Benarkah Minum Es Kopi Lebih Menyehatkan Daripada Kopi Panas?

Share dan Tag Temanmu di :

Kopi menajdi salah satu minuman yang banyak digemari masyarakat. Biasanya kopi dihidangkan di pagi hari saat sarapan atau sebagai teman saat berkumpul bersama kerabat atau keluarga. Bahkan, kopi juga sering dikonsumsi ketika Anda harus lembur di kantor. 

Masing-masing penggemar kopi memiliki selera yang berbeda untuk menikmati kopi. Sebagian orang mungkin lebih memilih untuk mengonsumsi kopi panas, namun sebagian lagi lebih menyukai es kopi. Perang antara es kopi dan kopi panas ini masih terus menjadi perdebatan banyak orang. Masih ada banyak perdebatan antara mana cita rasa yang lebih enak dan mana yang lebih sehat. Bahkan, ada pula yang menyebutkan bahwa es kopi lebih menyehatkan daripada kopi panas. Untuk soal rasa, tentunya kembali pada selera masing-masing. 

Terlepas dari cara penyajiannya, kopi itu sendiri pada dasarnya mengandung sejumlah manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Minum kopi secara teratur dilaporkan dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, kanker, depresi, dan berbagai penyakit yang berkaitan dengan gangguan saraf, misalnya Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) dan Perkinson. 

Sebuah laporan dari NIH-AARP Diet and Health Study menyatakan bahwa minum 1 cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko kematian dini sebesar 6%. Minum 2-3 cangkir kopi bahkan dapat menekan risiko kematian dini hingga 10%. 

Lalu, manakah yang lebih sehat, kopi panas atau es kopi ?


Seorang profesor epidemiologi dan gizi di Harvard T.H Chan School of Public HEalth, Frank Hu, MD. PhD., menyebutkan bahwa suhu pembuatan kopi tidak berpengaruh pada kandungan nutrisi yang dimiliki kopi. Jika soal rasa, tentunya ini semua tergantung pada selera masing-masing individu.

Baik secangkir kopi hitam panas ataupun segelas es kopi bisa dibilang sama-sama hampir nol kalori atau tidak memiliki nilai  gizi berarti. Secangkir kopi hitam dan kopi dingin tanpa ula sama-sama tidak mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan makronutein penting lainnya, seperti kalsium dan serat. Nilai gizi dari kedua versi minuman ini baru akan berubah ketika ditambahkan perasa atau pemanis. 

Jika Anda ingin membandingkan mana yang kandungan kafeinnya lebih kuat, sebenarnya keduanya sama saja. Pasalnya, es kopi pun pada awalnya dibuat dari seduhan air panas yang kemudian ditambahkan es batu. Namun, efek kafein pada es kopi akan lebih cepat timbul ke permukaan dibandingkan dengan kopi panas. 

Walaupun efek kafein dalam kopi dingin bisa dibilang lebih tinggi daripada kopi panas, namun rasa es kopi tidak seasam kopi tubruk hangat. Rata-rata kopi dingin memiliki kadar pH 6,31 yang berlawanan dengan versi panasnya yang mengandung pH 5,48. Hal ini disebabkan karena air panas yang digunakan untuk menyeduh kopi akan mengeluarkan asam yang lebih pekat dari biji kopi. Sedangkan es batu akan lebih mengencerkan konsentrat kopi sehingga rasanya pun lebih ringan. 

Artinya, kopi dingin bisa menjadi pilihan yang lebih aman untuk memuaskan keinginan ngopi bagi mereka yang sensitif terhadap kafein atau memiliki masalah pencernaan, seperti maag atau refluks asam lambung. 

Kopi dingin tidak membuat gigi kuning

Baik es kopi ataupun kopi panas sama-sama dapat menodai gigi, karena keduanya mengandung tanin (sejenis polifenol), senyawa yang bertanggungjawab untuk mengubah warna gigi. namun, efek gigi kuning dari es kopi tetap lebih ringan dibandingkan dengan kopi biasa karena mengandung tanin yang lebih sedikit. 

Selain itu, sebagian besar es kopi disajikan dengan sedotan. Minum dengan menggunakan sedotan akan meminimalisir kontak langsung antara kopi dengan gigi Anda, sehingga akan membantu mengurangi efek asam minuman yang mengotori gigi Anda. Hasilnya, gigi bisa tetap putih terawat.

Untuk mendapatkan semua manfaat kopi seoptimal mungkin, sebaiknya pilihlah kopi hitam tanpa gula dan pemanis lainnya. Baik dalam versi es atau panas. Anda juga harus tetap memperhatikan porsi kopi harian Anda. Pasalnya, minum kopi terlalu banyak justru dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh.

Tidak hanya itu, es kopi umumnya disajikan dengan tambahan gula, sirup, serta whipped cream yang menggiurkan. Anda jangan mudah tergoda dengan warna-warni sirup serta manisnya whipped cream yang menghiasi es kopi. 

Beragam jenis topping tersebut akan membuat nilai gizi dan kalori kopi hitam menjadi berlipat ganda. Belum lagi, umumnya es kopi disajikan dalam wadah yang lebih besar dibandingkan dengan kopi panas. Manfaat ngopi tidak akan dirasakan oleh tubuh jika mengonsumsinya dengan cara ini karena risiko kesehatan dari tambahan kalori dan gula akan mengalahkan manfaat kopi sebenarnya. 

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 22 Juni 2018 10:50:30

Related Post :
Tips
Sering Ngiler saat Tidur?…

Ngiler saat tidur merupakan…

Penyakit
Jenis-jenis Kanker Serta Gejala…

Informasi tentang jenis-jenis kanker…

Kesehatan
Mengetahui Gejala Penyakit yang…

Tanpa diketahui, ternyata mata…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Tak…

Kacang walnut memiliki manfaat…

Alami
Masuk Angin Menyerang? Yuk…

Masuk Angin Menyerang? Yuk…

Obat Kimia
Obat Untuk Meredakan Gejala…

Obat colchicine untuk meredakan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    0 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Dampak Negatif Minuman Cepat Saji Bagi Kesehatan

Waspadai bahaya atau dampak negatif…

Kesehatan
Terapi Pengobatan untuk Mengatasi Keluhan Sesak Nafas

Berikut ini beberapa jenis terapi…

Kesehatan
Tangan Terasa Kaku? Ternyata Ini Berbagai Penyebabnya

Beragam penyebab tangan terasa kaku…

Kirim Pertanyaan
Top