Manfaat Minyak Jojoba Untuk Perawatan Rambut Secara Alami

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat minyak jojoba untuk kecantikan kulit secara alami mungkin telah diketahui oleh sebagian orang. Bahkan lebih dari itu, bahan alami ini juga disebut-sebut memiliki serangkaian manfaat yang dapat membantu menyehatkan dan mempercantik rambut Anda.  Ingin mengetahui informasi selengkapnya? Mari kita simak dalam ulasan singkat berikut.


Seperti namanya, minyak jojoba (jojoba oil) adalah minyak bertekstur seperti lilin, yang dihasilkan dari ekstrak biji tanaman jojoba. Tanaman ini sendiri merupakan jenis semak asli di Amerika Serikat bagian Barat Daya, dan banyak tumbuh didaerah gunug Arizona, California Selatan, dan juga Mesiko.

Minyak jojoba memiliki karakteristik tidak berbau, sehingga tak jarang dijadikan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan produk kecantikan atau kosmetik dan juga makanan. Adapun berbagai produk yang paling banyak mengandung minyak jojoba ialah  produk perawatan kulit, kuku dan juga rambut.

Kandungan minyak jojoba untuk rambut

Berikut adalah berbagai kandungan minyak jojoba yang dipercaya baik untuk rambut:

  • Vitamin C. Berperan sebagai antioksidan yang menangkal dan juga mencegah radikal bebas yang bisa menyebabkan rambut beruban lebih cepat dan juga rontok.
  • Vitamin B kompleks. Terdiri dari Biotin dan pantotenat (vitamin B5) yang mana memiliki khasiat yang menakjubkan untuk rambut.
  • Vitamin E. Seperti halnya vitamin C, vitamin E juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat melawan radikal bebas uintuk mencegah rambut rontok.
  • Tembaga copper. Senyawa alami yang satu ini bisa membantu produksi melanin yang dapat mencegah rambut beruban sebelum waktunya.
  • Zink. Zat yang satui ini memiliki peranan penting untuk mengatasui berbagai permsalahan rambut yang bisa menyebabkan kerontokan pada rambut, seperti telogen effluvium dan alopecia areata.

Khasiat dan manfaat minyak jojoba untuk perawatan rambut secara alami

Pada dasarnya, minyak jojoba telah cukup lama di gunakan sebagai pelembab rambut yag manfaatnya telah terbukti secara ilmiah. Bahkan beberapa produk perawatan rambut juga telah memasukan minyak ini sebagai bahan pokok untuk shampo dan juga condisioner.

Beberapa penelitian juga membukrtikan mahwa manfaat manfaat minyak jojoba lainnya untuk rambut ialah dapat mengatasi berbagai permsalahan seperti ketombe, kulit kepala kering, juga kulit kepala gatal bahkan dipercaya mampu membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat.

Hanya saja, khasiat minyak jojoba sebagai bahan yang dapat merangsang pertumbuhan rambut belum bisa dibuktikan oleh penelitian, Malah penelitian menujukkan minoxidil dan minyak esensial peppermint lebih berhasil untuk dijadikan obat rambut rontok dibandingkan dengan minyak jojoba.

Maka dari itu, jika Anda kini tengah berencana menggunakan minyak ini untuk menumbuhkan rambut, maka alangkah baiknya untuk menggantinya dengan berbagai bahan lainnya yang ampuh. Akan tetapi, jika Anda akan memanfaatkan minyak ini untuk memperkuat, memperhalus dan mengkilaukan rambut, maka minyak jojoba bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bagaimana cara mengaplikasikan minyak jojoba pada rambut?

Adapun untuk cara menggunakan minyak jojoba pada rambut bisa dilakukan dengan beberapa cara. Diantaranya:

  • Pakai minyak jojoba langung pada rambut. Namun sebelum itu, hangatkan terlebih dahulu minyak jojoba ini agar mudah di pakai. Sebaiknya jangan memakainya ke kulit kepala secara langsung, sehingga pori-pori kepala tidak tersumbat. Akan tetapi, jika minyak ini dipergunakan untuk mengatasi ketombe dan kulit kering, maka pakai 1 sampai 2 tetes saja untuk seluruh kulit kepala.
  • Tambahkan minyak jojoba pada produk perawatan rambut lainnya. Seperti sampo dan condisioner.
  • Menggunakan produk rabut yang mengandung minyak jojoba. Untuk cara yang lebioh praktis, Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari minyak ini dengan membeli produk perawatan rambut yang mengandung minyak jojoba.

Selain untuk rambut, masih banyak lagi manfaat minyak jojoba yang bisa Anda dapatkan khususnya untuk kecantikan kulit. Diantaranya dapat melembabkan wajah, membersihkan make up, menjadi pelembab biri, perawatan kutikula, mengatasi kulit wajah berminyak dan masih banyak lagi yang lainnya.

By Nida Saripah - Manfaat Jum'at, 29 Juni 2018 12:29:07

Related Post :
Obat Cina
Manfaat Fufang Ejiao Jiang…

Manfaat Fufang Ejiao Jiang…

Obat Kimia
Metode Pengobatan Kutil Rekomendasi…

Kutil bisa hilang dengan…

Penyakit
Mengenal Penyakit ITP Pada…

Idiopathic thrombocytopenic purpura (ITP)…

Kesehatan
Sebaiknya Hindari Gerakan Yoga…

Melakukan yoga memang baik…

Kesehatan
Alasan Mengapa Seseorang Harus…

Cuci darah merupakan salah…

Manfaat
Mengenal Kandungan Dan Manfaat…

Tahukah anda apa saja…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Ini Dia Manfaat Konsumsi Kacang Pistachio Bagi Kesehatan

Selain kacang mede, kacang pistachio…

Manfaat
Manfaat Soda Kue Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Manfaat soda kue untuk kesehatan…

Manfaat
Suka Konsumsi Telur Asin? Ini Manfaat Sehatnya

Informasi tentang kandunga gizi dan…

Kirim Pertanyaan
Top