Kebaikan dan Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Siapa yang tidak kenal dengan strawberry atau stroberi ? Buah yang memiliki warna merah dan berbentuk mungil ini cukup banyak disukai oleh masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Buah strawberry memiliki rasa asam manis tentu membuatnya enak untuk dijadikan santapan. Selain dikonsumsi secara langsung, buah strawberry juga biasanya diolah menjadi jus, selai, atau tambahan pada salad, cake, atau yang lainnya. 

Selain memiliki rasa yang nikmat, buah strawberry ini ternyata juga kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat strawberry ini berasal dari kandungan antosianin, yang merupakan zat pemberi warna terang pada buah ini. Zat ini bersifat antioksidan dan dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. 

Selain itu, buah strawberry ini juga memiliki banyak kandungan gizi, diantaranya adalah vitamin C, karbohidrat, protein, polifenol, folat, mangan, air, serat, dan kalium. Strawberry juga mengandung kalori dan lemak yang sedikit, serta memiliki indeks glikemik yang rendah. 


Mengetahui Kebaikan dan Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan Tubuh

Telah lama manfaat strawberry untuk kesehatan jantung menjadi bahan penelitian. Terdapat hasil penelitian yang merekomendasikan untuk menjalankan pola makan sehat yang mencakup strawberry sedini mungkin. Hal ini disebabkan karena mengonsumsi buah yang berbentuk seperti jantung ini memiliki hubungan dengan kesehatan jantung. 

Selain itu, berikut ini merupakan beberapa kebaikan dan manfaat buah strawberry bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui, diantaranya adalah :

  • Menurunkan tekanan darah

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah strawberry. Pasalnya, kandungan polifenol yang terkandung didalamnya dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Tidak hanya itu, kandungan kalium yang melimpah didalamnya juga berfungsi dalam membantu mengatur tekanan darah. 

  • Mengendalikan kadar gula darah

Manfaat buah strawberry bagi kehatan yang berikutnya yaitu dapat membantu mengendalikan kadar gula darah agar tetap stabil, tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Strawberry bisa menjadi makanan pilihan yang tepat bagi penderita diabetes, karena buah yang satu ini mampu melambatkan metabolisme glukosa sekaligus mengurangi lonjakan glukosa dan insulin yang terjadi setelah Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. 

  • Menyehatkan jantung

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah strawberry ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi strawberry secara rutin bisa membantu menurunkan risiko serangan jantung. Manfaat ini dihubungkan dengan kandungan antosianin yang terdapat didalam strawberry.

Menurut penelitian, manfaat buah strawberry yang baik untuk kesehatan jantung ini telah terlihat dari kemampuan buah strawberry dalam menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko pembentukan plak pada pembuluh darah jantung. 

  • Antiradang dan pencegah kanker

Kandungan Ellagic acid yang ditemukan dalam strawberry merupakan zat yang diduga bersifat antikanker. Zat antioksidan ini disebutkan dapat melawan radikal bebas dan mencegah tumbuhnya sel kanker. Namun, hal ini masih diperlukan penelitian yang lebih menyeluruh untuk mengonfirmasi manfaat buah strawberry sebagai solusi untuk mencegah kanker

Selain beberapa manfaat di atas, mengonsumsi strawberry secara teratur juga bisa menghaluskan kulit dan juga mencegah proses penuaan akibat radikal bebas. Buah strawberry juga mampu membersihkan jerawat dari kulit, serta membantu mempercepat peremajaan kulit agar tampak lebih muda dan terhindar dari penuaan dini. 

Meskipun strawberry memiliki beragam manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, namun semua manfaat buah strawberry ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan jenis kandungan yang bermanfaat yang ada didalamnya, serta jumlah konsumsi yang dianjurkan agar manfaatnya bisa didapatkan secara optimal. Walaupun begitu, tidak ada salahnya untuk menambahkan strawberry dalam menu harian Anda sebagai salah satu bagian dari pola makan sehat.

By Sri Maryati - Manfaat Rabu, 27 Juni 2018 11:06:03

Related Post :
Manfaat
Manfaat Strawberry Untuk Menurunkan…

Manfaat strawberry untuk menurunkan…

Alami
Ramuan Minyak Cengkeh dan…

Jika biasanya sariawan diatasi…

Tips
Cara Melakukan Olahraga Mata…

Layaknya tubuh, mata juga…

Ibu Dan Anak
Jumlah Asupan ASI Untuk…

Banyak ibu yang berharap…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Ini 5 Pantangan Makanan…

Berikut adalah pantangan makanan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Mengetahui Manfaat Teh Cengkeh untuk Penderita Diabetes

Cengkeh merupakan salah satu rempah-rempah…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Konsumsi Kacang Pistachio Bagi Kesehatan

Selain kacang mede, kacang pistachio…

Manfaat
Kirim Pertanyaan
Top