Pilihan Pengobatan Alternatif Sakit Telinga yang Ada di Rumah

Share dan Tag Temanmu di :

Sama seperti bagian tubuh lainnya, telinga juga rentan mengalami gangguan kesehatan. Sakit telinga merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering dan cukup banyak dialami. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beragam faktor, seperti alergi, infeksi, dan respon terhadap bagian tubuh lain yang mengalami peradangan. Jika diperhatikan kembali, sakit telinga ini tidak hanya disebabkan oleh masalah pada telinga saja.

Penyakit pada telinga yang paling sering menimbulkan rasa sakit pada telinga yaitu diantaranya adalah otitis media akut (OMA) atau infeksi telinga bagian tengan menyusul berikutnya infeksi telinga bagian luar atau otitis eksterna yang sering kali disebabkan karena mengorek telinga terlalu kuat atau kotoran telinga yang mengeras. 

Lalu, langkah pengobatan sakit telinga apakah yang perlu dilakukan ? Berikut ulasan lengkapnya !


Langkah Pengobatan Alternatif Sakit Telinga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Walaupun tidak selalu menandakan kondisi yang serius, namun sakit telinga akan sangat mengganggu bahkan sering membuat penderitanya merasa sulit ntuk beraktivitas dan beristirahat dengan nyaman. 

Namun, sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter, Anda juga bisa mencoba mengatasinya dengan beberapa pengobatan sakit telinga alternatif yang bisa dilakukan di rumah Anda, diantaranya yaitu :

Gunakan ramuan bawang putih

Seorang ahli dari The Cleveland Clinic, Brandon Hopkins, MD, menyebutkan bahwa meskipun belum ada bukti ilmiah mengenai manfaat bawang putih untuk mengobati sakit telinga, namun cara ini patut untuk dicoba. 

Hal ini disebabkan karena bawnag putih telah lama digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit tradisional. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki sifat antibiotik dan antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengolah bawang putih ini menjadi obat tetes telinga. Caranya, rendam bawang putih yang telah dihancurkan dengan minyak zaitun atau minyak wijen hangat. Setelah disaring, ambil minyak dan oleskan ke dalam lubang atau saluran telinga. 

Kompres panas atau dingin

Meletakkan handuk yang telah dibasahi air panas selama kurang lebih 20 menit dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit di telinga. 

Selain terapi kompres panas, Anda juga bisa mencoba kompres dingin sebagai langkah pengobatan sakit telinga. Mencelupkan handuk ke dalam air dingin dan meletakannya di telinga bisa menjadi salah satu cara alternatif yang cukup efektif untuk meredakan sakit telinga. Anda juga bisa membungkus es batu dengan menggunakan handuk dan menempelkannya di daerah sekitar bawah telinga selama kurang lebih 20 menit. 

Manfaatkan minyak tea tree dan zaitun

Minyak tea tree oil mengandung serangkaian senyawa antijamur, antiseptik, antiradang, dan antibakteri yang baik digunakan untuk mengobati sakit telinga secara alami. Minyak ini bisa digunakan sebagai obat tetes untuk mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman pada telinga. 

Untuk menghindari risiko alergi, Anda juga bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun hangat. Menurut American Academy of Pediatrics, meskipun belum ada bukti ilmiah, tetapi minyak zaitun ini cukup efektif untuk mengatasi sakit telinga.

Regangkan leher

Beberapa kasus sakit telinga disebabkan oleh adanya tekanan di lubang atau saluran telinga. Untuk meredakan tekanan ini, Anda bisa melakukan beberapa peregangan pada laher. Anda bisa melakukannya dengan cara :

  • Duduk tegak dengan kedua kaki menyentuh tanah
  • Putar leher perlahan dari kanan ke kiri dan sebaliknya
  • Angkat bahu tinggi-tinggi seakan Anda mencoba untuk menutup telinga dengan bahu
  • Lakukan peregangan ini setiap bangun tidur dan saat telinga terasa sakit

Pijatan

Jika rasa sakit timbul dari sekitar rahang gigi atau sebagai akibat dari sakit kepala karena tegang, maka Anda bisa memijat otot-otot di sekitar area yang terasa sakit. Misalnya, jika Anda merasakan sakit telinga bagian belakang, maka cobalah untuk memijat otot rahang dan juga leher. Pemijatan ini juga dapat membantu mengatasi rasa sakit akibat infeksi telinga.

Mulailah memijat dari belakang telinga hingga bawah leher, dengan gerakan dari atas ke bawah. Setelah itu, cobalah untuk memijat ke bagian depan telinga. Hal ini dilakukan untuk mengalirkan cairan terlebih dari telinga yang menyebabkan rasa sakit yang semakin menjadi. 

Berbagai langkah pengobatan sakit telinga di rumah ini bisa dijadikan sebagai alternatif tambahan selain pengobatan dari dokter. Namun, alangkah baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu untuk menghindari efek samping yang mungkin bisa timbul. 

Melakukan pemeriksaan ke dokter juga tidak kalah pentingnya. Ini dilakukan untuk memastikan masalah yang menyebabkan timbulnya sakit telinga. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda bisa mendapatkan pengobatan sakit telinga yang tepat dan tentunya ini akan mempercepat penyembuhan.

By Sri Maryati - Tips Sabtu, 30 Juni 2018 10:49:41

Related Post :
Alami
Obat Herbal Untuk Mengatasi…

Rekomendasi alternatif obat herbal…

Ibu Dan Anak
Cara Mengajari Anak Menggosok…

Menggosok gigi merupakan salah…

Tips
Tips Menghilangkan Rasa Malas…

Rasa malas yang di…

Kesehatan
Ciri-ciri Krim Pemutih Wajah…

Ciri-ciri krim pemutih wajah…

Ibu Dan Anak
Bolehkah Anak 1 Tahun…

Bolehkah Anak 1 Tahun…

Kesehatan
Pentingkah Membaca Fakta Nutrisi…

Sebelum membeli makanan kemasan,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Alami Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Jerawat di wajah seringkali menimbulkan…

Tips
Cara Mermbersihkan Mata Yang Kotor Dengan Benar

Cara membersihkan mata yang kotor…

Tips
Tips Mengobati Malaria Dengan Ramuan Alami

Tips mengobati malaria dengan ramuan…

Kirim Pertanyaan
Top