Ingin Gigi Putih dan Bersih? Jangan Lakukan Kebiasaan Ini!

Share dan Tag Temanmu di :

Menjaga kesehatan gigi merupakan salah satu hal yang tak kalah penting dan harus selalu diperhatikan. Sariawan, gusi bengkak, bau mulut, atau gigi berlubang merupakan beberapa gangguan kesehatan gigi dan mulut. Masalah kesehatan gigi dan gusi tidak hanya sekedar membuat sulit makan akan berbicara. Sebuah studi menemukan bahwa kesehatan gigi dan mulut yang buruk bisa menimbulkan berbagai komplikasi penyakit membahayakan. 

Memiliki gigi yang sehat juga bisa berpengaruh pada penampilan kita. Keindahan gigi yang putih dan bersih akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan kebersihan gigi sangatlah penting untuk dilakukan. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan agar gigi menjadi lebih putih dan bersih. Namun, tidak sedikit pula kebiasaan sehari-hari yang bisa memperburuk kesehatan gigi dan membuat tampilannya menjadi kuning. 


Bagi Anda yang ingin memiliki gigi putih dan bersih, sebaiknya jangan lakukan kebiasaan berikut ini !

  • Mengonsumsi makanan yang bersifat asam

Zat asam yang terkandung dalam makanan bisa membuat usaha Anda untuk memutihkan gigi menjadi tidak maksimal. Hal ini disebabkan karena zat asam akan merusak enamel gigi. Beberapa contoh makanan dan minuman yang bisa menyebabkan hal tersebut adalah buah citrus, nanas, tomat, cuka, red wine, atau minuman bersoda. 

Namun, walaupun begitu bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi makanan tersebut sama sekali. Hanya saja, sebaiknya Anda membatasi jumlahnya dan jangan lupa untuk segera minum air putih setelah mengonsumsi makanan dan minuman tersebut.

  • Kebiasaan merokok dan minum kopi

Kebiasaan merokok memang telah diketahui memiliki dampak buruk terhadap kesehatan. Namun, selain itu, ternyata merokok juga bisa membuat kesehatan mulut memburuk. Kandungan tembakau pada rokok dapat menodai gigi. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka warna gigi akan semakin gelap. 

Selain rokok, kebiasaan minum kopi juga bisa menjadi salah satu penyebab gigi berwarna kuning. Hal ini disebabkan karena kopi termasuk salah satu minuman yang dapat meninggalkan noda pada gigi dan membuat gigi menjadi semakin kuning. 

  • Menggosok gigi terlalu kencang

Cara terbaik untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut yang bisa dilakukan adalah dengan menggosok gigi secara teratur. Namun, menggosok gigi saja tidaklah cukup. Anda juga perlu memperhatikan cara menggosok gigi yang benar. Salah satu hal yang perlu dihindari adalah menggosok gigi dengan tekanan yang terlalu kencang. Karena hal ini bisa menyebabkan lapisan email gigi menipis dan lapisan dentin gigi yang berwarna kuning menjadi terekspos. 

  • Menggunakan mouthwash terlalu sering

Sebenarnya menggunakan mouthwash merupakan hal yang baik karena mampu mengangkat kumah sampai ke sela-sela gigi. Namun, perlu diingat, seseuatu yang berlebihan itu tidak baik. Terlalu sering menggunakan mouthwash justru bisa memberikan dampak negatif dan membuat gigi menguning akibat rusaknya enamel gigi. Hal ini juga bisa semakin parah jika mouthwash yang digunakan bersifat terlalu asam. 

  • Tidak menjaga kebersihan gigi dengan baik

Menjaga kesehatan mulut merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga agar gigi putih. Menggosok gigisebanyak 2 kali sehari saja tidak cukup untuk menjaga kebersihan gigi, Anda juga perlu menyempurnakannya dengan berkumur menggunakan mouthwash dan rajin melakukan flossing. Jika kebiasaan tersebut tidak dilakukan secara konsisten, maka plak akan menumpuk pada gigi dan lapisan bakteri ini dapat membuat gigi menjadi semakin kuning. 

Tidak hanya itu, Anda juga perlu menghindari beberapa jenis makanan dan minuman penyebab gigi kuning agar gigi tetap bersih, berries, biskuit, teh, cuka dan acar, saus tomat, dan beberapa jenis makanan penyebab gigi kuning lainnya. Semoga membantu.

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 26 Juni 2018 11:34:50

Related Post :
Kesehatan
Mengenal Kleptomania Dan Penyebabnya

Kleptomania adalah kelompok gangguan…

Penyakit
Mengenal Bahaya Kolesterol Tinggi…

Kolesterol merupakan senyawa lemak…

Penyakit
Penyebab Gejala Dan Cara…

Beberapa anggapan umum yang…

Kesehatan
Ini Bahaya Cegukan Terus…

Ini bahaya cegukan terus…

Tips
Cara Menghindari Bau Mulut…

Bau mulut merupakan salah…

Penyakit
Tanda-Tanda Infeksi Paru yang…

Meskipun memiliki gejala yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Wajib Tahu! Ini Faktor Penyebab Wajah Terlihat Lebih Tua

Berikut ini merupakan beberapa faktor…

Kesehatan
Jenis Kacang-kacangan Lengkap Dengan Manfaatnya

Selain buah dan sayur, kacang…

Kesehatan
Inilah Jenis-jenis Susu Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Jenis-jenis susu yang baik untuk…

Kirim Pertanyaan
Top