Waspadai Ini Tanda-tanda Anda Tidak Cocok Pakai Kontrasepsi

Share dan Tag Temanmu di :

Setelah melaksanakan pernikahan, ada sebagian pasangan untuk menunda memiliki anak dengan berbagai alasan seperti masalah biaya yang masih mengganjal, sibuk dengan pekerjaan, study yang belum selesai sehingga sebagian pasangan memilih untuk menggunakan alat kontrasepsi berupa pil, IUD, atau suntik KB. Suntikan dan pil yang harus dimasukan kedalam tubuh wanita secara teratur memiliki kandungan hormon berupa progesteron yang memang telah ada dalam tubuh anda. Hormon progesteron ini memiliki efek mengentalkan lendir rahim sehingga sel sperma pasangan akan sulit bergerak kearah rahim. Tidak hanya itu, suntikan dan pil KB juga dapat mencegah terjadinya ovulasi dan menjadikan dinding rahim tidak dapat menerima hasil pembuahan sel telur atau sel sperma.


Tidak semua orang cocok menggunakan alat kontrasepsi sehingga banyak tersedia alat kontrasepsi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut ini ada beberapa tanda alat kontrasepsi yang mungkin anda pakai saat ini tidak cocok.

  • Haid berlebihan

Volume darah yang banyak, pendarahan yang tidak teratur, dan flek merupakan efek samping yang paling banyak dikeluhkan oleh pengguna kontrasepsi, termasuk suntik, IUD, pil, atau koyo. Menurut dokter obgyn 'Sherry Ross' dari Providence Saint John's Health Center, efek samping dari kontrasepsi hanya sementara beberapa bulan saja. Namun jika anda masih pendarahan setelah 2 atau 3 bulan kemungkinan anda perlu konsultasi dengan dokter untuk menggantinya,'.

  • Sakit kepala

Jangan dibiarkan jika anda mengalami sakit kepala hingga pandangan kabur setelah mengkonsumsi pil KB karena menurut study, dapat beresiko anda terkena penyakit stroke dan pembekuan darah menjadi tinggi maka segera gantilah metode KB anda.

  • Gairah seksual menurun

Tidak jarang bebebrapa pil dapat membuat kadar seksual yang di produksi tubuh menjadi menurun karena metode kontrasepsi dapat mencegah ovarium yang dapat menghasilkan hormon tstosteron yang dapat memproduksi gairah libido anda meningkat sehingga akan mengganggu kehidupan seksual anda dan pasangan. Apabila anda mengalami hal tersebut, sebaiknya anda beralih ke metode kontrasepsi lain.

  • Kegemukan

Sejak zaman dahulu pil KB telah memiliki reputasi buruk dalam hal kecocokan pada wanita yang memiliki berat badan berlebih. Apabila berat badan anda naik secara drastis maka sebaiknya segera ganti pil KB yang anda konsumsi.

  • Perubahan Mood

Mengalami perubahan mood yang cukup drastis menjadi hal umum yang terjadi pada pengguna pil KB karena hormon progesteron yang terkandung didalamnya dapat mempengaruhi suasana hati bagi setiap wanita. Namun apabila perubahan mood yang dirasakan hampir setiap hari kemungkinan anda harus menggantinya dengan kontrasepsi yang memiliki kadar hormon progesteron yang lebih rendah.

Itulah beberapa tanda kontrasepsi yang anda gunakan mungkin tidak cocok. Semoga bermanfaat !

By Ana Rediana - Kewanitaan Selasa, 26 Juni 2018 09:19:43

Related Post :
Penyakit
Cara Mencegah dan Mengobati…

Cara mencegah dan mengobati…

Kesehatan
Awas ! Jangan Konsumsi…

Informasi tentang bahaya mengkonsumsi…

Alami
Obat Sesak Nafas Alami…

Rekomendasi obat sesak nafas…

Kesehatan
Waspada! Ini Bahaya Formalin…

Berikut adalah dampak buruk…

Manfaat
Inilah Ragam Manfaat Daun…

Berikut adalah manfaat daun…

Obat Kimia
Suntikan Filler Solusi Bagian…

Suntikan Filler solusi wajah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penebalan dinding rahim dan haid slma 4 bulan tidak berhenti

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Saya d fonis dokter penyakit penebalan dinding harim.jadi solusi menghilang kan nya dengan cara apa.? Operasi atau d curet dokter?

  • Telat haid

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Malam ka mau bertanua untuk mengkonsumsi obat ovary ituu untuk perkiraan datang haidnya berapa lama ya ?

  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…


Kewanitaan
Cara Sederhana Untuk Mencegah Keputihan Dengan Mudah

Selain mengetahui cara mengobati keputihan…

Kewanitaan
Ketahui Perbedaan Menstruasi dan Flek Tanda Awal Kehamilan

Ketahui perbedaan menstruasi dan flek…

Kewanitaan
Jangan Terkecoh! Ini Cara Membedakan PMS Dan Tanda Kehamilan

Jangan terkecoh!! Ini cara membedakan…

Kirim Pertanyaan
Top