Cara Mengatasi Turun Peranakan Pada Wanita Pasca Melahirkan

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mengatasi turun peranakan pada wanita khususnya pasca melahirkan nyatanya bisa lakukan dengan cepat secara alami. Adapun untuk mengetahui informasi selengkapnya, bisa Anda ketahui dalam ulasan singkat berikut.

Pernahkah Anda mendengar istilah turun peranakan? Ya, kondisi ini merupakan masalah yang menyerang wanita. Khususnya wanita hamil dan pasca melahirkan. Adapun dalam istilah medis kondisi ini disebut dengan turun rahim atau prolaps uteri.

Pada kondisi normal, posisi rahim seharusnya berada di atas vagina, menggantung didalam rongga pelvic. Akan tetapi pada kondisi ini, posisi rahim justru turun ke dalam vagina. Turun rahim ini biasanya akan menyebabkan penderitanya mengalami rasa nyeri yang luar biasa, sehingga membuat penderitanya tidak nyaman dan enggan melakukan hubungan intim.

Adapun menurut Robert, direktur klinik Pelvic Floor di Medical Center Calgary mengatakan, bahwasannya jika seorang ibu sudah pernah melahirkan, maka kemungkinan besar ibu akan mengalami masalah ini. Meski begitu tak menutuup kemungkinan wanita lainnya termasuk ibu hamil memiliki resiko mengalami kondisi ini.

Adapun gejala turun peranakan yang umum dialami oleh penderitanya ialah merasakan adanya tekanan atau ada sesuatu yang mengganjal atau ada sesuatu yang berat di selangkangan. Pinggul juga akan terasa sakit serta muncul rasa tidak nyaman saat melakukan seks.

Bahkan, menurut Magali Robert dari University of Calgary, setidaknya 40% penderita rahim turun ini menjadi sering mengompol atau lenih sering pergi ke toilet, lantaran dinding belakang utera juga tertarik sehingga fungsi otot juga menjadi terganggu.

Cara mengatasi turun peranakan pada wanita pasca melahirkan

Menurut Yesie Aprillia, S.Si.T.M.Kes, dalam bukunya Gentle birthm melahirkan nyaman tanpa rasa sakit, mengungkapkan bahwasannya terdapat beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi turun rahim setelah melahirkan secara alami selain pijat. Diantaranya ialah dengan melakukan beberapa gerakan senam berikut:

  • Atur posisi dengan membuka kaki sekitar 30 cm, Posisi telapak kaki menyentuh lantai, apaila dilakukan dengan posisi berbaring.
  • Seluruh otot harus rileks dan mencoba untuk bernapas dengan normal.
  • Hindari menegangkan atau menggerakan paha, bokong dan perut saat melakukan gerakan senam ini.
  • Kencangkan atau tarik maju otot PC (tulang kemaluan sampai tulang belakang). Tahan posisi tersebutn selama empat detik lalu lemaskan selama lima detik.
  • Ulangi gerakan serupa hingga beberapa kali. Apaila sudah terbiasa tingkatkan intensitas gerakan agar posisi rahim kembali pada tempatnya. 
Nah, itulah cara mengatasi turun peranakan pada wanita pasca melahirkan secara alami. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi Anda.

By Nida Saripah - Kewanitaan Sabtu, 23 Juni 2018 16:08:19

Related Post :
Manfaat
Manfaat Daging Cumi-Cumi Bagi…

Dibalik tekstur dagingnya yang…

Tips
Ngos-ngosan Saat Olahraga Lari?…

Cara mengatur nafas saat…

Kesehatan
Metode Diet Baru Isi…

Saat ini ada banyak…

Kesehatan
Waspadai Efek Samping Dan…

Waspadai efek samping dan…

Alami
Resep Garam dan Bawang…

Selain dengan mengonsumsi obat…

Tips
Tips Cara Menggosok Gigi…

Menggosok gigi merupakan salah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Telat haid

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Malam ka mau bertanua untuk mengkonsumsi obat ovary ituu untuk perkiraan datang haidnya berapa lama ya ?

  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…


Kewanitaan
Ini Kesalahan Wanita Saat Merawat Area Kewanitaan

Beragam kesalahan yang sering dilakukan…

Kewanitaan
Kewanitaan
5 Fakta Khasiat Durian Untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita

Buah durian bisa meningkatkan keseburan…

Kirim Pertanyaan
Top