumbang kalori utama. Selain itu, jenis makanan tersebut juga merupakan penyebab berbagai penyakit, seperti diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, stroke, dan penyakit jantung. Maka dari itu, kurangi konsumsi makanan yang digoreng, daging berlemak, makanan laut (kecuali ikan), telur puyuh, aneka kue, keripik, dan minuman kemasan yang mengandung gula tambahan. 

  • Tidak ngemil

Sebenarnya, berat badan akan secara otomatis turun jika anda menghilangkan kebiasaan ngemil dan hanya mengandalkan makan besar 3 kali sehari. Cemilan yang dikonsumsi diantara waktu makan besar biasanya menjadi pemicu berat badan naik. 

  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Selain membatasi makanan dan minuman tertentu, Anda juga harus memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Selain baik untuk pencernaan, sayur dan buah juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak tergoda untuk mengonsumsi cemilan atau makan dalam porsi banyak. 

  • Makan sedikit tapi sering

Jika Anda sulit mengendalikan nafsu makan yang berlebihan, maka Anda bisa mengubah pola makan. Makanlah lebih sering namun dalam porsi yang kecil. Jika biasanya Anda makan 3 kali sehari dalam porsi biasa, kemudian ada waktu ngemil diantara jam-jam makan besar, maka cobalah untuk membagi 3 kali porsi makan tersebut menjadi 5-6 kali makan dengan porsi yang lebih kecil.

Makan dalam jumlah yang sedikit tapi sering dapat membantu mengendalikan nafsu makan, sehingga Anda tidak tergoda untuk ngemil. Selain itu, pola makan tersebut juga dapat mengondisikan lambung merasa cukup dengan posi makan yang sedikit. 

  • Olahraga secara teratur

Menjaga pola makan sehat memang diperlukan untuk menurunkan berat badan. Namun, Anda juga tidak boleh melupakan pentingnya manfaat dari olahraga secara rutin. Dengan berolahraga, Anda bisa meningkatkan pengeluaran kalori, menjadikan tubuh segar, serta menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit. 

Pada saat awal menurunkan berat badan, lakukanlah olahraga cardio untuk membantu mempercepat pembakaran lemak, yang disarankan untuk dilakukan minimal 30 menit setiap harinya. Setelah Anda terbiasa, durasi bisa ditambahkan secara bertahap menjadi 60 menit sehari. Lakukan olahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu, yang bisa dibagi menjadi 3-5 hari. 

Setelah Anda mengalami penurunan berat badan, tambahkan lagi jensi olahraga lain, seperti latihan beban sesuai dengan kemampuan. Lakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu. Latihan ini penting untuk mempertahankan massa otot yang ikut menurun seiring dengan berkurangnya berat badan. 

By Sri Maryati - Tips Kamis, 21 Juni 2018 13:46:38

Related Post :
Alami
Obat Bisul Alami Agar…

Obat bisul alami yang…

Alami
7 Bahan Alami Ini…

Mengobati penyakit kulit kudis…

Kesehatan
Persiapan yang Perlu Dilakukan…

Sebelum melakukan oprasi bedah…

Tips
Mudah Lelah? Tingkatkan Stamina…

Cara mudah dan tepat…

Penyakit
Penyebab Gejala Dan Pengobatan…

Tahukah Anda bahwa ternyata…

Kesehatan
Jenis Makanan Untuk Menjaga…

Ada banyak jenis makanan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Anda Suka Kopi? Ketahui Tips Aman Minum Kopi saat Puasa Ini!

Ketika bulan Ramadhan, rutinitas minum…

Tips
Cara Efektif Menyembuhkan Bicara Gagap Secara Alami

Cara efektif menyembuhkan biacara gagap…

Tips
Tips Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami

Minyak pada kulit wajah berfungsi…

Kirim Pertanyaan
Top