Benarkah Aksesoris dari Batu dan Magnet Bisa Menyehatkan?

Share dan Tag Temanmu di :

Hampir semua orang mungkin pernah menggunakan aksesoris untuk mempercantik penampilan, baik itu gelang, kalung, cincin, atau jenis aksesoris lainnya. Biasanya aksesoris dibuat dari logam, seperti perak, perunggu, emas, atau lainnya. Namun, saat ini juga telah banyak aksesoris yang dibuat dari magnet atau batuan alam yang mengklaim mampu menyehatkan tubuh. Benarkah ?

Berbagai jenis aksesoris yang terbuat dari magnet dan bebatuan alami saat ini cukup laris di pasaran. Mengingat ada banyak manfaat yang ditawarkan. Mungkin sebelumnya Anda pernah mendengar mengenai aksesoris yang tidak hanya dapat mempercantik penampilan, tetapi juga sekaligus berfungsi untuk mencegah dan mengobati penyakit. 

Hal ini tentu menjadi perbincangan publik, menyusul adanya pengakuan dari salah satu produsen gelang kesehatan yang mengklaim bahwa mereka memiliki cukup bukti ilmiah yang mendukung manfaat yang digembar-gemborkan selama ini. 


Lalu, benarkah aksesoris dari batu dan magnet bisa menyehatkan tubuh ?

Terapi magnetik merupakan salah satu prosedur medis alternatif yang diklaim dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit. Langone Medical Center di New York University melaporkan bahwa setidaknya terapi magnet sudah ada sejak 2.000 tahun lalu. Para tabib di Eropa dan Asia meyakini bahwa logam tersebut bisa menarik penyakit keluar dari dalam tubuh. 

Dalam pelaksanaannya, prosedur ini menggunakan magnet statis yang disisipkan ke berbagai bentuk, selain aksesoris, juga bisa dalam bentuk pakaian, sepatu, bahkan tempat tidur. Magnet statis sering kali diklaim memiliki kemampuan untuk mengubah medan bioenergetik atau biofield, yang merupakan medan energi yang konon mengelilingi tubuh. 

Klaim lain terhadap magnet ini yaitu dipercaya mampu meningkatkan aliran darah, sehingga lebih cepat menyembuhkan jaringan rusak. Klaim-klaim in mungkin terdengar masuk akal, mengingat darah memang mengandung zat besi, sedangkan sifat magnet adalah menarik besi. 

Namun faktanya, besi di dalam darah saling berkaitan dengan hemoglobin dan tidak bersifat feromagnetik (menarik magnet). Jika darah bersifat feromagnetik, maka tubuh akan meledak ketika menjalani tes kesehatan magnetik seperti pemindaian MRI. Pasalnya, pada alat MRI terdapat magnet dengan kekuatan magnetik ribuan kali lebih kuat daripada magnet dalam aksesoris kesehatan tersebut.

Sedangkan magnet pada aksesoris kesehatan memiliki medan magnet yang sangat lemah, sehingga kekuatan magnetiknya akan sulit menembus kulit. Umumnya magnet terapi hanya berukurang 400 sampai 800 gauss (satuan unit kekuatan magnet).

Selain magnet, prosedur alternatif lain yang juga cukup banyak diminati adalah aksesoris yang terbuat dari kristal atau bebatuan alam. Para pendukung metode ini percaya bahwa bahan-bahan tersebut dapat bertindak sebagai media penyembuhan, membuat energi positif masuk ke dalam tubuh dan mengeluarkan energi negatif yang menjadi penyebab timbulnya penyakit.

Walaupun digolongkan sebagai psudosains oleh para peneliti dan ahli medis, namun terapi kristal dan batuan alami ini sangat populer di gunakan di spa, klinik kesehatan, atau panti pijat karena dipercaya mampu membantu relaksasi di titik-titik tertentu pada tubuh. Salah satu contohnya, batu amethyst atau kecubung diyakini bermanfaat untuk usus, kemudian aventurine hijau dapat menyehatkan jantung, dan masih banyak jenis lainnya. 

Memang ada sebagian orang yang begitu yakin dengan khasiat aksesoris yang diklaim bermanfaat tersebut. Tubuh mereka seperti merasakan suatu perbedaan saat menggunakannya. 

Namun, sebenarnya efek benda-benda tersebut terhadap tubuh hanya bersifat temporer sehingga manfaatnya tidak maksimal. Yang lebih memprihatinkan lagi, masyarakat modern saat ini hanya ingin sesuatu yang instan, mudah, dan murah, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan aksesoris dari batu dan magnet ini. Tidak sedikit masyarakat yang lebih tertarik untuk membeli gelang atau kalung kesehatan dibandingkan dengan harus berolahraga, mengatur pola makan, dan menjalankan pola hidup sehat

Padahal, untuk hidup sehat dan bugar, yang diperlukan adalah kerja keras dan olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat, istirahat cukup, serta memeriksakan kesehatan secara teratur. Itu merupakan kunci utama untuk meningkatkan kualitas hidup yang baik.

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 23 Juni 2018 13:17:03

Related Post :
Kesehatan
Ternyata Mata Juga Bisa…

Tidak banyak diketahui, ternyata…

Kesehatan
Wanita Wajib Tahu! Ini…

Wanita wajib tahu! ini…

Kesehatan
Jangan Abaikan ! Ini…

Selain nikmat, ikan baronang…

Kesehatan
Makanan Pantangan bagi Penderita…

Makanan pantangan bagi penderita…

Daun
Khasiat dan Manfaat Daun…

Berikut adalah manfaat daun…

Daun
Manfaat Daun Sendok Bagi…

Ketahui kandungan, khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Penyebab Seluruh Badan Gatal Dan Bentol

Berikut ini adalah informasi tentang…

Kesehatan
Kondisi Langka Ini Memicu Keluarnya Keringat Darah

Keluarnya keringat darah tentu akan…

Kesehatan
Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Mampet saat Flu

Hidung mampet sering kali dikeluhkan…

Kirim Pertanyaan
Top